03 May 2016

10 Months Later


... and going to be 11 months soon in one week! Seriously?! Gees!! Unbelievable!! 

Ngeliat perkembangan Gide, kita sebagai orang tua suka berasa amazed sendiri! Like wow! Emejing abis!! HOHOHO .. Berujung kalo malem pas anaknya udah tidur suka cekikikan berdua ngebahas kelakukan si Gide! Mulai dari mukanya yang lempeng selempeng - lempengnya pas pertama kali diajak naek sepeda! Poker face! Ga tau antara seneng, excited, bingung, atau takut .. Lurus aja tuh muka!! Belom lagi muka girangnya kalo dicemplungin di ember kamar mandi ... Yang ga kalah gemesinnya tuh gayanya kalo lagi maen gitar!! Iya Gide punya gitar kecil sekarang secara gitar daddy jadi sasaran terus. Pertamanya si gitar ditepok - tepok ga karuan, setelah terus - terusan ngeliatin bapake maen dan diajarin, sekarang Gide udah tau gimana cara pegang gitar yang bener! He really knows how to strum it! Like a pro lah you!!! HOHOHO .. Itu baru gitar, .. belom pas maen gendang kalo ga krecekan! Soneta group mah lewat!! Sori bang Rhoma, posisi anda akan segera tergeser  ...



Physical Development
Tinggi sama berat badannya tidak diketahui secara pasti karena ... belom ke dokter lagi! HOHOHO Kalo pake sistem kira - kira, rasanya ini bocah beratnya antara 11 - 12 kg. Jumlah giginya yang udah fully nongol ada 4 dan sekarang lagi ada 3 lagi yang masih malu - malu keluarnya, dua di atas dan satu di bawah ... Gaya deh kalo diskasih something yang crunchy pake acara digigit dulu grauk! 

Urusan makan masih seputar nasi tim dan menu - menu laennya. Mami memeras otak supaya anaknya ga bosen! Terus juga belakangan udah mulai sama dengan apa yang kita makan. Ada sekali kita makan nasi liwet, bandeng goreng, sama perkedel .. anaknya doyan!! HOHOHO .. Oh ya, kadang sok mau nyuapinin kita juga. Puji Tuhan masih full ASI sampe saat ini dan posisi menyusuinya udah kebanyakan gaya. Dari tiduran biasa, tengkurep nungging, melintang, sampe nemplok di atas badan mami sambil muter - muter. Haish! Udah mulai doyan sama aer putih dan ya itu minumnya mau langsung dari gelas .. dan hari ini akhirnya bisa nyedot pake sedotan walopun masih berecetan! Yeay!!  

Gide udah bisa berdiri sendiri dengan bertumpu pada sesuatu dan mulai belajar rembetan .. Beberapa hari lalu dia bertumpu sama walkernya dan udah jalan satu langkah! Hore!! Seluruh bagian rumah udah dijelajahi sama ini satu. Mami ga boleh meleng dikit, yang ada udah ke rak sepat terus diobrak - abrik atau kotak aksesoris mami yang jadi korban. Pusing pala mami!!

Cognitive Development
Di usianya sekarang ini, Gide udah mulai bisa mengasosiasikan antara kata yang kita ucapkan dengan benda atau tingkah laku. Pas kita bilang hore, dia langsung tepuk tangan! Atau kita tanya "Lampu mana sih? Lampu ..." Anaknya bakal dongak sambil nunjuk - nunjuk ke atas. Sama halnya kalo kita bilang halo kayak lagi telponan, dia lansung tempelin tangannya ke kuping .. Gemes!! Udah diajarin jutaan kali buat nunjuk diri sendiri kalo ditanya "Gide mana ya" .. tapi hasilnya masih nihil. Lebih tertarik sama lampu kayaknya!! HAHAHA .. Kata bapaknya, kata pertama Gide bukan daddy atau mommy tapi lampu nih ..  Ya udah lah ya, nak! 

