(another) LDR

.. and I hate it!!

setelah dulu ngerasain yang namanya pacaran jauhan dan akhirnya bisa deketan, gw punya love hate relationship sama LDR, .. lebih banyak hatenya sih!! dan kali ini gw harus ngejalanin LDR lagi! *sigh*


berawal dari perubahan status gw dari working visa menjadi social visit pass alias visa turis biasa yang mana hanya berlaku selama 30 hari dan setelah itu kita bisa pilih either kita mau perpanjang online dan dapet 30 hari lagi atau ya keluar dari singapur. nah! tentunya kita pilih perpanjang online karena kondisinya gw baru melahirkan dan emang ga ada niat buat balik ke indo juga, dan di saat yang bersamaan kita lagi nunggu Dependant Pass under si abang sebagai ijin tinggal resmi di sini karena gw sekarang jadi stay home mom dan udah ga kerja lagi,  .. dan di saat yang bersamaan pula (lagi) kita lagi nunggu approval PR kita! cukup ribet yak!

jadilah gw perpanjang social visit pass lewat online 3 hari sebelom expiry date-nya sesuai dengan ketentuan yang berlaku which is tanggal 5 Juli hari sabtu dan besokannya pas gw cek statusnya, NOT SUCCESSFUL!! shock amat sangat! koq bisa - bisanya begini yak padahal harusnya ga ada masalah apa - apa. akhirnya pas hari senen tanggal 7 pagi - pagi gw telp kantor ICA untuk tanyain soal ini ..

me: hi good morning, bla bla bla *jelasin status dan sikon gw*
officer: ma'am, I suspect it's because your S-Pass cancellation that's why they don't give the extension, but you can try to come down to ICA office to appeal but I can't guarantee anything

langsung ga pake lama meluncur ke kantor ICA bawa semua dokumen yang gw anggep perlu sebagai bukti dan janjian ketemu Keke di sana karena kalo mau apply di kantor ICA langsung musti bawa local sponsor etiher Singaporean or PR holder! thank God for Keke!! sampe sana ngantri seperti biasa dan pas giliran gw kembali bla bla bla jelasin ini itu dan ..

officer: sorry ma'am you can't extend your social visit pass. you have to depart from singapore
me: is there any special pass? I just gave birth and my baby is not one month old yet ..
officer: your baby already has passport?
me: yes!
officer: any medical condition?
me: no ..
officer: then you can bring your baby along with you, but you know your baby has this special pass that he can stay up to 42 days 
me: yes, I know that but is there any other way since we're waiting for our dependant pass and PR at the same time ?
officer: I don't think so .. you have to depart by tomorrow

I was like huaaaa! boro - boro ambil queue number buat appeal, ini udah harga mati gw harus depart besokannya! satu sisi gw tau negara ini strict banget but at the same time I was thinking masa ga ada toleransi sedikitpun mengingat track record selama gw tinggal di sini. gw cuma butuh spare beberapa hari sampe Dependant Pass kita diapproved  .. that's all! *sigh*

akhirnya pulang dengan tangan kosong dan otak udah campur aduk! buat gw ga masalah buat terbang pulang tapi kepikiran ini bawa si dede yang belom genap sebulan. emang sih gw udah baca - baca kalo baby minimal 2 hari pun udah bisa naek pesawat tapi ya tetep aja sebagai orang tua kayak ga tega. lah gw aja yang segede gini masih suka berasa ga enak sama pressure di pesawat apalagi si dede. terus yang bikin tambah gong, tanggal 8 itu adalah hari di mana seluruh keluarga gw bakal dateng buat nengokin si dede! to add on, abang ga bisa cuti karena ada urusan training kantor yang ga bisa ditinggal .. lengkap kisah sinetronnya!

nyari - nyari tiket harga udah lumayan mahal karena udah lagi musim liburan sekolah dan udah mau deket libur lebaran juga. tiket akhirnya nemu dan ga bisa book donk karena sistem dari Tr*v*l*k* cuma bisa terima bayi minimal usia 2 bulan! haish! coba telpon customer service buat nanya berujung tekanan darah naek! gw nanya apa dijawabnya apa! ga membantu sama sekali!! akhirnya coba beli dari T*k*t.com dan transaksi berhasil, .. tapi untuk mastiin sekali lagi soal bawa infant gw telpon ke maskapai penerbangannya yaitu L**n Air dan jeng jeng jeng mereka bilang bayi minimal 5 bulan baru diperbolehkan terbang pake maskapai ini! lah?! pas tadi booking mulus - mulus aja sekarang ga bisa terbang!! baca - baca di condition of carriagenya si L**n Air cuma ditulis "bayi minimal 2 hari baru boleh terbang dan bayi usia 4-7 hari harus disertai surat dokter" berarti harusnya si dede udah bisa terbang kan! pihak L**n Air kekeuh bilang ga boleh terbang dan berujung ditawarkan full refund buat si dede. ribet banget nget nget nget!! pecah pala berbie udah ga pusing lagi!!! hari itu kerjanya nyari tiket, telponin customer - customer service yang kurang membantu karena tidak menjawab pertanyaan dan cuma bisa bilang, "baik ibu, ada yang lagi yang bisa saya bantu?!"  keki pol!!! I had the longest day in my life!

akhirnya di WA group keluarga, ..


