"lean on me", He said

may 2008
singapore, here i come! modal pede tingkat tinggi dan optimisme yang ga kalah tinggi, gw melancong ke negeri singa dengan tujuan kerja dan punya short distance relationship! ibarat pepatah mengatakan, malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih, .. setelah ampir 3 bulan gw di sana, kirim cv kemana - mana, cari koneksi ini itu, gw akhirnya harus balik jakarta juga. gw ngerasa down banget. gw ngerasa apa segitu ga qualifiednya gw ya buat kerja di singapore. tapi balik lagi gw udah janji ke diri gw kalo gw mau belajar untuk jalanin yang namanya proses. gw bersyukur banget selama ampir 3 bulan itu, gw ketemu banyak temen - temen baru yang baik banget. they treated me like their own family :) terharu banget sama support yang mereka kasih, sama doa" mereka. buat albert+meili yang merelakan rumahnya buat gw inepin, makasih yaaaa ;) sedih waktu itu musti balik lagi ke jakarta, tapi gw percaya kalo emang Tuhan mau gw di singapore somehow Dia pasti buka jalan .. dan pulanglah diriku ke tanah air.


may 2009
it's been a year, dan selama setaon itu, gw masih tetep apply kerjaan di singapore. dari internet, dari jobstreet, jobsdb, dari iklan - iklan di koran yang remon bacaain. pokoknya hajar bleh! apply terus!! ganbatte! selama setaon itu juga, gw belajar yang namanya sabar dan berserah. emang kalo ngomong doank sih gampang tapi jalaninnnyaaa susah!!! udah dari nangis sampe kering, dari semangat sampe males kirim cv. satu hal lagi yang gw belajar, Tuhan ga pernah ngebiarin gw putus harapan. di saat - saat gw bener" hopeless, ada aja sesuatu yang bisa bikin gw semangat lagi. tiba" ada yang telpon dari singapore lha buat interview walopun sampe detik ini gw ga pernah interview sama itu orang , haha .. ntar ada yang bales email lha bilang gw pr ato bukan. hal - hal kecil yang menurut gw itu bikin gw tetep berpengharapan :)
gw bolak balik singapore juga buat ketemu remon, tiap pulang dari sana selalu bawa koran haha, yang ga laen dan ga bukan buat cari kerjaan tapi ya tetep aja belom ada panggilan. bulan ini juga akhirnya gw mulai kerja jadi guru. and i enjoy it! and i know my calling, it's teaching :)

may 2010
my s-pass is approved!! can you imagine? setelah 2 taon, setelah ratusan email yang gw kirim, Tuhan jawab doa gw!! doa gw ma remon!! 2 taon gw diajar buat ngandelin Tuhan. 2 taon gw diajarin buat percaya pake hati dan nyerahin semua ke Tuhan. 2 taon gw diajarin kalo emang waktu Tuhan itu waktu yang terbaik. all i can say, it's only by God's grace :)

gw sendiri udah lupa kapan gw apply di perusahaan ini. tiba" gw dapet email yang subjectnya interview. klik! gw buka dan mereka bilang kapan gw bisa ke singapore buat interview! gila man, gw girang setengah mati!! aaaaaaaaaaaa .. and you know what, waktu itu emang gw rencana mo ke singapore juga, .. jadi buru" gw reply emailnya kasih tau klo gw bakal terbang tanggal segini dan tanya hari apa mereka bisa ketemu gw. setelah itu ga ada balesan. sampe gw sempet hopeless, akhirnya pas sampe di sg, gw emailin lagi dan kali ini gw dapet balesan. akhirnya gw interview juga! yeay!!! the interview session went well. mereka tanya gw kerja bagian apa, udah berapa lama, ada diploma in early childhood ga, kapan bisa mulai kerja, kenapa nyari kerja di sg, dan surprisingly ga ada bla bli blu, mereka bilang ya udah berarti loe musti sekolah lagi, ntar kita biayain. alamak!!!! dalem hati gw udah jejeritan!! aaaaaaaaaaaaaaa ...
kelar interview, mereka bilang bakal ngabarin secepetnya. yaudin donk, pulang dengan semangat yang membara!!

