Love, Peas, and Carrot

"rai, ntar malem mau makan apa?"
"belom tau, gee"
"makan bistik mau ga?"
"emang kamu ga cape? ntar kecapean lho masak - masak gitu"
"engga koq, .. kecuali kamu pengen makan yang laen"
"makan popeye!! hahaha"
"ga ada yeeee!!!"
"kamu cape ga?"
"engga koq, .. aku masak yah"
"gee, enak kali kalo nasinya butter rice"
"good idea! terus atasnya kasih telor ceplok kali ya"
"boleh .. boleh .. yaudah dari sini kita mampir supermarket dulu lah"

...


jadilah menu malem ini kita makan bistik sapi! kalo dipikir - pikir orang indo tuh lucu ya, sebenernya kata yang bener adalah beef steak kan, cuma kenapa kalo masak ini bisa jadi namanya bistik ya terus masih ditambahin embel - embel sapi, .. dan kadang jadi bistik ayam juga! oh well, ini mungkin salah satu bagian dari proses asimiliasi budaya dan bahasa ya .. errr, tapi apa ini di keluarga gw doank ya?!

kalo steak itu kan biasa refer ke daging sapi atau ayam yang makannya ditemenin sama side dishnya yang biasanya kentang sama sayur, nah kalo bistik itu tetep ada dagingnya, side dishnya juga cuma ya namanya orang indo, .. nasi mah wajib hukumnya! si bistik ini jadi semacam lauk lah bukan main dish .. ah tau banget nih generasi di atas kita kalo ga afdol perut ini kalo belom makan nasi HOHOHO ...



kebetulan minggu lalu sempet beli kentang eh tapi belom kepake dan tadi pagi pas liat udah mulai mengeluarkan tunas aja nih, daripada ntar tiba - tiba ada kebon kentang di rumah kan berabe, jadi lebih baik dimasak saja ya hihihi ..

ini resep bistik sapi dari mami yang tengah malem kemaren aku WhatsAppin dan ternyata belom tidur dan langsung bales dalam satu balesan singkat padat dan jelas! begini katanya, ...

"bawan putih digongseng lalu bawang bombai, masukkin daging sapi yang sudah dipotong tipis - tipis dioseng lalu kasih pala bubuk, merica, kecap manis dikir, tomat yang diiris - iris lalu saos tomat, garam. kasih air secukupnya mendidih api kecilin lalu kalau daging udah empuk masukkin terigu 1 sendok makan cairini dengan air dikit, jadi kuahnya agak kental dikit."

beres ibu boss!! 
entah kenapa walau kadang bisa google, dan kadang bisa pake logika juga sih, gw  seneng aja nanya langsung ke nyokap soal urusan masak memasak, berasanya langsung dapet dari sumber yang sudah terbukti dan terpercaya gitu hehe ..

buat side dishnya, gw rebus baby carrot sama baby corn ditambah gw tumis jamur sama kentang yang gw goreng sebentar biar ada tekstur rasanya .. rame ya bok! hahaha .. buat nasinya jadi donk kita ber-butterrice-ria, ... ini tuh mumpung lagi pengen masak! coba besok - besok, gw bilang abang beli makan di luar aja hehehe ..

hasilnya, ..

nasi bistik sapi alalalalalong! seenak udel dewek!! HAHAHA ;D
rasanya gimana?! enak koq! beneran! ini abang yang bilang lho! abang aku mah kalo enak bilang enak, kalo ga enak langsung mukanya berubah, .. dan yeay yeay yeay kali ini sesuai harapan! dan aku pun senang!!! besok sih masih niat mau masak sekalian mau ngabisin stok kentang, .. mau masak kentang serut bumbu balado, bakwan jagung, sama ngecah sayur ijo aja .. jangan ditanya hari - hari ke depannya, cukup sampai besok saja HAHAHAHA ..

one week to go to payday, ..
two weeks to go to our next trip, ..
and sixteen weeks to go to welcome our bundle of joy!!

be blessed, people!! 

Comments

Post a Comment