#hatikuuntukmu

"yaaaa .. dia malah nangis"
"sedih tau!!!"
"sini - sini pelok dulu"
"hati aku miris, rai liatnyaaa ... hah! kalo udah nyangkut Indonesia, hati aku sedih. udah sedih terus berasa dilema juga ... I mean I feel that I'm so selfish .. yang aku pikirin tuh suka ga jauh - jauh dari tas baru lha, baju baru lha .. sepatu lha! kayak ga penting, sementara kalo inget anak - anak di indo banyak yang ga bisa sekolah. but on the other hand aku ngerasa aku berhak juga nikmatin gaji aku. aku udah kerja keras and I have the right to enjoy it. ga tau lha, bebi!! aku orang indo tapi koq ya sekarang ga mau balik ke indo. kadang aku berasa kayak penghianat, tapi aku sayang indo. I want to do something buat indo tapi ga tau juga musti ngapain. kadang berasa useless juga .. sisi aku yang laen bilang kalo aku tinggal di indo lebih ga bisa buat apa - apa lagi. I really don't know .."
"udah donk jangan sedih, gee. well, you can start praying for Indonesia everyday dan kita juga udah lakuin bagian kita .. mungkin kecil tapi kita udah mulai. anak - anak di batam yang kita sekolahin, .. kita fokus dulu sama itu"
"ya I know but somehow I want to do something bigger"
"aku tanya kamu dhe, kalo kamu di indo sekarang, kamu mau ngapain?"
"ya ga tau juga! haish!!!"
"bersyukur aja kita ada di sini sekarang dan kayak aku bilang tadi, kita lakuin bagian kita dari sini. pelan - pelan tapi komitmen"

...

alesan gw jadi guru salah satunya adalah supaya suatu hari nanti gw bisa ngebantu pendidikan di indo, tapi sekarang yang ada gw jadi guru di negeri orang. sigh! mungkin ini sisi nasionalisme gw, .. tapi ya kayak tadi gw juga bilang, gw bersyukur gw ada di sini. gila! ini galau tingkat tinggi, cuy!!

tiap orang punya persepsi beda - beda kali yaaa, ada pro and kons soal tinggal di luar negeri .. gw pernah baca satu artikel yang ngebahas tentang orang - orang indo yang ga mau balik ke indo lagi setelah sekolah atau kerja di luar negeri. ada orang yang bilang mereka, atau tepatnya kita karena gw masuk dalam grup itu sekarang dibilang ga nasionalis, ga berbakti kepada bangsa dan negara. pendapat oposisi bilang kalo balik lagi itu pilihan tiap individu. ada yang coba balik ke indo tapi di negeri sendiri ga dihargai yang akhirnya membuat mereka pergi lagi ke luar negeri. gw pernah cerita dhe kalo dari dulu ga pernah punya cita - cita ke luar negeri, sempet ada kepikiran tapi ya udah lewat geto aja karena gw ngerasa I still can do more di indo tapi ujung-ujungnya sekarang gw tinggal di singapur, ya emang deket sih sama indo tapi tetep aja itungannya masih luar negeri. gw bisa tinggal di sini itu juga by grace dari Tuhan aja and after spending about three years here I feel more comfortable living overseas.. terlepas dari betapa kangennya gw sama ketoprak dan sate padang, gw ngerasa gw diterima dan gw dihargai di sini apalagi mengingat profesi gw sebagai guru. tapi ya balik lagi kalo inget situasi di indo yang suka labil, hati gw nangis. ga cuma hati doank sih, intinya gw langsung cengeng ..

setelah semalem ketiduran akibat kegalauan akut dan tadi pagi bangun masih galau juga, gw memutuskan untuk berdoa dan merenung. gw mungkin ga tinggal di indo lagi sekarang dan gw juga ga tau apakah suatu hari nanti kebangsaan gw bakal ganti tapi satu hal yang pasti hati gw selalu ada buat indo. urusan hati sama urusan kebangsaan adalah dua hal yang berbeda menurut gw. next, selama gw masih bisa bedoa, gw akan selalu doain indo. I speak blessing for you, Indonesia! seorang gillian ga mungkin bisa ngerubah Indonesia tapi gw ga bakal nyerah. mungkin bukan hal yang besar, dimulai dari hal - hal yang kecil, gw mau belajar komit terus sama apa yang kita udah jalanin selama ini. fyi, gw sama komunitas di sini punya project anak asuh di batam. mereka ini anak - anak dari komunitas perumahan liar. basically tiap bulan kita udah komitmen buat bantuin mereka sekolah dan so far kita udah dua kali maen ke sana .. and we're planning to go there again next January. kemaren ini si abang sempet message ke ibu kepala sekolah dan si ibu nanyain kapan kita dateng lagi karena anak - anak kangen. ya gw mewek lagi!

by the end of the day, hidup ini pilihan. pilihan yang kita buat itu tanggung jawab kita sendiri. just be grateful for your life, and live your life to the fullest ..

penulisan postingan dan pembicaraan gw sama abang di atas dipicu sama film ini .. judulnya, "Alangkah Lucunya Negeri Ini", asli karya anak bangsa dan asli ngeliat betapa lucu negeri Indonesia .. well, it's time to pray harder for Indonesia, people!

Comments

  1. jadi nonton diem2 di jam kantor... swt.
    Belum beres nih notnonya, ntar malem sambung lagi.

    Gue sering punya kegalauan kayak lo Gil... ujung2nya nangis2 deh.. emang drama. Sampe skrg gue juga belum dapet pilihan yang kuat, masih galau kadang2. :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kelar belom nontonnyaaa ? biar gw ada temen galau bersama nih, may! ...

      Delete
  2. aihh gw juga ikutan galau baca postingan lo gill! jangankan lo yang di luar negeri, gw juga suka galau di sini musti ngapain buat bikin negeri ini tambah baik, tapi guilty juga karena yg ada lebih sering maki2 daripada speak blessing :( tapi bener sih yg si abang bilang, just start from simplest thing, and at least we can pray (yang bahkan gw juga suka lupa huhuhu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. deaaaa .. mari kita terus berdoa bersama buat indonesa ini :)

      Delete

Post a Comment