24 August 2016

427 Days of Breastfeeding


Yup! Those digits represent number of Gide and #MAMAYUKERO breastfeeding journey. As the month of August is dedicated for National Breastfeeding Awareness Month, I did the contrary thing which is weaning this lil champs. Disapih kalo bahasa endonesa-nya. I'm a pro to breastfeeding and fully aware about the importance of it especially for the first two years as per suggested .. and this was one of the toughest decision I've ever made in my #MAMAYUKERO journey.

WHAT
Yup! Seperti yang saya bilang di atas, Gide udah bukan #anakASI lagi dan saya resmi bukan #busui lagi. Tapi koq masih laper terus ya bawaannya?! Kacau nih!!! HOHOHO

WHY
Alasan kami menyapih Gide karena saya dan Abang ada rencana buat traveling lagi di waktu mendatang tanpa si Gide. Mengingat pengalaman yang lalu dimana dia sama sekali ga mau nyusu pas ditinggal ditambah sekarang udah tambah gede dan udah makan full sehari tiga kali akhirnya kami berani buat nyapih dia. Timeline - nya pun sebenernya jauh lebih cepat dari plan kami semula yaitu bulan September. Kalo ditanya rela atau engga, sejujurnya saya ga rela!! Tapi di pihak lain, saya ngerasa akan lebih kasian lagi kalo si Gide ga disapih di mana dia bakal 'kehilangan' saya dan Abang selama dua minggu ditambah 'kehilangan' waktu menyusui juga yang mana jadi koq kayak dobel - dobel berasanya! Haish!! So yeah basically that's the main reason.

Lah kenapa anaknya ga dibawa sekalian aja kalo gitu?! Maunya sih juga gitu ya! Cuma mempertimbangkan jarak tempuh puluhan jam, endebre endebra sebagainya kami memutuskan ini bakal jadi trip terakhir berdua aja tanpa Gide. Cuti euy!! Ini pun setelah saya minta ijin ke orang rumah dulu apa mereka bersedia dititipin Gide selama kami pergi traveling and they are more than happy buat dititipin .. So far urusan logistik untuk urusan anter jemput Gide udah beres walopun hatiku masih kebat kebit setiap inget bakal kangen sama si Pardede! I know I know! I'm one drama mama!!

WHO
Inisiatif penyapihan dateng dari saya yang lalu diskusi sama Abang dan kita sepakat akan hal ini. Untuk proses penyapihannya sendiri hanya melibatkan Gide dan saya karena saat itu bapake lagi pergi business trip dan saya sengaja ambil waktu itu dengan alesan kalo pas malem anaknya kebangun ga ngebangunin bapaknya. Ya emang sih bapaknya bisa tidur di kamar sebelah cuma instinct keibuan saya bilang waktu itu adalah yang tepat jadi ya saya ikutin aja. Ga bermaksud sok jagoan tapi balik lagi instinct keibuan saya bilang gitu jadi saya coba ikutin aja

WHEN
Proses penyapihannya sendiri bener - bener mulai pas 1 Agustus kemarin dan seperti kata orang kebanyakan, berjalan kurang lebih 3 hari. Ada orang yang pilih bertahap dalam proses penyapihan, kalo saya sendiri pake sistem langsung. Jadi saya langsung sapih Gide nap time sama bobo malem setelah melihat dan mengobservasi anaknya ...

HOW
Nah! Ini yang penuh tantangan!!! Pertama, sebelum mulai menyapih saya harus meyakinkan diri dulu kalo ini adalah keputusan yang tepat dan terbaik. No turning back. No guilty feeling. Umh, ada sih galau - galau gitu cuma saya ingetin diri sendiri lagi kalo ini buat kebaikan Gide juga #dasaremakemak HOHOHO

Kedua, saya cari support system dari mami dan Janne yang kebetulan waktu itu baru aja nyapih anaknya juga. Cukup dua! Takut riweh sendiri kalo kebanyakan ntar. Mami saya pesen buat mastiin anaknya makan bener dan kenyang sebelom tidur. Sama disuruh nguatin hati dan telinga. Iya banget nih!! Kalo kata Janne, pastikan tidak keluar rumah! Yang mana langsung saya protes HAHAHA .. Intinya pas jam dia tidur biasain di rumah jadi anaknya ngerti kalo tidur ga perlu nyusu karena si Gide kalo pas di luar tuh bisa aja tidur sendiri di stroller tanpa musti nyusu dulu. Baiklah saya siap! Eh antara siap ga siap sih! Piye iki toh?!

