28 May 2016

When In Melbourne, ...

Brace the weather! Eat all the good food! Take pictures!
Laugh out loud! Keep the good memories!

Basically all you need to do is embrace the moments! Live it! Enjoy it! 





Melbourne has been ranked by the EIU as the world's most liveable city since 2011 .. and I think I know why! Sok tau aja sih! HOHOHO .. And yup! we just came back from this city ... like 2 months ago!! HAHAHA basi ya bok!! It also known to have one of the best coffee in the world. Sadly we're not a coffee drinker but that's okay coz Melbourne has treated us so well in other way, if you get what I mean HOHOHO :)

It's been a while since our last trip remembering there was new addition in our family ... Again, if you ask me, it's a mixed feeling! Ya kangen sama si pardede tapi seneng juga bisa gandengan sama bapake, .. secara sekarang lebih sering gandengan sama stroller yak! HOHOHO ..We went few days ahead before the conference started to explore this city, .. dan kesimpulannya mau balik lagi ke sana tentunya bareng si Gide, .. hijrah kesana juga kayaknya ga nolak HOHOHO .. Amiiin!

We managed to squeeze in one day tour to The Great Ocean Road right on the next morning after we arrived and baby it's worth it!



Our first destination!

The Great Ocean Road is an Australian National Heritage listed 243 kilometres stretch of road along the south-eastern coast of Australia between the Victorian cities of Torquay and Allansford .. We booked one day tour for this trip, simply because we didn't want to drive!! And it's a good decision after all!! We started the trip in 6.50 am in the morning and only returned by 8.30 pm! That long, people!! Tepos abis nih pantat! Terus emang dasar pelor ya, masuk mobil liat - liat pemandangan .. eh ga lama kreyep - kreyep matanya! HOHOHO ...




Throughout the day, our eyes were spoilt by the all these beauty! The 12 Apostles rocks stack, rainforests, beaches, scenery, resort town, ... you name it! Aku sampe bingung mau masukkin poto yang mana, .. semuanya cakep - cakep! Dipilih - dipilih ...





And those pictures were only the beginning of our Melbourne trip! 

We did visit the Melbourne Museum, took silly poses infront of Luna Park, watched the Summer Moonlight Cinema on its last day with while bracing the sudden climate drop! Oh yeah! Nonton sambil cengengesan sambil kekepan jaket! It was something that I won't forget. We also celebrated Bombie's birthday, recorded silly farewell video for our dearest friend back in Singapore .. We did agree to disagree but at the end of the day we just collecting good memories! 

I guess that's the essence of traveling! Am I right, mate?

27 May 2016

#MAMAYUKERO's First Aid Kit


Bisa dibilang saya itu termasuk kategori orang yang happy-go-lucky, tapi kalo udah menyangkut urusan anak bisa langsung jadi rempong! Bin ribet! Ya begitulah ya kalo udah jadi ibu - ibu!!Kan selalu mau kasih yang terbaik HOHOHO .. Kali ini saya mau shares soal produk skin care yang Gide pake selama ini dan bisa dibilang ini semacam first aid kit saya sebagai ibu ... dan asiknya bisa ditebengin juga sama maminya! Yeay!! 

Beberapa produk ini sebenernya bukan sesuatu yang asing buat saya karena waktu masih bekerja sebagai guru, ada beberapa murid yang juga pake produk ini dan saya liat sendiri kalo emang ampuh dan mujarab! Tokcer kalo kata orang! HAHAHA ... Disclaimer saya, setiap anak pasti punya jenis dan tipe kulit beda - beda jadi ya cocok - cocokan ya :)

Vicks Baby Balsam
Si baby balsam ini satu - satunya 'first aid kit' yang baru saya kenal semenjak jadi ibu. Irene share buat beli si Vicks Baby Balsam terus diolesin ke dada, punggung, dan telapak kaki si anak biar anget dan ngebantu supaya phlegm-nya keluar saat anak kena batuk pilek. Sebagai orang yang lumayan anti sama balsem karena panas dan baunya cukup jreng saya sempet ragu mau olesin ke Gide tapi ternyata oh ternyata saya jatuh cinta sama si Vicks Baby Balsam ini! Ya iya lah ya, secara emang diformulasikan buat bayi jadi tentunya aman dan ga sampe panas gimana banget dan baunya soothing banget. Malahan sekarang kalo maminya agak meler, maminya ikutan minta vicks Gide! HOHOHO ..

