Curhatan Guru TK

kata orang,"ih enak ya jadi guru tk geto, pasti anaknya lucu-lucu"
kata gw, iya enak kalo satu, coba rasain punya 9 dan semuanya ga bisa diem kayak ulet keket. pengen tau masih bisa bilang lucu ato engga ...

kata orang," jadi guru tk pasti awet muda yaaaa"
kata gw, emberrr awet muda kalo anaknya lagi manis-manis, cuma kalo lagi bertingkah semua ini urat gw udah pada mengkerut dan gw cuma bisa ngurut dada bilang, "sabar gillian .. inget anak orang!" HAHA

kata orang,"kalo jadi guru geto kerjanya cuma nyanyi-nyayi doak yaaa"
kata gw, coba aja loe nyanyi seharian kalo ga dower tuh bibir HAHAHA .. ya kaga lha bok! gw itu paket lengkap di sini, nyanyi iya, ngajarin ngitung, ngajarin warna, ngajarin phonics, ngajarin baca, ngajarin makan sendiri, ngajarin mandi sendiri, ngajarin cara pegang gunting yang bener, ngajarin gimana tuh kurcaci - kurcaci musti belajar bilang thank you, excuse me, and please! .. kadang gw selipin ngajar bahasa indo! hehe ;)

kata orang,"gimana sih ngajarini anak tk geto, susah yaaa"
kata gw, ngajarnya pake mulut! pengen ditabok ga sih denger jawabannya .. tapi bener kan masa ngajarnya pake papan billboard ... pake mulut ditambah hati yang lapang :) bottom line, monkey see monkey do, children see children do. jadi apa yang mau kita ajarin ke anak murid ya kita lakuin duluan ntar lama-lama otomatis pada ngikut dhe. ga usah jauh - jauh ngajarin yang jelimet yaa, gw kadang kalo kesel tuh suka ngomong gini, "upset with celeste" .. loe tau ga sih celesete pulang ke rumah terus ngomong ke omanya, "upset with ama!" hadooh .. hadooh ... tingga gw ya cengengesan pas emaknya nanyaaaa :)

kata orang,"anak tk emang bisa apa sih?"
kata gw, bisa macem-macem. beneran lho! mereka tuh capable to do a lot of things beyond your imagination dan kadang bisa bikin loe amazed, marah, dan ketawa di saat yang bersamaan. ada satu kurcaci gw namanya laren dia demen banget maen drum karena di rumahnya ada maenan drum set. loe tau apa yang terjadi sama semua block containers di kelas, dia tumpahin isinya, dia balik terus dia mulai beraksi. sebelomnya dia belaga pegang microphone pake blog terus bilang, "are you ready?!!" terus abis itu dia sibuk dung dung tak tak dung dung tak tak. ampun dhe!!

belom lagi si anak jepun, yusui namanya. belakangan dia suka belaga jadi kereta api, jadi tuh kelas diputerin setengah jaman ada kali sambil sibuk ber-choo choo!!! dia brenti juga gara-gara gw liatin, pusing pala gw liatnyaaaaaa ... dan itu hanya segelintir. kata segelintir ini berarti ibarat gula satu toples nah ini cuma beberapa butir doank! kebayang donk gimana tuh kurcaci - kurcaci itu tiap harinya. belom pake yang acara ngotot-ngototan kayak gw sama swee ching.