Ketiga, saya sounding juga ke anaknya soal program penyapihan ini. Ya bisa dipastikan 100% kalo si bocah ga ngerti sama sekali tapi tetep saya kasih tau ke Gide soal ini. Saya juga udah membayangkan the worst scenario ever dimana anaknya yang bakal nangis ga karuan gara - gara ga boleh nenen lagi. Sabar ya, nak! Ga cuma kamu yang menderita, .. mami juga!! Fix nangis aur - auran di hari pertama mau nap. Duh!! Miris bok!!! But surprisingly pas malem ga segitunya dan hari - hari berikutnya cuma ngerengek - rengek aja. Pinternya anak mami!!!  Saya sampe catet timing-nya buat kenang - kenangan.

Day 1 // 1 Agustus 2016
Nap 
12.30 Siap - siap buat nap
12.45 #$%^!!!#%^^*&?!!! - yang mana artinya anaknya nangis heboh
14.15 Akhirnya tidur karena kecapean nangis dan emang udah ngantuk
15.00 Bangun aja nih! terus saya tepok - tepok dan tidur lagi sampe jam 5! Hore!!

Malem
20.00 Bed time routine
21.00 Mulai ngerengek - rengek
21.45 Tidur! Yeay!! Sempet kebangun jam 3 pagi saya tepok - tepok tidur lagi sampe pagi :)

Day 2// 2 Agustus 2016
Nap 
11.30 Edisi merengek - rengek sambil kasih tatapan memelas ke mami .. HUHUHU
12.10 Akhirnya tidur sampe jam 3 sore! Yeay

Malem 
20.00 Bed time routine
21.00 Seperti malem sebelumnya cuma lebih kalem
21.20 Udah bobo!! Sampe pagi!! Hore hore hore

Day 3// 3 Agustus 2016
Nap
13.20 Naek turun ranjang sambil ngerengek - rengek
14.20 Akhirnya bobo sendiri dan bangun jam 16.30! 2 jam oke lah!!

Malem
21.30 Ritual naek turun ranjang dimulai dan emang agak malem nih hari itu kita tidurnya
21.45 Mendarat di pulau kapuk!!


....

Udah hampir mau sebulan Gide ga nyusu dan maminya kangen nyusuin! Haish!! Sempet minggu lalu rewel pas mau nap pake acara nangis - nangis narikin baju saya, mungkin dia keinget atau kangen nyusu kali ya. Puji Tuhan selama proses penyapihan PD saya juga ga bengkak ataupun panas dingin badannya. Sekali lagi itu berkat ya!! Terus Gide sekarang minum sufor? Umh, engga!! Gide minum fresh milk di cangkir kecil sebelum dia tidur malem. So yeah that's our weaning story ..

rise and shine, #MAMAYUKERO!!

.. and put your falsies on! Oh yeah! HOHOHO ;)


Foto ini diambil hari Sabtu minggu lalu setelah kita makam malam .. And you know what?! Nothing can beat the happiness seeing your child is able to smile again! Not to forget walk about here and there though it make you having some night workout session *poke Aunty Pricil* *grin*

As a mom, "drama" can be our middle name. At least mine! Terutama kalo udah menyangkut urusan anak sakit! Beuh! Sesama #MAMAYUKERO pasti tau banget rasanya, apalagi kalo kita biasa liat si anak yang model kayak belatung nangka gitu terus tiba - tiba jadi lemes dan cuma maunya nempel doank sama kita. Pedih rasanya hati ini, kakaknya! .. and that what happened to Gide last week.

We were having our usual morning routine till I saw him a bit lethargic and touched his forehead. It was hot!! Oh no! I took out the thermometer and it showed 38 degree Celsius which the number I didn't want to see. One word: Fever! This was the second time he got fever since he was born and as most of you know fever and baby are not a good combination as it can lead to seizure. Argh!

I hate you, fever!!

