Ahoy Mates!

"gee, udah kamu tidur aja biar aku yang gendong terus tidurin si dede"

ga pake sok - sok "ga usah sayang", ga pake lama langsung pelok guling dan blassss ilang ke pulau kapuk!! zZz ZzZ ..

... dan hal itu ga terjadi dalam waktu semalem. it takes time for us, especially abang buat adjust ke kehidupan dan rutinitas baru kita sejak ada Gide. tulisan ini dibuat untuk mengapresiasi suami gw, bapaknya si Gide! iye, itu kamu Remundo! I know eventually you'll read my blog, so allow me to say, "THANK YOU AND I LOVE YOU!! OH! AND I WANT TO BUY NEW SHOES TOO!" HAHAHA ;D

gambaran yang "sempurna" adalah dimana saat istri hamil, suami memberi dukungan agar semasa kehamilan dan persalinan dapat berjalan lancar, dilanjutkan dengan saat si buah hati lahir, suami terus memberi dukungan kepada istri dari segala segi baik moral, materi, spiritual apapun itu lah termasuk ikut begadang dan bangun saat si bayi terbangun pada malam hari, oh well kenyataanya hal itu mungkin ga berlaku pada semua orang dan salah satunya ya gw! HOHOHO .. jangan salah sangka dulu! mari dengarkan cerita saya, ...

dari awal menikah kita memang mau punya anak, tapi ga mau langsung mengingat masa pacaran kita yang belom terlalu lama dan 90% dijalanin dengan jauhan dan juga rasanya belom siap daripada sok iye punya anak nantinya malah ga karuan. hal itu ditambah faktor gw sekolah lagi jadilah kita menunda keputusan untuk punya anak. kesannya egois yak! belom lagi orang bilang, "jangan ditunda - tunda ntar malah ga dapet loh", ada juga yang bilang, "udah bikin aja satu dulu", "ada orang mau punya anak susah koq yang ini malah ntaran" .. dan sebagainya.  gw ga pernah nyalain mereka ngomong gitu karena itu hak mereka tapi gw pribadi punya pendapat laen. perkara punya anak itu is a huge responsibility buat kita berdua makanya kita mau bener - bener kasih yang terbaik saat waktunya tiba. ada hari dimana gw sempet galau kemakan omongan orang tapi gw doa dan gw yakin Tuhan tau bener apa isi hati gw. orang juga bilang sih kalo ditanya siap ga siap mah jawabannya ga akan pernah siap makanya harus dijalanin, cuma ya menurut gw balik ke individu masing - masing. terlepas dari pro dan kontra soal kapan punya anak, di saat kita ngerasa siap, Tuhan denger doa kita dan gw hamil! as I told earlier di postingan gw sebelom - sebelomnya, puji Tuhan proses kehamilan dan persalinan gw berjalan dengan lancar dan abang selalu ada di sana, giving his best to support me!! predikat suami siaga udah dikantongin! tsah!! :D

then came this lil guy ...

Gide brings joy in our life! too much joy I guess!! and we're more than grateful for our firstborn. he is already 7 weeks now and getting chubbier and heavier! 6 kg, people! gw bilang, "dulu pertama kali di USG anaknya segede biji beras, lah sekarang udah kayak sekantong beras!!" HOHOHO .. having say that, punya anak itu membawa perubahan sangat amat besar bagi kita berdua. for the past almost 5 years of our marriage kita udah terbiasa berdua. pulang sore hayuk, pulang malem hayuk, pulang subuh juga hayuk!! ga pulang juga hayuk aja!! nongkrong di sini hayuk, nongkrong di situ hayuk! mendadak liat tiket murah berujung ngeloyor ke sana sini pun hayuk! ya karena itu tadi kita cuma berdua!!

minggu - minggu pertama setelah Gide lahir, gw ngerasa lumayan stress, ya efek cape dan perubahan yang ada juga kali ya. ga cuma itu juga, gw jadi ngejauh dari abang! gw lebih ke arah menutup diri dari abang karena gw ngerasa kayak gw berjuang sendirian. gw berasanya dia tetep kekeuh pengen semuanya berjalan normal walopun udah ada Gide. gw berasa dia ga terima sama perubahan yang ada dan melemparkan semua ekspektasi ke gw. jeleknya gw, I didn't do and talk anything about that and just let things getting chaotic at that moment sampe satu saat abang juga ngerasa things were not supposed to be this way and we talked! lebih tepatnya dia maksa gw buat ngomong!! long story short we talked and talked, ... pake acara gw mewek - mewek juga! halah!! gw seneng karena dia maksa gw buat ngomong! buat kuarin semua unek - unek yang ada.