Kalo mommy atau daddy udah pake carrier, udah tau bakal mau keluar .. Lansung kucuk - kucuk ngerangkak disamperin .. Kalo ga diangkat - angkat bisa ngieng - ngieng!! Dasar nih bocah! Urusan tidur udah ngerti bener mana ranjang dia mana ranjang emak bapakya, dan maunya di ranjang emak bapaknya .. Ampun!! Rumput tetangga memang lebih hijau keliatannya!! Gw pernah share soal sleep training Gide waktu dia 6 bulan .. Sekarang metodenya udah berubah lagi. Jadi biasa Gide nenen dulu di ranjang kita terus udah bobo dipindain ke baby cotnya, .. ya masih bangun - bangun. Kalo bangun diangkat lansung ilang lagi! Kadang cuma itungan detik. Terus biasanya tidur sampe sekitar jam 4 - 5an pagi terus bangun dan gw angkat k ranjang kita sambil disusuin lagi. Terus ya udah tidur aja seenak udel melintang kanan kiri sampe pagi! Saban malem gw masih doain terus biar nih bocah tidur pules through out the night ga usah pake bangun - bangun! Amin!! Eh tidur tuh bagian dari perkembangan kognitiv bukan ya?! HAHAHA ..

Social Emotional Development
Gide seneng kalo ada anak kecil seumur dia atau yang lebih gede berinteraksi sama dia. Langsung kayak mau diajak ngomong dan mukanya jadi sumringah. Lucu deh! Jadi excited dan mau pegang - pegang, cuma karena belom bisa kontrol jadi kesannya kasar padahal dia mau ajak maen. Minggu lalu perdana kita bawa ke sekolah minggu ... Masuk ke ruangan sekolah minggu ngeliat banyak temen - temen dan maenan, ya udah maminya dilupakan! Sibuk! Sibuk maen, ngerangkak sana sini, menjelajah ruangannya .. Beuh!! Mau sok ikut bikin aktivitas yang berujung kertasnya dimakan .. Hadeuh hadeuh!! Menurut analisa bapaknya lagi, ini anak ga takutan. Lebih cenderung ke arah nekat!! Hajar bleh!! Ya mami doakan kenekatannya dipake terus buat yang hal yang positif ya, nak!

Gide punya satu kebiasaan yang antara lucu dan kadang bikin kita ga enak ati, .. dia suka menatap! Iya terutama ke orang baru pas kita lagi di dalam bis atau kereta .. atau di public places. Kalo ada yang menarik menurut dia, bakal dia liatin terus dengan muka penasaran. Sebenernya itu efek dari rasa penasaran dia which is good tapi kita ga enak ati sama orang yang ditatap .. Bisa lamaaaa terus ga kedip!! Model tatapannya tuh kayak si Puss in the boots gitu deh!! Reaksi orang macem - macem, ada yang senyum balik, malah ada yang ajak maen. On the other hand ada yang lansung jutek, ada yang pernah ngeliatin balik .. terus gw liatin balik tuh orang! HAHAHA ... Emaknya yang sewot!! Biasanya kalo dia "stare" ke orang, gw langsung kayak ngeliat tuh orang sambil senyum dan ngomong ke Gide, "Say hello, Gideon!" ... Cuma ya itu kalo reaksi dari pihak yang di sana kurang menyenangkan, gw suka langsung alihin perhatiannya Gide .. Ajak nyanyi atau apa lah! Ga enak juga kan .. Pardede oh pardede!


Keep amazing us, Gide!! Daddy and mommy loves to the moon and back! To the infinity and beyond!!! Happy 10 months my baby!! Terus setaonan ntar dirayain ga ya?! Haish! World's biggest problem! HAHAHA ..

02 May 2016

Melbourne Food Diary

Dua kata untuk menyimpulkan acara makan - makan kita selama di Melbourne : PESTA PORA! Baik dari porsinya yang ajubile dan rasanya yang ga kalah ajubile! HOHOHO .. Cacing - cacing dalam perut pun rasanya menyanyikan lagu sorak sorai bergembira sepanjang di sana! OEHMJI mendadak keinget rasa sushi roll-nya si Sushi Hub pas ngemil di jalan! Gawat! HAHAHA ...