Puji Tuhan selama ini Gide ga perlu sampe ke dokter dan biasanya cuma meler - meler dikit karena efek cuaca dan ga sampe tersumbat yang gimana banget. Biasanya saya usapkan setelah mandi pagi dan mau tidur. Fyi, saya juga baru tau kalo si Vicks Baby Balsam ini ga dijual di indo, jadi mari yang mau PO! Lho?! HAHAHA ..
Luca's Papaw Ointment
Si papaw yang tersohor! Gimana ga tersohor ya, dikit - dikit suruh pakein si papaw, dari bibir kering, digigit serangga, kena cipratan minyak .. semuanya si papaw! Si papaw ini hits banget di Aussie dan emang originally dari sana jadi kemaren ini pas ade saya balik dari Sydney, dia bawain oleh - oleh papaw dalam berbagai ukuran buat keponakannya HOHOHO .. 

Basically si papaw ini semacam cream serbaguna dari diaper rash, insect bites, sampe minor burn dan bisa juga dipake dari baby sampe orang dewasa. Saya sendiri ngerasain manfaat si papaw buat kulit Gide yang kering. Sempet ada beberapa bagian di badan dia yang kering, kayak di lengan, pipi dan betis. Saya olesin si papaw setiap abis mandi dan magic! Mulus lagi cin!! Sempet rutin pake lotion pertamanya cuma entah kenapa kurang ampuh karena itu kayak kering pake banget jadi kayak ada dry patches di badan dia. It works for Gide! Cukup diolesin tipis - tipis aja dan mami senang! HOHOHO .. Saya selalu bawa si papaw di diaper bag sebagai first aid kit
Jorubi Aloe Vera Gel
Aha! Kalo yang kenal sama saya udah lama dan ngikutin blog ini pasti tau banget kalo si aloe vera gel ini gacoan saya! Bisa dibilang si aloe vera gel ini seperti papaw yang mana serbaguna juga bisa buat macem - macem dari pelembab sampe digigit serangga. Perbedaanya lebih ke arah bahan dasar dan teksturnya aja. Kalo si papaw dari ekstrak buah pepaya, kalo yang ini jelas namanya juga aloe yaitu lidah buaya. Secara tekstur si papaw itu lebih creamy and oily dan yang ini gel.  

Saya pakein si aloe vera gel pas Gide kuar biang keringet! Heat rash! Efek ngademin dan cooling down bikin lebih cepet sembuh dan kering. Saya sendiri juga pake pas biang keringet keluar semua gara - gara cuaca yang bikin cenat cenut seperti hati ini. Lho?! Curcol bu?! HAHAHA .. Btw saya juga punya versi super mininya buat ditaro di diaper bag-nya si Pardede :)

Umh, kalo ditanya atau disuruh milih antara papaw atau aloe vera saya bingung! Basically mereka punya fungsi yang similar, bisa dibilang sama. Buat saya itu dua kayak must have items! Soal preference aja kali ya buat pemakaiannya, buat udara yang lembab macam singapur ini rasanya si aloe vera gel lebih nyaman dibanding si papaw yang creamy, .. tapi dua - duanya jagoan lah!

Desitin Rapid Relief Cream
Ini yang jadi andalan saya kalo Gide kena diaper rash; iritasi yang disebabkan karena pemakaian popok. Diaper rash cream sendiri jenisnya ada banyak dan kebetulan kita dapet si Desitin Rapid Relief Cream ini sebagai salah satu hadiah pas Gide lahir. Desitin ini sendiri setau saya ada dua jenis, yang warna biru dan ungu. Gide pake yang ungu yang levelnya lebih 'keras' ya karena dapetnya yang itu HAHAHA .. Puji Tuhan si Gide ga pernah sampe rash yang gimana banget cuma kadang merah dikit aja, langsung olesin tipis - tipis dan langsung oke lagi .. Yeay!! 

