Cappadocia Amboy!!

yuk mari yuk kita abisin cerita jalan - jalan kemaren ;)

Cappadocia ini tuh bisa disamakan dengan kampungnya si flinstone lha karena mostly kalo kita nengok ke kanan dan ke kiri bukan pohon cemara yang kita liat tapi batu, dan bukan sembarang batu .. kalo pake bahasa gw batu cantik!! hahaha  :D


it took around 1 hour flight from Istanbul to Cappadocia dan jeng jeng jeng pas sampe sana airportnya cuma sepetak doank hihihi, dan letaknya lumayan pinggiran. kita book tukang travel buat airport transport, harganya TL 17 sekali jalan, bolak balik jadi ya TL 34/pax

we stayed at Goreme area there, .. kalo di Istanbul kita tinggal di neighbourhood hotel, kalo di sini kita tinggal di hotel batu! when I say hotel batu  it's literally batu!! kalo ke Cappadocia harus kudu musti tinggal di hotel batu, itu ciri khasnyaaa .. pas gw google - google sebelom pegi, gw udah jatuh cinta duluan sama si Cappadocia dan sampe sana gw jatuh cinta beneran!!! berhubung kemaren kita pegi pas summer jadi ya mataharinya mejeng lumayan kenceng .. toleransi gw buat panas cukup tinggi tapi beneran Cappadocia itu puanasss .. minum aer mulu takut dehidrasi gw hehehe ..

we stayed at Koza Cave Hotel and super duper highly recommended!!! it's a family business jadi loe bakal ketemu the whole Dural family and they are very nice people. mungkin kebiasaan tinggal di sini  yang serba cepet dan mau rush ini itu, kanchiong sendiri .. sampe sana itu pacenya lambat sampe mereka sendiri bilang ke kita, "relax guys, .. you're on holiday!!" hehehe .. bayangin aja kita nyampe di sana sekitar jam 11an dan sampe sana kita udah mau check in donk, mereka dengan nyantainya suruh kita taro koper dulu dan disuruh sarapan!! kita sempet bingung geto karena kan udah lewat jam makan pagi .. dan dengan nyantainya lagi mereka bilang, "nyantai ajaaaaa, makan aja dulu .. ga perlu rush ini itu lha, .. ayo ayo makan sana" ... Halleluyah!! ;)

dining area

our bedroom! batunya dingin, cuy! ;)

the bathroom

kelar late breakfast, nyantai - nyantai bentar sambil nanya - nan sama si Samed tempat kita mau makan siang .. yeah I know, padahal baru dikasih makan .. dan ternyata tempat makan yang mau kita pergiin itu punya sodaranya dia donk! dan si Samed bilang, "ntar gw anterin pake mobil kesananya" .. wohooo sapa yang nolak ... and our first stop in Goreme is Safak!! gw sama abang ga pake malu - malu pesen 1 main course sendiri - sendiri, yang laen cuma mau dessert aja karena berasa masih kenyang tadi sarapan dan ampun DJ makanannya uenyaaaak!!! ga nyesel!! hahaha .. they also offer cooking class .. how I wish gw bias ikutan tapi apa daya cuma dua hari di sana huhuhu .. btw, Safak ini ranking 3 di daftar makanan versi tripadvisor ;)


our glorious lunch ;) 
from there we continued our journey to Goreme Open Air Museum which one of Unesco's World Heritage. pas nanya orang di Safak, mereka bilang ga jauh koq, paling sekitar 15 menit jalan .. nah!! 15 menit itu ga dijabarkan kalo kita musti jalan nanjak dan sekali lagi puanas!!! dan 15 menit itu dengan kecepatan orang setempat, lah kita yang ada engap!!! gw ga lebay tapi panasnya itu nyengat di kulit .. bedanya kalo pake tour sama jalan sendiri ya geto, kalo pake tour jeng jeng pake bus nyampe, kalo kita ya jalan kaki hihihi ;)

Goreme Open Air Museum itu basically pegunungan batu - batuan juga dimana dulu itu ternyata jadi tempat persembunyian orang - orang Kristen jaman dulu. you'll find lots of rock churches with paintings on the wall inside there .. it's really beautiful up there :)




dari Goreme Open Air Museum kita sempet balik dulu ke hotel, yang berarti another uphill .. eaaaa .. tidur bentar karena sorenya kita mau maen ATV sekalian sunsetan ... tsah! karena kita amatiran jadi kita pake system tour guide. tour guide di sini maksudnya bocah - bocah goreme bakal naek motor dan kita ngikutin di belakangnya buat ngiterin Rose Valley. ini pengalaman pertama gw naek ATV, dan sakses ngadat di tengah jalan hahaha .. overall, seruuuuuuuuuuuuuu!!! ;)

mejeng dulu sebelom berangkat ;)

jenita in action ;)




kita sempet stop di beberapa tempat karena mesin si ATV gampang panas menurut teori gw .. dan sepanjang mata memandang ya batu - batu cantik! gognya itu kita nanjak ke salah satu batunya buat ngeliat sunset ;)

itu gw yang lagi gentian nyetir!! bangga pol!! haha

another batu cantik :)

ciwik - ciwik ;)

pejantan tanggguh

.. dan tau donk! ga laen ga bukan kita poto berbagai macam gayaaa .. dari pake kamera, pake handphone, semua lengkap!! hihihi ... it was such a beautiful sunset and I praise God for His mighty wonders ;) kelar ATV-an saatnya kita berburu makanan lagi dan kali ini inceran kita adalah Topdeck Cave Restaurant. Si Topdeck itu ranking 1 kalo kata tripadvisor dan harus booking buat makan di sana .. setelah sempet nyasar karena salah masuk gang dan tanya orang akhirnya kita sampe juga di sana dan tempatnya lebih cenderung imut - imut dan agak panas menurut gw ..