Pacific BBQ Seafood House 




Penting! Order their hot and sour chicken ribs rice! Do you know which one I mean?! The last one! Ho'oh banget kan tuh liat saosnya! Beuh! Lucky us it's located just opposite our place!! Went there at 9.25 pm and we had to wait for another 5 minutes since their night rice menu only start at 9.30 pm ..  It was literally our first meal after we arrived in Melbourne! What a glorious opening! Bring it on, Melbourne!! Aku redeh!! ;D

Dainty Sichuan


Another yum yum in my tum tum! We ordered their famous spicy sichuan chicken, mapo tofu, and stir fried veggie! Ludes tanpa sisa! Ngelirik meja sebelah mereka pesen ayam goreng garing gitu dan langsung kepengen juga! Dasar laper mata ya!! Too bad we're too full .. Would love to come back here! Btw, si Dainty ini tetanggaan sama si Pacific donk! Oh yeah baby!!

Menya Ramen


Yup! The most talking Gyutan Don in town! We did order their Soft Shell Crab Ramen as well and it's a good balance to mix with the Gyutan Don which was totally meaty .. Btw, di dalem si Menya restoran ini bisa dibilang setengah populasinya yang makana adalah orang indo donk! HAHAHA .. Kalo kata Agia, orang Indo emang paling jago promosiin restoran karena biasanya nge-gank, sekali dateng sekampung, ... dan langsung promosi mulut ke mulut ke gank laennya! Beuh macam gengster ya bok! HAHAHA .. Hidup orang endonesa!

Rose Garden BBQ


Kalo si Dainty tetanggaan sama si Pacific, si Rose Garden ini tetanggan sama si Menya! Bisa gitu ya! This place is a must! Fyi, kita sampe dua kali makan di sini! Nagih!! HOHOHO .. They have their top 10 menu and I think we already tried half of it by then. What's on the picture from left to right, Pork Omelette Rice, Crispy Chicken Rice, .. and they maknyus Shredded Duck Friend Rice! Juara abis!! Gw sendiri kurang suka bebek tapi ini pengecualian! Suirann bebek dikombinasikan dengan sayur asin yang krenyes - krenyes cukup mematikan! Jangan lupa sama porsinya yang aduhai banyaknya. Kita share tiga bagi empat .. dan kenyang!!!

Queen Victoria Market


When you're in Melbourne don't forget to visit QVM. Basically it's a market .. but I always like to visit this kinda of market wherever we go overseas. Pasar cantik, kalo kata gw! They don't just serve the basic needs for the locals as a market but it becomes one of the tourist's attraction as well. Ya ampun ngeliat sayur sama buahnya rasanya langsung pengen ambil blenderan! Pengen semuanya dikasih ke Gide .. Fresh! According to the coffee lover, you can find of of Melbourne's best coffee here at Market Lane Coffee .. On the other hand, I'm one happy kiddo eating the Pulled Pork Bun .. Another glorious morning for us!!

Gami Chicken and Beer


"Jangan lupa pesen fried rice cakenya!" Begitu pesen Clara, insider kita :)

So there we were ordering their Spicy and Sweet Chili Fried Chicken together with the Fried Rice Cake .. and I can't barely moved after that! Makan terus aja, Gill! Lupain tuh timbangan! HAHAHA .. Yang menarik dari si Gami Chicken ini adalah tempatnya yang mana cuma semacam pintu kuning kecil! Begitu dibuka ada turunan ke bawah, jadi macam ke lorong - lorong rahasia gitu deh .. Seru aja! HOHOHO 

Ying Thai 2


Di mana Ying Thai 1? Ga tau! Pokoknya diwanti - wanti bilangnya suruh makannya yang nomor 2 HOHOHO .. Konon ada satu lagi restoran Thai yang terkenal di Melbourne yaitu Jinda Thai, .. dan konon lagi kalo mau makan di sana musti reserved dulu karena selalu penuh jadi ya sudah lah yang ini aja. We ordered Thai Green Curry, Pandan Leaf Chicken, Crispy Skin Pork, Vegie with Roasted Pork .. Overall gw lebih suka sama Chat Thai yang di Sydney karena rasanya lebih greget, ya soal preference aja kali ya ..