kata orang,"gw bingung kalo ntar ngomong sama anak gw pake bahasa apa ya"
kata gw,  terserah situ, mau pake bahasa indonesia, bahasa tubuh, atau bahasa tarzan juga boleh kan anaknya situ hihihihi .. let me give you one amazing fact about baby. up to 1 year old mereka itu channel bahasanya tuh kosong jadi mereka bakal terima bahasa apa aja yang terexposed sama mereka and they have amazing language ability. jadi ga usah bingung atau takut anak loe bakal ga bisa ngomong inggris ato indo ato apa lha. they will pick up those languages by themselves cuma ya namanya juga anak kecil kasih waktu aja buat mereka proses. lha kita aja kadang suka keder. tapi percayalah sekali lagi mereka sangat amat mampu. kayak swee ching, ngomong sama gw pake inggris tapi kalo ngomong sama emak bapaknya pake mandarin. yusui ke gw inggris, ke emak bapaknya jepang, ke laoshi bisa mandarin juga. oh ya, dulu ada murid gw di indo lebih canggih lagi. ke gw inggris, ke laoshi mandarin, ke emaknya jerman, ke susternya indo!! kalo gw ke murid inggris, ke suami pake bahasa tubuh!! HAHAHA :) jadi kalo loe tinggal di luar negeri gw sarankan lebih baik pake bahasa indo aja karena mereka bakal keexposed sama bahasa inggris atau sama bahasa laennya kayak mandarin dengan sendirinya dan mereka bisa pick up koq :)

kata orang, "guru tk enak ga ada kerjaan adminnya"
kata gw, sapa yang ngomong geto? selaen bercuap-cuap, gw harus bikin lesson plan dan evaluation setiap minggunya. belom ditambah setiap bulan gw harus bikin yang namanya kids bulletin yang isinya laporan bulanan ke orang tua ngapain aja kita sebulan. terus ada yang namanya documentation jadi kegiatan yang kita lakukan tuh kita poto-poto terus kita dikasih write up, dipajang di kelas dan perlu diganti secara berkala. belom cukup? masih ada yang namanya child observation dan laennya :) jadi salah besar kalo dibilang guru tk maennannya cuma gunting sama lem.

kata orang, "guru tk bahagia"
gw kata, iya gw bahagia. ralat!! setelah gw pikir ulang, gw diantaranya hahaha .. bahagia kalo muridnya lagi pada eling, menderita kalo muridnya lagi keblinger semua. semua ada plus minusnya tiap kerjaan. doakan saja kesabaran gw bertambah setiap harinya karena ngangon anak bebek butuh kesabaran extra!! .. dan mungkin ga selamanya gw jadi guru tk, .. gw mau punya sekolahan sendiri! amin! sebelah sekolahan ada restoran bakmi! amin lagi!!! kalo kata slank ini i miss you but i hate you, jadi gw sayang cuma kadang pengen gw masukkin ke kardus tuh anak-anak bebek hehehe ...

Comments

  1. sibuk banget ya.. i cannot imagine dech repotnya haha.. i understand how u feel.. gw dah perna merasakan setengah hari di cc accompanying alice haha.. glad ur happy haha.. berarti cocok lah jobnya buat u hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lebih bahagia kalo tiap bulan gaji gw naek tterus lid hahahaha :) #ngayal aja loe gill!

      Delete
  2. hats off to guru tk!
    gue ngadepin satu di rumah aja suka pengen garuk-garuk tembok.. ga kebayang ngadepin kurcaci2 satu kelas yang sibuk uget-uget ga bisa diem.. haha!

    bottom line, you're happy with what you're doing.. that's what counts :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih!! ;)
      emang temboknya tebuat dari apa yaa koq bisa digaruk2 hahahaha ... plak! ditampar!! btw, nama loe siapaaa sih hihihihi .. masa gw manggilnya pi :)

      Delete
    2. temboknya dari bata dilapis coklat ditopping marshmallow.. hahaha *dibahas*

      nama asli novyta, tapi lebih suka ga taro nama asli di blog :p

      Delete
    3. saya pesen satu mbak temboknya!! #tetep dilanjutin dibahas hahaha

      nahhh kan lebih enakkkk kalo tau nama!! helo nov :) hihihi

      Delete
  3. nice post, gil... =)
    btw, klo anak2nya dah mau naek kelas, sedih kaga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi makasih :)
      kalo naek kelas ga sedih, yang sedih kalo pindah sekolah .. kalo naek kelas kan masih keliatan jadi bisa maen ke kelas tetangga ..

      Delete
  4. Ahh aku mau jadi guru Tk!! Sangat mau! :D kayaknya lucu, geregetin dan challenging :) wonderful world of kids :)

    ReplyDelete

Post a Comment