Ya segitu alat perang saya, kalo #MAMAYUKERO yang laen gimana?  :) 

13 May 2016

Hello, Stranger

Back to my teaching days, as a teacher we always have to ask parent's permission when we're about to do activities or anything else beside our daily routine care. Consent form! That's the official lingo for it. Surat pernyataan kali ya kalo di bahasa endonesakan ...

Pada umumnya ada saat registrasi setiap orang tua bakal dapet Parent's Guide Book atau semacamnya yang ngebahas tata cara endebre endebra dari sekolah tersebut dan bakal ada consent form yang harus ditanda tangani oleh pihak orang tua untuk menunjukkan apakah mereka setuju atau tidak dengan policies, regulations dari pihak sekolah seperti pengambilan foto anak, prosedur penjemputan, kasih minum obat dan sebagainya! Rempong! Tapi sekali lagi penting!! Kesannya lebay ya but again it's important!
 
Untuk kegiatan - kegiatan khusus macam field trip atau konser, consent form biasanya dibagikan baik secara langsung atau juga bisa via email dan wajib ditanda tangan dan dikembalikan oleh orang tua during the timeline given, yang mana nantinya akan disimpan oleh pihak sekolah sebagai bukti tertulis. Ada bener waktu dimana gw sampe harus "ngejar - ngejar" sampe telponin orang tua karena belom balikkin consent form yang notabene jadi "surat jalan" buat kita sebagai guru. Sadly but true, there are some parents who don't bother to sign it and at the end we have to exclude their child from the activity. Kesannya koq lebay dan tega banget ya tapi balik lagi itu untuk benefit semua pihah, si anak, orang tua, dan sekolah ... Terlebih setelah gw menjadi #MAMAYUKERO! I can see how important it is!

RESPECT. 
Yup! That's the key word! 

Dengan adanya consent form kita sebagai pihak luar menghargai dan menghormati orang tua sebagai "pemilik" si anak tersebut. Orang tua mana yang ga bakal sewot atau spanneng kalo tiba - tiba foto anaknya beredar di mana - mana tanpa sepengetahuan mereka, atau tiba - tiba si anak dibawa ke suatu tempat yang asing, atau mukanya dibedakin, ya atau apapun itu lah. The other way round, dengan menandatangani consent form, pihak orang tua juga menghargai niat baik dari sekolah.

Either setuju atau tidak terhadap isi consent form tersebut kita sebagai pihak luar wajib menghargai keputusan yang dibuat orang tua walopun mungkin secara personal kita kurang setuju sama alesannya. Sesimpel itu kan anak dia! Terserah dia donk! Kasarnya begitu lah ..

Nah, itu kan di dunia sekolah dimana consent form itu sesuatu yang resmi dan wajib hukummnya, kalo di dunia nyata sendiri gimana?! Lah emang dari tadi di dunia laen apa?! HOHOHO

Sebagai seorang ibu, banyak banget yang berubah .. baik dari segi prioritas sampe tekanan darah! HAHAHA iya!! You'll understand when you're a mom or a dad yourself! Ga bermaksud lebay tapi aku suka gemes loh sama orang yang suka seenak jidat memperlakukan anak orang .. Memperlakukan di sini ga selalu dalam konotasi negatif loh ya, malah kesannya baik,... tapi tetep aja ya apapun yang kita lakukan sama anak orang alangkah lebih baiknya minta persetujuan dari orang tuana. Ya mungkin orang itu ga maksud gitu juga sih cuma ya tetep aja asas saling menghormati dalam bentuk apapun harus dijunjung tinggi! Eh buset, nilai PPKN nya dulu bagus bener kayaknya, sis!! HOHOHO ..  Sebut saja ini unwritten consent form! Oral consent form atau apapun itu lah, the bottom line is never ever forget to ask permission to the parent's child regarding what you are going to do or give to the child.