Toto's Pizza House


All photos are taken by Keke, .. Food are eaten by us ;)

Finally decided to go for western food after having all those adventures with the Asian food! HAHAHA .. When it comes to comfort food for western, we go for pasta and pizza! Best duo! We tried this place called Toto's Pizza House at Lygon Street which also known as Melbourne's Little Italy. We had Carbonara Fettucine and those meaty pizza which I forgot the name. The portion of the pasta was quite small if I may say compared to all the portion we had earlier during our trip .. but it tasted good though! A perfecto closure for our food journey in Melbourne! The end! 

...

Wait! Not really!!

We asked Bombie to pack us the duck fried rice from Rose Garden for our supper later on that night! HAHAHA .. Did I mention about the sushi roll at Sushi Hub? Yes I did! What about the yummy Banh Mi at Vietnam Roll? Burrito at South Melbourne Market .. and the Dim Sim too! Alamak! Oh and that Vietnamese Restaurant at St. Kilda?.. Oh! The famous Adriano Zumbo cafe is exactly next to our place! Die die die!! 

Accompanied Bombie and Keke to Toppadock too, .. tried their Ricotta Hotcakes dan aku angkat tangan!!!  Mampir juga ke Belle's Hot Chicke di Fitzroy!! Makan es krim-nya Pidapipo!! Ya opo toh iki makan mulu kerjanya!! HOHOHO .. Sesuka - sukanya kita sama makanan di sana, tetep donk musti ada adegan seduh pop mie malem - malem kalo ga pagi - pagi buat yah ... cemilan! HAHAHA ... Thanks heaps, Melbourne!! Tunggu aku di sana lagiiiiiii ... Amiiiiin!

28 April 2016

Raising A Reader


Learn to read and read to learn! Itu penggalan lirik lagu dari salah satu acara anak - anak yang gw liat kemaren di tv dan gw mengiyakan banget tuh lirik ... dan gw termasuk hard core believer kalo membaca itu sebaiknya dimulai dari sedini mungkin, ... Err mungkin bukan literally membaca juga kali ya! Hebat kali kalo si Gide Pardede dikasih buku terus bisa baca sendiri! Langsung berasa supermom paling aduhai sedunia yang ada! HOHOHO ...

Gw dan suami termasuk orang yang lumayan suka baca, mulai dari bacaan yang ga penting .. itu gw sih! sampe yang penting yang mana itu suami! HOHOHO .. Inget banget waktu jaman SD dulu gw itu anggota perpustakaan nasional yang kebetulan letaknya ada di deket sekolahan. Jadilah tiap minggu gw jambangin tuh perpustakaan buat minjem buku segabruk! Bahagia rasanya! Salah satu kegiatan favorit kalo ke mall juga nyamperin toko buku, ... mulai dari liat - liat sampe kadang numpang baca gratis kalo kebetulan bukunya ga disegel hihihihi .. 

Salah satu momen sedih dalam hidup gw adalah ketika pindahan rumah dan buku - buku gw raib! Bagai diiris sembilu rasanya hati ini! Sampe bingung loh! Padahal itu buku udah dijadiin satu kardus, terus dilabelin, .. dan pindahannya itu cuma selang dua rumah! Beneran!! Jadi pas rumah kita lagi direnovasi, kita ngontrak di rumah laen yang kebetulan banget bedanya cuma dua rumah itu, .. eh terus pas balik lagi ke rumah lama .. buku - buku gw raib! Misteri ilahi abis sampe sekarang ..

Pindah ke singapur, entah itu tiap pulang bawa balik buku kalo ga nitipin sama yang mau ke sini, .. ada juga masa  - masa di mana gw ga pegang buku karena kesibukan yang ada! Sok sibuk maksudnya!! HOHOHOHO ... Sampe akhirnya gw baru tau kalo di perpustakaan singapur tuh banyak juga novel - novel indo! Lebih tepatnya si abang yang menemukan fakta itu dan gw dikasih tau hihihihi ... Kalo kata pelem - pelem bule, .. and the rest is history .. Tsaahh!