istimewanya dari resto ini dia ada menu ayam, beef, sama lamb yang tiap hari ganti - ganti cara masaknya tergantung mood chefnya .. jadi you never know what you're going to get dan kita rombongan sirkus pesen setiap jenis satu buat dishare hehe .. terus jangan lupa buat pesen borek juga kalo di sini .. itu gabungan lumpia dan risoles! dan sekali lagi cacing di perut gw bener - bener pesta pora selama di sini .. gilaaa!!! maknyus semaknyusnya! enak gila ini semua masakannyaaaa ...

another glorious dinner! yeah baby!
did I tell you akhirnya kita sempet nambah hehehehe :)

borek enyak :)

pules bener tidur gw malem itu .. dan ngeliat poto si borek bikin cacing di perut gw jumping jack nih sekarang hahahaha :)

we went to the underground city on our second day in Cappadocia .. sempet dilemma tuh antara mau ke Kaymakli Underground City atau Derinkuyu Underground City .. akhirnya kita pilih ke Kaymakli Underground City karena lebih deket secara hari itu kita bakal balik ke Singapore sorenya. from Goreme Centre kita naek bis ke Kayseri terus lanjut lagi ke Kaymakli ..

gw takjub lho sama si underground city .. so it's literally itu sebuah kota di bawah tanah dimana itu dulunya juga jadi tempat persembunyian orang - orang Kristen jaman dulu yang dikejar - kejar. you can hire tour guide buat ngejelasin detail si underground city ini tapi kita males dan kebetulan rombongan di depan kita pake tour guide jadi kita curi - curi denger hihihihi ;)

sekedar tips aja, try to be there early in the morning atau sekalian around lunch time to avoid the big tour buses karena eh karena bakal jadi sumpek banget! pas kita sampe sana lumayan rame karena ada rombongan tour jadi kita akhirnya muter - muter dulu liat - liat sambil nunggu sepian. begitu sepi langsung kita hajar! ga perlu takut nyasar karena ada panah - panah penunjuk arah .. you just need to follow the arrow and you'll be just fine. bentuk dalemnya kayak lorong - lorong geto, ada yang pendek sampe kita musti jongkok, ada yang kita bisa berdiri .. seru lha! it's such a different experience ...







sebenernya tadinya si Jenita sama Amel mau cobain naek hot air balloon karena ini juga salah satu hal wajib kalo ke sini cuma karena cuaca ga memungkinkan jadinya mereka ga jadi naek .. puk puk Amel sama Jenita .. gw liat poto temen gw yang naek hot air balloon sih amboy abisss!!!!

kelar explore underground city kita balik ke Goreme dan mengakhiri perjalanan kita dengan glorious lunch di Cappadocian Cuisine yang ternyata masuk ke ranking 2 di tripadvisor .. jadi lengkap dari ranking 1 - 3 kita cobain semua dan semuanya tidak mengecewakan!!! happy tummy!!

Chicken Casserole

Meatball Casserole

Pottery kebab

Manti - Turkish pasta

kelar makan balik ke hotel terus nunggu jemputan buat balik ke Istanbul then to Singapore ... so this is it!!! it was such a mesmerizing summer!!! I thank God for this opportunity!! I thank God for His goodness!!! and thanks to you Raimond for being such a great traveling partner again!! high five!!! can't wait for our next adventure ... and thanks to Bombie, Jenita, and Amel for being a wonderful companion during this trip! *group hug* ;)

teşekkür ederim, Turkiye!!!!

Comments

  1. lucu banget gua2nya ya... dipikir2 gimana bikinnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipikirin, man .. mending dinikmati ajaaaa ;)

      Delete
    2. Huwahaha, kenapa jangan dipikirin Gil? Otak lo overload nya cepet ya? XD
      You're on holiday Gil, jangan kanchiong makanyaaaa

      Delete
    3. iya mbak may! suka kebawa pacenya singapurrr hahahaha ..

      Delete
  2. wah.. cantik2 bener ya batunya.. *mata berbinar-binar sambil topang dagu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa cantik benerrr ... gw yakin dengan kemampuan poto loe, pasti instagramnya bakal yahud banget ;)

      Delete
  3. Mantap deh nyobain 1-3 nya... Enak-enakk bangett itu makanannya *nampung iler*...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget, py!! banget banget banget!!!!! *kasih ember*

      Delete
  4. batunya bagus, flinstones lol!
    seru banget naek ATVnya, en waw.. makanan di sono enak-enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran ada lho toko yang namanya flinstones :)
      iyaaa lid, di sana mah langsung menggendut gw ;)

      Delete

Post a Comment