"gee, please kasih tau aku harus gimana dan bisa bantu apa. if you decide to do everything by yourself then aku lepas tangan tapi kan bukan itu tujuannya. kita sama - sama di sini. aku belom pernah jadi bapak jadi aku juga have no idea harus ngapain. you need to talk to me! you need to share with me, .. I can't read your mind. I don't know your expectation. maafin aku juga kalo sebelomnya cara ngomong aku bikin kamu jadi pressurized. aku ga masud gitu, .. I want to help you. I want to be a good father and husband, but I can't do it alone.."

things are so much better now! yup! kita berdua masih belajar dan akan terus belajar but I can see that we're a good team! indeed!! umh knowing my husband, boleh dibilang abang itu orang yang termasuk ga suka sama perubahan dan it takes longer time for him to adapt, dimana gw kebalikannya I'm easily adapt and go-with-the-flow-person-type! he's a thinker and planner sementara gw tuh lebih ke doer. it takes our relationship to a higher level if I may say. I can see that he's really putting much effort through this changes in our life and it's not because I ask him to but it's because he want it and the reason behind it is simply because of love. like the old man said, love changes you, ... in many ways!

ya sampe sekarang kalo Gide bangun malem - malem mau nyusu, bapake tidur pules aja. bapake juga masih rajin maen basket sama berenang, dan maen fm! HAHAHA .. but I don't mind at all, dan itu bukan berarti dia bukan ayah yang baik. he is a good, i mean great father!!! well, we might do things differently from other people but we're happy about it and that makes us family. our family. we have our own rules, our own agreements, .. how to get things done and so far it's been an interesting seven weeks!!

hey daddy, I just want to say that I'm very proud of you! for all those initiatives, help, and support that you've shown to me!! thank you for being a cooperative teammate. I know it's not easy for you but I couldn't ask for a better partner than you!! thank you for working so hard for me and Gide. believe that God will always be our provider no matter what. cheers to our parenthood journey!! i love you. xoxo

hello, daddy!

Comments

  1. Bapak-bapak itu memang katanya sense of "ownership"nya belum kelihatan kalau anaknya belum kasih reaksi Gill. Biasanya kalau anaknya udah bisa bereaksi atas kita punya perbuatan, baru deh bapaknya mikir, eh ini ada anak gue, hidup pula. Kalau awal-awal mah emang susah, apalagi elu udah sampe lima tahun kan kosongnya. Dan sebagai ibu, sensitifitas kita kan juga lagi naek, makanya ada istilah baby blues. Jadi bawaannya mau marah-marah melulu hahaha. Normal kok...normallll.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah makasih ya le buat terus semangatin! :)
      beda karakter juga antara gw sama si bapake HOHOHO ..

      Delete
  2. how sweet... :)
    emang ngerawat anak itu perlu team work ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks, man!!!
      iya nih ntar belajar dari loe sama esther juga ya. i love to see your family :)

      Delete
  3. jadi inget, di minggu2 awal, gua sering banget numpahin kekesalan gua ama si suami gara2 gua kecapean... apalagi kalo tengah malem anak nangis, gua bangun sendirian, sementara dia molor... lah bikinnya berdua koq yang bangun cuma gua doang hahahaha... akhirnya gua paksa dia buat bangun dan nemenin gua nyusuin jayden, yang mana paling cuma bertahan 10-15 menit doang hahaha... tapi setelah gua nemuin metode nyusuin sambil tiduran, semua mulai aman terkendali hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha aman ya mel! gw ga bisa tuh begitu, udah coba tapi ga nyaman gwnya, yg ada ribet sendiri hahaha .. ini uda kesepakatan gw yang bangun secara doi kerja dan puji Tuhan anak gw bangunnya sekali dua kali ga pake nangis hihihihi :)

      Delete
  4. Hihihi suami istri memang harus mendukung ya mbak :3 pas hamil, suami mendukung. pas udah lahir, istri yang ngurusin bayinya yang rewel ditengah malem, mendukung biar suaminya tetap terlelap :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendukung bener gw, feb! HOHOHO .. sampe sekarang sukses bapaknya tidur lelap terus kalo malem :)

      Delete
  5. Tunggu aja sampe Gide udah bisa nelfon sendiri dan nanya 'Daddy hari ini pulang jam berapa? Jangan kemaleman yah, dan jangan lupa beli martabak!' bhahahaha....
    *aniwei itu kerjaan Fathir tiap sore kalo lagi nelfon abah nya*

    Selangkah demi selangkah aja yah, nanti juga akan tumbuh sendiri kok sedikit2 mah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirunggu bener saat - saat seperti itu!!! HAHAHAHA ... mungkin kata martabak ntar bisa disubsitusi pake 'berlian' 'tas baru buat mami' atau 'nasi lemak' atau 'nasi goreng ikan bilis' HAHAHA

      Delete
  6. G juga bulan2 pertama masih gitu, gil...kyknya kebawa seperti masih hamil...(apa yg kita makan ke si dede juga dll) jadinya g berasa tanggung jawab gue sbg ibu lebih besar ketimbang bapaknya. (Tapi pelan pelan, berubah koq). Tanggung jawab suami waktu bulan2 pertama itu adalah ngurusin istrinya ini...ahhaahhaha...mau makan / beli apa tinggal bilang..hahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih , nan . naluri keibuan melesat jauh ya!! tapi bener kata loe sekarang so much better .. perlu adjustment lebih lama bapaknya :)

      Delete

Post a Comment