Sisi #MAMAYUKERO gw yang idealis dan protektif berbicara. Curhat terselubung! HAHAHA .. Gw pribadi termasuk orang yang "berani" kasih anak gw maen sama orang laen dengan catatan gw kenal betul ya! Apalagi ruang lingkup pelayanan kita di gereka itu youth jadi sekarang itu bukan suatu hal yang aneh lagi kalo selesai kebaktian anak gw bisa nangkring di tempat drum atau keyboard .. and I don't mind at all. Biasa aku memantau dari jauh dan so far sih ya oke - oke aja yaaaa .. 

BUT ..

Nah ini!

Saya akan sangat keberatan jika anak saya diminta secara paksa dari tangan saya! Loe bakal bisa liat muka gw berubah mendadak! Trust me! Gw membiasakan untuk "minta" Gide dengan baik - baik. Even hal ini kita berlakukan antara bapak emaknya. Jadi kalo Gide lagi digendong gw atau bapaknya kita akan panggil namanya dan ulurin tangan kita sebagai tanda kita mau gendong dia, .. nah biasanya kalo ada yang mau gendong gw terapin kayak gitu juga. Itu artinya kita belajar menghormati hak anak juga apakah dia mau digendong, jangan maen diambil aja atau dioper - oper. Coba bayangin kita yang digituin pasti ga mau kan?! Sounds silly but that's the basic foundation of teaching respect to our kids .. Ya, saya bisa segitu galaknya kalo udah urusan anak! Kalo anaknya ga mau gimana?! Ya jangan dipaksa lah kecuali situasi ga memungkinkan dan emang kita harus oper anaknya. Itu pun gw biasa bilang, "Gide, digendong daddy ya bentar soalnya mami mau pipis nih" .. atau apapun itu. Ya ini cuma contoh kasus aja .. 

Saya juga akan sangat keberatan kalo anak saya dikasih makanan di luar sepengetahuan saya! Cukup jelas ya yang namanya makanan ga bisa seenak jidat, you never know kalo anak itu ada alergi atau reaksi apa terhadap jenis makanan tertentu. Masih soal makanan, loe akan liat gw protes kalo loe kayak sok - sok nawarin makanan ke anak gw dengan tujuan godain padahal loe tau loe ga bakal kasih .. Koq drama banget sih Gill?! As we know namanya anak - anak tuh ya pasti liat apa juga pengen, nah kita sebagai orang dewasa kan tau mana yang boleh dikasih mana yang engga, jadi kalo cuma buat godain mendingan jangan deh. Ini yang disebut PHP, kasian anaknya tau! Balik lagi kalo kita yang digituin mau ga, ... kayak udah kepengen taunya cuma dibilang "ga boleh" .. Beuh!!

Gw sendiri bakal ngomong sama Gide kalo liat muka pengen dia tapi gw tau itu belom boleh dimakan sama dia. "De, mami ga tawarin soalnya Gide belom boleh makan ini. Kalo udah boleh pasti mami bagi ya" .. soalnya kadang ga bisa dihindari ada saat - saat kita makan bareng dan dia ga boleh makan apa yang kita makan. Respect! Yup! The same word! 

Don't ever tempel - tempel apapun, gambar - gambar atau hal - hal yang kita suka anggap biasa ke anak kecil. Beneran! Terus kalo soal foto gimana? Snap chat? Instagaram? Facebook? Umh, jujurnya ga tau! Kayak antara no harm sih sebenernya cuma kadang gw bisa mendadak sewot dalam hati kalo anak gw difoto - foto terus. Entah semua ibu - ibu kayak gw atau gw yang sensi aja ya. Gw cuma mikir dengan jaman yang serba social media ini loe ga pernah tau foto anak loe sampe kemana aja, sapa yang liat dan dibuat apa .. Dalam nama Yesus semua bakal aman - aman aja! Amiiinnn!!! Oh well, intinya just be mindful when you're playing with other people kids. Inget anakku bukan anakmu .. Salam peace dua jari!!! HOHOHO