boleh kenalan?

"tak kenal maka tak sayang", peribahasa yang tingkat kepopulerannya melebihi dewi persik ini emang bener. seringkali kita ngecap orang begini begitu berdasarkan penampilan luarnya ato ga dari kata orang, padahal aslinya belom tentu begitu. sering banget kita langsung kasih label ke seseorang berdasarkan pertemuan singkat kitaaa, ya balik lagiii kita cuma liat luarnya. kalo pake peribahasa bahasa inggris, "don't judge the book by its cover", .. tappiiiiii mo gimana yaaa, secara yang kita liat emang luarnya doank, lha kan kita bukan Tuhan yang bisa liat hati seseorang secara mendalam ..

ada satu temen gw yang waktu pertama ketemu mukanya jutek bener serasa pengen digampar *ngelirik ke memeh*, gw senyum dibales pake senyum formal basa basi, terus pas akhirnya gw tau ternyata dia temennya temen gw, ya gw nanya - nanya donk biar mencairkan suasana, tetep lho jutek! emosi bener rasanyaa!tapiiii setelah kenal tetep pengen gw gampar mukanya! hahaha ;D emang tipe mukanya dia muka jutek, tapiii hatinya sebenernya baeee cenderung ke arah cengeng hahaha :) beneran si memeh mah baeee bener pas udah kenal, ga cuma sekedar jadi temen, tapi udah jadi sahabat, .. dia juga yang bantuin kawinan gw kemaren! balik lagi kesan pertamanya itu lhoooo..

banyak banget orang yang gw temuin yang udah gw cap A duluan ternyata dia B, .. dan sebaliknya. belom lagiii ditambah kadang ada kabar burung mengenai orang itu yang bikin kita jadi ga objektif lagiiii .. gw lagi belajar nih buat ga ngelabelin orang berdasarkan apa yang gw liat mentah - mentah, tapi belajar kenal dulu orangnyaaaa, .. kalo cocok ya temenannn, .. ga cocok ya udahhh asal kenal ajaa :)

gw ga mo bikin idup gw ribet! haha .. semua orang terlepas tuh orang gimana aslinya, di "buku" gw, semunya kertasnya masih putih. nahhh ntar sambil mengenal lebih jauh baru dhe gw coret - coret tuh "buku" gw, .. mungkin pake tinta item, mungkin biru, ijo, kuning, merahhh .. ato mungkin gw robek bukunya hahaha :D

gw termasuk orang yang ga pinter buat "ngebaca" orang, kalo kata remon, aku naif! yaaa gimanaaa udah bawannya dari sana. kan ada tuh orang - orang yang pinter buat "ngebaca" orang, nah gw mah kaga! gw tipe orang yang biasa gw telen mentah - mentah kesan pertamanya. makanya dari itu, gw juga belajar buat lebih aware! buat lebihhhh peka .. tetep semua orang dapet "kertas putih" dari gw tapiii dengan catatan lebih eling! bukan eling sih bahasnya, lebih waspada .. haha terlalu mendramatisir kalo pake kata waspada juga, pokoknya begitulah, intinya ga telen mentah - mentah apa yang gw liat di depan mata ..

tapi benerannn lho, kadang mah niat kita baeee, eh orangnya yang ga niat baeeee, tapi balik lagiii biar semua Tuhan yang liat aja lhaaaaaaaa .. ngelanjutin peribahasa "tak kenal maka tak sayang", itu juga berlaku buat mertua gw. dulu gw selalu ngebanding - bandingin nyokap gw sama nyokap si abang. nyokap gw begini, mertua gw begitu .. tapi seiring berjalannya waktu gw belajar kalo itu ga adil, ga adil buat mertua gw lhaaa. ya iya lha, kita ketemu aja jarang koq bisa - bisanya gw langsung ngebanding - bandingin. terusss gw belajar ga boleh ngebandingin emak gw sama mertua gw, ya secara itu dua orang yang beda, pasti beda karakter, kepribadian, semua beda. ibaratnya ngebandingin apel sama jeruk, ya jelas bedaaaa. terus gw juga banyak denger cerita dari si abang soal nyokapnya. gw juga membuka diri gw buat ngobrol, spend lebih banyak waktu dan akhirnya dari situ gw ngeliat kalo mertua gw itu salah satu wanita hebat yang ada di muka bumi ini. gw manggilnya mami yanti.

dari cara si mami nerima gw jadi mantunya, manjain gw, treat gw, bikin gw makin percaya kalo peribahasa "tak kenal maka tak sayang" itu beneran. dulu gw pernah salah menilai si mami tapi setelah gw kenal, gw jadi sayang. kemaren ini sempet mertua gw dateng berkunjung, selama kurang lebih seminggu, gw banyak belajar buat kenal mami mertua gw lebih jauh, dan itu bikin gw sadar kalo emang kita tuh jadi orang ga boleh seenak jidat bikin asumsi tentang orang laen, belajar kenal dulu baru boleh cuap - cuap.

tiba - tiba kepikiran, kalo ada peribahasa "tak kenal maka tak sayang", gw rasa boleh juga ada peribahasa "karena kenal jadi tak sayang" :)

Comments