23 February 2013

Oh Mama Oh Papa

gw berasa emak-emak banget pas nulis judulnya! HAHA .. ada yang inget rubik ini di majalah kartini? the only chance gw baca si kartini biasanya kalo lagi nyalon sama emak gw di salon komplek!! hihihi .. entah kenapa walopun kadang ceritanya agak susah dicerna dan dipercaya dan full of drama tapi tetep aja gw suka baca, nagih geto! haha ;D

Oh Mama Oh Papa ala cintakadabra bukan tentang drama-drama percintaan atau kabut rumah tangga yang terjadi tetapi lebih ke seputar cerita dan gossip seputar parents di sekolahan gw .. hihihi .. kan kalo ibu-ibu di indo yang suka nungguin anaknya sekolah demen tuh ngegosipin guru-gurunya, nah kali ini giliran gurunya ngegosipin para orang tua ;p

as a teacher, i'm not only dealing with the children, but with their parents as well and honestly speaking, sometimes parents can give you another round of headache .. they can be super-duper-trooper-nonsense in such a way. well, it's my responsibility to update everything regards to the children's progress to the parents especially during PTC (parents-teacher conference) and some of them will take it well, very well indeed but sometimes you can get shock of your life with their answers or responses .. on the other hand, we teachers are trained how to address all the issues with manners .. when i say all issues mean all .. academic wise and behaviour wise and another wise-wise that happens including accidents .. it's stated in the SOP (standard operating procedure) if something happen we have to inform the principal, take the immediate action, infrom parents immediately, and log in in the log book. ya begitulah!! and singapore is quite strict and firm kalo soal ginian, agak beda sama indo yang kurang jelas SOP-nyaaa ...

edisi Oh Mama Oh Papa kali ini gw mau cerita soal one of the toddler's parents yang memberikan reaksi yang mengakibatkan gw nganga sampe ga tau mo ngomong apa! alkisah di kelas toddler terjadi insiden gigit menggigit, ga juga sampe gigit-menggigit sih. si child A digigit sama child B, gw kurang jelas kenapa tapi gw asumsi beberapa alesan since i took toddler last time .. bisa jadi mereka teething jadi gatel tuh gigi atau since they're toddler and they can't express themselves verbally, outcomenya jadi gigit when they feel insecure atau provoked, .. intinya tuh child A kena gigit sama child B dan colleague gw inform child A's mom by phone dan beginilah kira-kira percakapan mereka ..

teacher: hello, can i speak to mrs X, this is teacher Y .. i would like to inform you bla bla bla .. and your child got bitten
parents:  what?!!! i can't belive it!!! i'm going to kill that child!!!!
teacher: but as you know, they are toddlers and bla bla bla .. *giving explanation*
parents: i never hit her at home, i never beat her and now she got bitten at school! i can't accept this. i'm going to teache her how to bite back!
teacher: that's not the solution, you're not telling your child the right thing to do and bla bla bla ...

....

waktu temen gw cerita, gw kayak WHAT?!!!! are you serious??!!! the mom said that?!! what?!!!! OMG!! gw sampe shock dengernya!!! buset bujubuneng tuh emak!!! .. ya gw ngerti banget kalo gw jadi emaknya gw juga pasti upset lha anak gw kena gigit tapi ga sampe segitunya juga kali mau ngebunuh anak orang! anak orang coy, bukan ayam!! gw sampe geleng-geleng, manggut-manggut, geleng-geleng lagiiii dan ujungnya godek-godek saking amazed dengan jawaban yang diberikan si mami itu .. gw tau apa yang ada di pikiran si emak itu, dia rasa itu anaknya digigit sampe berdarah-darah kayak di pelem-pelem kali yaaaaaa ..apa dia mikir digigit terus bisa rabies kali ya!! terus malemnya pas jemput, si emak tanya donk ada insurance yang cover ini ga .. another OMG from me! principal gw bilang dia suruh cek ke dokter minta receiptnya. malem pun berlalu ..

besokannya pagi-pagi pas anak itu dateng ke sekolah, temen gw ngomong lagi donk sama emaknya dan emaknya bilang gini dengan happy face dan santai bener .. "i think should be okay, no mark, no broken skin .. it's okay" .. WHAT?!! ini emak yang sama yang semalem memberikan reaksi berlebihan dan pagi itu she act like nothing happen, seolah itu ya udah lewat aja and it's not a big deal. i can't belive my ears!! .. Oh Mama Oh Papa!!! apa yang terjadi?!!

i thank God selama gw ngajar belom pernah ngadepin parents yang bikin pala dan hati cenat cenut, kalo yang bikin tarik napas sama urut dada banyak hehehe .. ya gw sih coba belajar ngertiin parents' point of view and at the same time gw juga berharap para parents mengerti what we are teachers are trying to do here .. kalo meminjam istilah biologi ada simbiosis mutualisme, kalo meminjam istilah PPKN tenggang rasa dan tepa selira .. sekian edisi Oh Mama Oh Papa kali ini! sampai jumpa di edisi selanjutnya ..

... happy weekend, all!!!!

2 comments:

  1. hahaa emaknya lebay deh. Emangnya di gigit todler bisa separah apa sih sampe segitunya.. dikira mike tyson kali yahh?

    ReplyDelete
  2. hoahahaha lol...
    iya ada juga kasusnya di kelasnya Alice ada yang suka menggigit, di skul dulu juga gitu, iya sih most likely karena teething, di skul yang dulu ada 1 anak yang suka gigit, sampe semua anak dah jadi sasaran gigitan lol.. sampe parentsnya tu anak pas ketemu gw bilang sorry, anak gw gigit anak loe hahahaha padahal gw sih biasa aja ya.. i think that parent is really a bit too much sih emang hahaha...

    ReplyDelete