balik indo lagi, sekitar 2 mingguan, mereka belom kasih kabar juga. ya udah sabar dulu ajaaa, masuk ampir sebulan akhirnya remon suruh gw telfon langsung. yaudah gw telfon langsung dan orang yang di sg blg kalo mereka udah ngabarin tapi gw ga kasih feedback apa". gw bingung donk, secara gw ga pernah terima apa". akhirnya dia suruh gw telp satu orang lagi, katanya dia itu HR nya lha. telpon lha gw bilang kalo gw gillian yang waktu itu interview bla bli blu, tanya gimana hasilnya. loe tau gaaa? dia bilang, dia udah 4x emailin gw tapi ga ada respon, jadi mereka pikir gw ga mau kerjaannya. terus gw blg, gw ga pernah dapet email apa", .. and she asked my email address, ternyataaaa dia salah ketik alamat email gw. my email supposed to be at yahoo.com, tapi dia tulis yahoo.com.sg ... oh my oh my!!! because of that dot sg , ..
singkat cerita, dia bilang gw diterima! HOORAAAAAYYY!! dan mereka mau applyin s pass buat gw!! ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh, gila!!! shenang bhukhan khephalang!! ah ah ah!!! gw kirim dokumen yang mereka minta, and within 3 days mereka kasih tau my s pass is rejected! pas tau berita itu, hati gw sedih banget!! tapi gw+remon janji apapun yang terjadi kita mo belajar buat mengucap syukur dan percaya kalo Tuhan pasti kasih yang terbaik. perusahaan bilang kalo mereka mau coba appealin lagi s pass gw. sabar menanti lha diriku ini, .. sebenernya antara sabar dan ga sabar. kepikiran mulu!! tapi sekali lagi gw diajarin buat berserah. sampe akhirnya minggu lalu setelah sebulan, gw memberanikan diri kirim email ke orangnya buat tanya nasib s - pass gw , dan orangnya bilang klo mom bakal kabarin mereka hari ini dan mereka bakal kasih tau gw. malem itu gw cuma bisa doa doank. nothing more i can do.

pagi" gw ngajar kayak biasa, pas lunch time, gw langsung ke office buat buka email. di sana cuma ada 1 inbox dengan subject s pass. klik! i opened it. yang gw tau selanjutnya gw cuma bisa teriak kesenengan, nangis terharu dan ga berenti bilang makasih sama Tuhan. sampe detik ini pas gw ngetik ini pun, hati gw masih berasa terharu.

2 taon lalu gw nangis karena sedih, tapi hari ini gw nangis karena bahagia. gw ngerti kenapa Tuhan ga kasih gw kerjaan dari dulu. Dia mau gw belajar buat percaya bener" kalo waktu dan rencanaNya indah. Dia mau gw punya pengalaman kerja dulu sebagai guru sebelom Dia kasih kerjaan ini ke gw. Dia mau gw belajar buat mengucap syukur dalam segala hal. Dia mau gw belajar buat mengaminkan semua firmanNya. Dia mau gw bertumbuh! Dia mau proses gw! Dia mau gw belajar setia. Dia mau gw + remon bener" menghargai hubungan kita. intinya Dia mau kasih yang terbaik buat gw! and i couldn't agree more with Him! to God be the glory!!!!

it's been my favorite script, tapi ini cuma bakal jadi sekedar ayat doank kalo gw ga pernah lewatin ini semua ..

"trust in the Lord with all your heart and lean not on your own understanding"
proverbs 3:5



Comments

  1. gill..this story has been a great blessing for me :) thnk u for putting this :) dah tunangan jarak dekat deh yah..hahahaha..so jealous lo bisa at the same city wit el n bombie..

    ReplyDelete
  2. to God be the glory, lo :)
    iya neh , bener" timingnya Tuhan yang terbaik. gw ga pernah kepikir bakal jadi kayak gini :)
    iyaiya, ayo maen" ke sg , lo :))

    ReplyDelete

Post a Comment