"halo semua! akhirnya setelah diskusi panjang, aku udah putusin aku aja yang pulang, si dede di sini sama mami karena kasian juga kalo harus dibawa pulang dan jadinya sementara minum susu formula. papa, gia, glad semua tetep dateng aja kayak plan awal karena emang kan mau liat dede. rai juga ga bisa cuti karena trainingnya outsource dan udah bayar in advance kantornya dan lumayan beberapa ribu jadi ya aku aja yang pulang"

itu ngetik WA sambil bercucuran aer mata!! baru kali ini pulang ke indo rasanya berat banget! dan bokap akhirnya sempet galau juga karena gw bakal bener - bener sendirian di rumah dan sempet mau batalin aja tiketnya tapi akhirnya gw berhasil meyakinkan kalo gw bakal bae - bae aja pas di sana. 

hari itu perasaan gw udah ga tau! gw harus terpaksa jauhan sama si dede and it sucks! really sucks!! malem itu tidur seadanya, pas bangun nyusuin si dede juga pake acara sesengukan .. gila banget!! besok siangnya semua akhirnya sampe di singapur dan sorenya giliran gw yang pulang sendirian, .. 

taxi uncle: are you okay? 
me: not really *sambil lap - lap aer mata*, I have to be apart from my baby
taxi uncle: but there somebody looking for him rite?
me: yes, my mom ..
taxi uncle: don't worry lah, he'll be just fine! 
me: thank you uncle 

gw dapet tempat duduk 39 F! paling belakang, paling pojok, sebelah jendela! dan mewek lagi!! nelangsa abis! ga niat sok drama cuma tuh rasanya gimana yaaa .. sedih banget! gw juga ga mau sok kuat haha hihi, .. so be it lah! 

dari 5 hari di jakarta, akhirnya reschedule jadi 3 hari aja! it's like the longest three days in my life!!! OHEMJI!! dan di jakarta gw ngurusin proses refund tiket si dede yang lumaya bikin naek darah juga sama pihak T*k*t.com! long story short, proses reschedule pesawat udah oke, proses refund bakal kurang lebih 2 bulan prosesnya setelah menghabiskan waktu buat telponin terus biar diproses!! kata abang, "what do you expect, we're buying indonesian product" .. miris ya dengernya! niat hati ingin mendukung tapi yang ada jadi ribet sendiri juga! haish!! 

I took the first flight to go back to Singapore, the 6am flight! messy hair, panda eyes don't care! I just want to see and hold my baby!! and guess what?! our Dependant Pass was approved one day after I went back home! I have nothing to say!! sampe singapur ngumpul lagi sama semuanya dan sorenya keluarga gw balik lagi ke indo kecuali si mami yang masih nemenin di sini.

despite all things that happened, gw bersyukur masih bisa ngerayain pas 1 bulanan si dede bareng - bareng. looking back to that day, gw ga ngerti kenapa semua bisa kejadian di saat yang bersamaan dan sekali lagi ga mau dianalisa juga so yeah life must go on and we survived! thank God!!! so yeah, what doesn't kill you makes you stronger and it make me treasure my beloved ones even more! so what a story to start my motherhood! epic sia!! now we're safe and sound in this little red dot and looking forward to embrace this new season together as a family :)

Comments

  1. Gilll.. Omg bacanya aja ikutan mau nangissss. Bisa ngerti perasaannya. Puji Tuhan DPnya ud keapprove ya. Tar kapan2 playdate yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jane!! thank God udah beres! yuk yuk boleh!! :)

      Delete
  2. woa... epic sekali! untunglah udah settle ya sekarang, moga2 PR cepet keluar :)
    btw, kenapa nggak ke JB aja.. jadi bisa pulang hari dan ga perlu beli tiket pesawat, yang penting itungannya keluar singapore, gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sempet kepikiran tapi kayaknya bener - bener dia mau kita kuar yang ga pulang hari deh. kalo ke JB takutnya malah lebih ribet. pas nyokap mau perpanjang aja sempet kena giring ke kantornya ICA tuh. kita play safe aja pulang jakarta .. iya doain ya biar PRnya cepet kuar ;)

      Delete
  3. Giill, bacanya sampe berkaca kaca....gak kebayang sakit hatinya....*huuuggss*
    Semoga cepet dapet PR nya yaaa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih! untung sekarang uda engga .. tapi tetep masih nunggu PR hehehehe ..

      Delete

Post a Comment