who do you think you are ?!!

"penghianat bangsa!!!"
"perusak moral!!"
"moral bejat!!!"

.. teriakan" itu ditujukan buat mereka. itu pun cuma sedikit yang gw denger pas gw ntn siaran tv kemaren. gw yakin masih banyak cacian dan teriakan yang dilontarkan. siapa mereka? segitu marahnya sama mereka? mereka salah apa? gw cuma bisa geleng" kepala. komentar juga cuma jadi sebatas komentar, paling banter yang nimpalin orang rumah. mo protes ga tau mo protes apa. mo ngebela juga ga tau musti gimana. at the end, gw cuma bisa bilang, kita semua sama di mata Tuhan. pernyataan yang klise tapi cuma itu yang bisa kuar dari mulut gw.

bukan kapasitas gw buat ngejudge mereka. bukan hak gw buat nentuin jalan idup mereka. bukan wewenang gw buat bilang ke mana mereka nantinya setelah meninggal. ini udah bukan bagian gw. ini kedaulatan Tuhan.

gw bukan sosiolog. bukan ahli segala"nya. i write what i feel. dan gw gerah banget liat orang - orang yang seenaknya merasa diri mereka bener, terus seenaknya "ngatur" hidup orang lain! gila kali ya!! seenak jidat kasih label ke seseorang karena mereka ga sama kayak loe. mereka juga manusia, sama kayak kita. mereka punya hak asasi. mereka punya perasaan. they have their own struggles, and i believe it might be more difficult than ours. udah cukup juga mereka jadi bulan - bulanan masyarakat. intinya mereka bagian dari kita, sama" dibentuk dari debu tanah.punya hati. punya perasaan.

satu sisi gw marah, satu sisi gw sedih. gw sedih ngeliat nasib bangsa ini. mana indonesia yang punya berlandaskan pancasila? mana semboyan bhinneka tunggal ika? mana asas kekeluargaan? di mana bukti yang menunjukkan kalo kita ini bangsa yang besar? bangsa yang rukun?

siaran tv itu menayangkan saat sebuah organisasi masyarakat datang dengan amarah dan mengobrak - abrik sebuah kontes kecantikan. diberitakan kalo massa mengamuk sambil meneriakkan cacian - cacian, sambil merusak properti yang ada, dan tindakan anarkis pun pasti tak terelakan. kenapa? karena semua finalis kontes kecantikan itu adalah waria.

menurut hasil googling dari wikipedia ...
Waria (portmanteau dari Wanita-pria) atau wadam (dari hawa-adam) adalah laki-laki yang lebih suka berperan sebagai perempuan dalam kehidupannya sehari-hari. Keberadaan waria telah tercatat lama dalam sejarah dan memiliki posisi yang berbeda-beda dalam setiap masyarakat. Walaupun dapat terkait dengan kondisi fisik seseorang, gejala waria adalah bagian dari aspek sosial transgenderisme. Seorang laki-laki memilih menjadi waria dapat terkait dengan keadaan biologisnya (hermafroditisme), orientasi seksual (homoseksualitas), maupun akibat pengondisian lingkungan pergaulan.

menurut gw, waria itu manusia biasa sama kayak loe dan gw. titik. terlepas dari apa pandangan agama ini dan itu, ato apapun juga. they're just human being.
gw tanya, apa seorang waria yang tiap hari cari duit kerja di salon itu dosa?
apa seorang waria yang kerjanya ngamen dari rumah ke rumah itu dosa?
gw bilang dosa kalo dia kerjanya ngelacur. sorry for the word tapi ya menurut gw itu. and like i said before, bukan kapasitas gw untuk nentuin apa status, kerjaan, dan kehidupan yang mereka jalanin itu bikin mereka masuk surga ato neraka.

jangan ganggu banci!!

Comments