5276001

i think i'm about to break my own promise for writing in bahasa. oops!
i have my own reason to write this post in bahasa actually *what an excuse* ;)

it's all starts when a good friend of mine wants to renew her driving license. nowadays, our government has a new service called "layanan sim keliling" for those who want to renew their driving license. so instead of going to official office, we could go and find this special bus that provides this service. this buses are parked in several strategic spots in jakarta. as far as i remember, i often see one of this buses parked in front of gedung pelni near gajah mada plaza. i think there should be no problem finding this big bus, isn't it?

day 01 - wed / 18-03-09
i asked my friend to accompany me to buy some stuffs. she agreed and ask me whether after that we could go to those "mobil sim keliling" and renew her license for it has been expired for ar 3 mths. i said ok. since we went to central jakarta area so i think the nearest "mobil sim keliling" is at gajah mada plaza. we got there around 2 at the noon and we found nothing. no bus. we asked the parking guy aka tukang parkir whether he knew where is the "mobil sim keliling". mengamati sekilas gaya si tukang parkir, langsung menyesuaikan keadaan dengan bertanya secara nyablak dan cempreng

g (gillian)&tp (tukang parkir)
g : mas mas, numpang tanya, tau kaga mobil yg bikin sim keliling di mana?
tp: waduh ga tau mbak, kalo dulu mah emang suka di sini. sekarang udah pindah. coba
dhe ke daerah gunung sari sono, deket kantor polisi situ. kalo ga di gkj sono
juga (gedung kesenian jakarta-red)
g : oh ya ya, makasih ya mas

lanjutttt (hahaha start to wrtite in bahasa now ;D )
fyi : the one who drives my car is my friend whose driving license is expired haha ;pp

kita sampe ke gunung sari depan kantor polisi situ, ga ada juga tuh! nil! coba belokin ke arah pasar baru, ke arah gkj dan nothing there huhuhu. it's about 3 pm and we decided to go home to avoid the famous jakarta's traffic jam. during our way home, we stop once and asked a security guard aka pak satpam. this one looks more neat and clean.

g (gillian) & ps(pak satpam)
g : pak, numpang tanya. tau yang mobil sim keliling itu dimana ga?
ps : ow di depan gajah mada, mbak
g : tadi saya ke sana ga ada, pak
ps : kalo hari laen mungkin pindah, coba dhe ntar hari senen biasa ada di situ
g : ow gitu ya, makasih ya pak

akhirnya pulang ke rumah dengan niat hari senin kita balik ke sana! we'll be back for you mobil sim keliling

day 02 - mon / 23-03-09
8 am in the morning and my mobile phone rang! whoamhhh , so early huh! my friend told me that she's on the way to my house. this time she's driving and again with expired license. i took shower and get ready. before we heading to find that "mobil sim keliling", we went to her campus first to submit her final project. after that we directly go to the same place which is gedung pelni. guess what? nothing nothing nothing. again, we asked the somebody over there. this time an official officer. not a police man, i think he's one of the members of army or something. brown uniform? what it is? a scout maybe? haha

g (gillian) & prtgta(petugas resmi tapi ga tau apa)
g : permisi pak, numpang tanya. kalo yang mobil sim keliling itu dimana ya pak?
prtgta : ow emang dulu di sini, sekarang udah pindah ke kemayoran untuk jakarta
pusat. bisnya biasa ada 2, yang besar untuk perpanjang stnk sama yang kecil
buat perpanjang sim
g : kemayorannya sebelah mana ya,pak?
prtgta : prj situ, mbak. kan ada lapangan yang luas, nah cari di situ aja
g : oh ya, terima kasih ya pak

langsung lanjut lagi donk! biar cepet kelar, biar cepet pulang! panas bok abisnya jakarta!! we're straight heading to kemayoran. sampe di daerah prj, puterin tuh 1 prj, ga ada juga tuh, mau bis yang besar, yang kecil. nol besar! ah! emosi neh sama si pak petugas yang tadi. huh! akhirnya kita lihat lagi ada razia motor deket situ. udah ga pake a - i - u lagi, mobil pinggirin ke kiri pasang sen aja terus giliran si rini yang turun. si gadis pembawa mobil yang tidak ber-sim itu. dia samperin pak polisinya. ga lama balik, masuk mobil sambil komat kamit,