There were all the dramas came in! Ga mau makan, ga mau minum, kolokan, cranky. Wajar sih ya secara badannya lagi ga enak juga kan. Sebagai ibu tentunya saya lakukan apa yang saya bisa lakukan. Put on light clothing, sponge him, made him drink plenty of water walopun diselipin drama ngerengek - rengek, bolak - balik ngecekin suhu badan juga. Kita sempet kasih Gide obat penurun panas juga, Paracetamol. We gave him paracetamol two times on the first day and that's all, because the moment we gave paracetamol the temperature dropped immediately and rose again after a while so we decided to stop giving it to him and let his immune system doing its job by fighting all the viruses or the bacteria. Looking and observing all the symptoms we didn't see the necessity to bring him to the doctor yet though the temperature was around 38.8 - 39

But that's only the tip of the ice of this drama! He?! Yaowoh Gill, ada apa nih?! Jadi di hari kedua Gide sakit, saya ikutan drop! Physically and mentally!! Kombinasi mematikan antara cape dan kasian liat anak sakit, kurang tidur, kesel karena anak sakit, kesel sendiri kenapa saya kesel karena anak sakit, .. Drama yak! Sendirian juga kan di sini as in jauh dari keluarga, belom lagi saya masih lagi datang bulan .. Haish! Pokoknya saya dapet paket super lengkap lah hari itu!!

Akhirnya saya duduk doank loh! Diem!! I felt so defeated! Mager total!! Diem! Meratapi nasib! Fix lebay!!! Drama mama in the making!

Thank God, elingnya cepet! HAHAHA .. Saya kayak bilang ke diri sendiri ga bisa nih kayak gini!! Masa saya kalah sama beginian!! I pulled myself together! Saya bilang ke diri saya dan Gide juga, "Ga bisa gini nih, De!! Ayo lah kita lawan!! Mami and Gide together by the power and grace from God!!!" I have to do something! Masa #MAMAYUKERO cemen begini!! Akhirnya saya ke kamar mandi, cuci muka! Saya setel lagu! Saya doa! Saya joget - joget! I'm claiming that the joy of the Lord is my strength and by His stripes Gide is healed! Oh yeah!!!

Engga! Gide ga langsung sembuh seketika itu juga! But there was this joy and peace that came upon me, a conviction that everything is gonna be alright! So be it!!! Saya masih sibuk terus sodorin aer seharian itu, masih sibuk ngukurin suhu badannya but my heart was light cause I know God will take care of my baby and He won't let me down!!

And after all drama days, anaknya kebangun jam 3 dini hari ngerengek - rengek nunjuk pintu. Saya bawa dia keluar, tawarin aer putih sama biskuit dan hap hap hap! Ludes seketika! Tawarin satu lagi dan hap abis lagi! Abis itu dia sibuk dorong - dorong mobil sama lion walkernya. Oh yeah, my baby is back!!! Saya kasih minum susu langsung mau! Ada yang laper berat nih kayaknya! HOHOHO .. Praise the Lord!!

Anaknya fully recharged, emaknya low batt! Hoamh!! ZzZ .. zZz ..

So yeah, another faith encounter experience and I'm grateful for it. Kalo ada yang bilang saya hebat! Bukan atuh! Bukan saya!! Tuhan yang kasih kekuatan buat #MAMAYUKERO buat tetep eling dan semangat! Hiat!!! I was being reminded again about claiming our victorious life! And I want to walk the talk ..

"Whatever I have, wherever I am, 
I can make it through anything in the One who makes me who I am"
Philippians 4:13 MSG

12 August 2016

#dressingthelildude : THE WHITE PANTS COMPANY


I have this love hate relationship with white pants! Basic reason : it gets dirty easily and make me look fat! But on the other hand it looks so chic, clean, and yet stylish!! That rules don't apply to kiddos. They look cute and good in everything! Most of all. Envy mommy!!

Yes! We paid another visit to SAM @ 8Q with another group of mommies and this time I intentionally to play dress up with my boy. Mami kan juga mau eksis getoh deh! HAHAHA .. #dressingthelittledude and #MAMAYUKERO I guess!!  And you're right white pants were the dress code for that day. And stripes again! HOHOHO ..

It's fun to have mommy and son OOTD moments! More to come! Ahay!!!! *wink* 


Can you spot little Joey at the last picture?! Her mom was the one who responsible taking all this great shots! Ahay! The perks of having photographer friend I guess! You can find her portfolio under MC Photography. Nuhun pisan Ci Mei!! :)