Gide udah kita kenalin sama buku sejak dia bayi! Lah emang sekarang masih bayi juga sih HOHOHO ..  Bisa dibilang salah satu yang bikin gw seneng tinggal di sini itu ya faktor perpustakaannya. Perpustakaan di deket rumah kita ga sampe yang hedon bin mewah banget gimana tapi cukup lengkap koleksinya. Sistemnya yang ga ribet dan jumlahnya yang tersebar di satu singapur juga jadi nilai plus buat perpustakaan di sini. Misalnya kita pinjem dari perpustakaan di lokasi A, kita bisa balikin ke perpustakaan di lokasi B, .. yang penting dibalikin aja! HOHOHO ..Tempatnya juga nyaman kalo mau bawa anak - anak, karena emang disediain tempat buat baca juga dan adem! Penting! Kadang library suka adain acara juga buat anak - anak, tapi so far belom pernah ikutan sih! Dulu waktu masih ngajar suka ada orang library dateng ke sekolahan buat bacain cerita buat  anak - anak, ... btw kita bisa volunteer juga loh kalo mau.

Buat Gide sendiri, biasanya kita pinjemin dari bagian 'Books for Babies' dimana bukunya itu hard cover yang ga mungkin dirobek sama anaknya, kecuali dia hercules ya! Kadang bapaknya yang ke library pinemin, kadang gw bawa Gide ke sana yang berujung kejar - kejaran sama anaknya karena mau gratakin rak - rak buku yang ada HAHAHA .. Gantian aja antara mamake sama bapake bacain buat dia dan satu buku kadang kita bisa bacain berulang - ulang .. Ya jangan ditanya reaksinya ya, .. bengong aja! Itu awalnya, .. sekarang kalo dibacain udah mulai sok mau ikut baca sendiri, terus tunjuk - tunjuk, terus ngoceh - ngoceh pake bahasa dia juga! And I see that as a good sign! Yeay!! Kadang sekarang kalo ditaro di lantai terus dikasih buku bisa anteng juga, .. seenggaknya emaknya bisa ngelipir buat ngemil biskuit di dapur hehehe ;)

Kita sebagai orang tua sebisa mungkin mau Gide punya minat baca yang tinggi, entah ujungnya dia mau baca pake buku konvensional yang bisa dibolak balik kertasanya atau pake yang tipe digital, ... walopun gw sendiri lebih suka tipe buku beneran hehe, tapi ya itu mah cuma masalah preference aja lah, yang penting budaya membacanya .. Dan balik lagi itu dimulai dari kita! Monkey see, monkey do! Jadi gimana kita mau anak itu ke depannya ya tergantung kita sebagai orang tua, .. Umh tanggung jawab yang besar ya! And I commit to raise a reader! :)


Beberapa tips gimana bacain buku buat anak yang gw pelajari saat gw sekolah dulu, ..
  • Always start from the cover - Bacain judul di covernya and talk a bit about the cover, .. misalnya ada gambar apa, warnanya apa. Kalo anaknya udah lebih besar biarin mereka yang jelasin, kita cukup "mancing" aja! Ikan kali dipancing!! HOHOHO
  • Acknowledge the author & illustrator - Yup! Jangan lupa kasih tau siapa yang nulis atau bikin ilustrasinya .. Ini ngajarin anak untuk menghargai karya orang laen 
  • Posisi menentukan prestasi - Halah banget! Intinya cari posisi yang nyaman ya, bisa kita pangku anaknya atau duduk saling berhadapan, atau kalau si anak udah dalam stage bisa baca, kita bisa duduk sebelahan ..
  • Use your finger - Bisa pake jari telunjuk untuk menunjuk setiap kata yang kita baca untuk mengenalkan konsep kalo huruf - huruf atau kata - kata yang ada di buku itu mengandung arti dan bisa jadi satu kesatuan kalimat yang bermakna .. Ya kalo masih bayi piyik ga usah juga sih!
  • Suaranya mana yang di sana - Halah lagi! HAHAHA .. Ya saat membaca pastikan kita baca dengan suara yang jernih, dan pelafalan yang benar .. Btw, do you know that kids love to hear different kind of voices! Ya drama mama dikit boleh lah biar tambah seru!!
  • Treat the book right - Last but not least, kita ajarin gimana cara mereka buka buku, simpen buku, .. Ga gampang emang, namanya juga anak - anak ya .. tapi bisa koq! Niscaya anak - anak kita tumbuh jadi generasi yang suka membaca :)