r : lima dua tujuh enem ribu satu .. lima dua tujuh enem ribu satu
katanya di deket kantor pos. tadi nomor yang gw sebut, loe telp! tanya mobilnya
ada dimana
g : berapa rin?
r : lima enem tujuh enem ribu satu
g : 527 pa 567, tadi perasaan loe nyebut 527
r : coba aja dua - dunya
g : enem ribu satunya, 6001 apa 60001
r : ga tau, coba aja.
g : *dialing* ga nyambung neh. btw, ini nomor apaan?
r : tmc
g : tmc apaan?
r : *logat cincha lhaura* traffhic managemhent centrehhh
g : koq loe bisa tau singkatannya
r : tadi gw juga nanya bapaknya pas dia kasih tuh nomor, katanya nih telp tmc. gw
tanya tmc apaan. dia sebutin singkatannya
g : *keep dialing semua nomor" dan akhirnyaaaaaa...* halo, ini tmc? mau tanya mobil
sim keliling untuk jakarta pusat di mana ya? .. ow di gedung pos. okok makasih

semangat kembali berkobar! kita balik lagi ke daerah pasar baru. lewatin gedung pos tapiii kembaliiii kecewa! mana mobilnya? mana bisnya? stop tanya orang, katanya di depan lagi puterin aja jalannya, di sebelah gkj. lanjut lagi. udah puterin tanda" mobil masih blom keliatan juga, .. minggir tanya orang lagi. kali ini menemukan titik terang, itu ada di depan .. dannnn ah! terlihat juga 2 onggok bis itu!!
buru" parkir dan samperin dan ngantriiiiiiiii! aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!

ambil formulir, isi dulu, serahin balik dan katanya sekitar jam 1an baru foto dan langsung jadi simnya. what?! sekarang baru jam 12an. mau pegi beli makan dulu repot, nunggu juga males, tapi akhirnya pilihan jatuh pada opsi ke 2, menunggu. jadi bis ini terparkir persis depan gedung filateli di jalan pos.

nunggu 15 menit pertama duduk anteng, ga tahan mulai berdiri dan akhirnya memutuskan untuk masuk aja ke dalam gedung filateli secara 20 taonan tinggal di jakarta ga tau ini gedung apaan ;p

masuk ke dalam, uh kondisi gedungnya memprihatinkan. saya rasa ini salah satu bangunan tua yang tidak terawat! di dalem gedung itu ada semacam frame" yang memajang beberapa koleksi prangko indonesia, dan di dalamnya banyak terdapat counter" yang menurut dugaan saya sebagai counter bagi para pecinta prangko untuk mendapatkan koleksi prangko" indonesia. menariknya, saat saya melihat" beberapa koleksi prangko yang ada, ternyata pos indonesia pernah mencetak prangko seri "harry potter and the order of phoenix" , wow! ;)

this harry potter's collection like divided into 3 parts as far as i seen, first one is dumbledore's army, then order of phoenix, and the last one is voldemort. isn't cool? hehe ;)) all i can say, maju terus pos indonesia!!!

now let's back to the sim thing!

it's 1 pm now, and we go back to our sit and waiting impatiently. finaly, "ibu atau mbak rini kurniawati" .. *sigh*. my friend going inside and after 5 minutes, tadaaaa! sim a + sim c di tangan!!! ;))

masuk ke mobil, segera meluncuk ke pasar baru! dan perburuan mobil sim keliling ditutup dengan soto mie + 2 botol teh botol!!

kisah moral di sini adalah bagi saudara - saudara yang ingin memperpanjang sim, alangkah lebih baiknya untuk menelpon tmc di 5276001 atau sms ke 1717 dan bertanya dengan seksama dimanakah letak layanan sim keliling berada. yang keduaaaaaa, berangkat pagi" aja! jam 8 udah nangkring ternyata mobilnya!!! ;))

Comments