How To (sleep) Train Your Dragon

"Let him sleep, for when he wakes he will move mountains"
Our little dragon, Toothless has been sleeping through out the night ever since he was 2.5 months old .. but sadly it didn't last long and apparently people said it's normal! PHP abis kamu, nak!!! *sigh* ..


Entering the 4th month, he started to wake up like every two hours almost everyday! Welcoming the season of panda eyes for mommy!! And to add on he refused to go back to sleep in his cot, ended up he co-sleeping with us .. It's good in a way that it means he feel safe and secure sleeping with his parents but on the other hand, mommy got backache, since our bed it's only queen size bed!! Not only at night, during day time pretty much the same. He won't take his nap unless I lay down beside him or he fell asleep on my shoulder. Again, the feeling that your baby only wants you is uh-mazing but during that period I barely can't do anything and it's quite frustrating for me. Serba salah rasanya!! Ga dikelonin ga tidur, kalo ga tidur jadi cranky, .. and we know that sleeping is good for his growth!! Dikelonin terus kita ga bisa ngapa - ngapain, wong baru gw bangun dari kasur anaknya langsung ikut bangun!! Malem juga gitu, pengennya anaknya tidur pules blas sampe pagi simply karena kita pengen dia istirahat full!! And honestly we need some rest too!! It's been just like that for the past one and half month 'till this one night that Toothless became so cranky and I was so tired and I melt down!!!

We gotta' do something about this!

Googling here and there!!

And ...

Daddy dragon and mommy dragon agreed that it's time to sleep train our little dragon!!

Sleep train?! Aren't you supposed to let baby sleep whenever they want?! They're only babies!! They even don't know how to talk, .. or even sit! Bisa dibilang sleep training itu pro dan kontra! Some people agree and some don't! Gw juga sempet tanya sana - sini juga dan dapet masukan beda - beda dari yang bikin alis mengkeret sampe yang bikin angguk - angguk kepala. Dian sempet share di WA group, sleep training banyak alirannya, After a long discussion with daddy dragon, we decided to use the Cry It Out (CIO) method for Toothless looking at our child's character, side effect, endebre endebra ..

Let the training begin!! *pake iketan kepala, pelok suami yang kenceng*

Hari pertama dimulai dengan tangisan!!! Anaknya nangis, mamake juga!! Haish!! Ngikutin hati pengen langsung diangkat aja rasanya, tapi untungnya bapake eling, jadi dia yang menguatkan hati mamake dan ngingetin terus tujuan dari kita ngelakuin ini! Berapa lama nangisnya?! Satu jam sajaaaaaaaaa ... Alamak!! He woke up every two hour like usual and cried his lungs out since I didn't pick him up from his cot, .. It was like the longest night ever!!

Hari kedua masih diwarnai dengan air mata, but surprisingly it only last for 15 minutes and our little dragon slept trough the night! Oh yeah!!! We continued with this method and gradually his crying period become lesser and lesser, and some of the nights he just sleep without crying at all! Ini nulisnya sih gampang yaaa, prosesnya sendiri sempet bikin kita, tepatnya gw ciut juga apa kita terlalu keras sama si botbot, tapi balik lagi ngingetin diri sendiri tujuan utama kita apa ngelakuin ini dan liat hasilnya kita yakin kita ngelakuin hal yang bener ... Ayahanda dragon juga sempet migrasi ke kamar sebelah pas hari kedua karena efek dari malem sebelomnya yang ada jadi ngawang dan salah - salah kirim email pas di kantor HAHAHAHA ...

Toothless and Bambang ;)
Berlaku juga buat tidur siang?! Iya! Kita terapin metode yang sama buat nap timenya Toothless, .. dan entah kenapa proses sleep training siang itu lebih susyah! Mungkin ada faktor kalo malem itu udah cape seharian beraktifitas sementara siang masih penuh baterenya, .. tapi sekali lagi yang namanya bayi sampe kurang lebih mereka umur 6 tahun butuh nap time karena bagus untuk pertumbuhan. Nak, sekarang disuruh tidur susah .. gedean dikit kamu bakal tau rasanya nempel di kasur tuh wuenak buanget!!! Tantangan nap time adalah gw sendirian di rumah!! Haish! Support system nya harus ngantor!!! Seminggu belakangan ini, bunyi WA gw kurang lebih begini terus ..

"Here we go again, Daddy..."
"Sabar ya, Gee .. Inget aja tujuan kita ngelakuin ini buat apa!"
"Iya .. "

Dan gw kembali menguatkan hati dan menulikan telinga! Sebenernya lebih ke arah whining than crying sih! Ya tetep aja lah mau whining, crying, apapun itu kan hati ini bagai diiris sembilu yak kalo denger anak begitu .. Thank God it's getting better and better! Good job, Toothles!! Mommy is so proud of you!!! Pernah sekali gw kayak hampir menyerah, ..

"Rai, aku ga bisa nih!! Ga tega!"
"Kamu kan guru, Gee! Kamu tau kan tau kita lakuin ini buat apa"
"Iya tapi posisi gw sekarang itu ibu! Gw ibu sekarang!!"
"Bisa, Gee"
"Aku rasa Gide bakal sebel sama aku kali ya"
"Ga mungkin lah! Dia aja masih nyari kamu terus kalo mau tidur! Masih nyusu dari kamu"

Sekali lagi menguatkan hati! Lemah gw kalo urusan begini!!

We use this guideline to sleep train our little dragon, and it's been almost two weeks since we started to sleep train him and thank God it goes well till now, ... Our little dragon has been sleeping in his cot through out the night and during nap time too! Mommy dragon is happy lalalala!! :D

Posisi paporit! ;)
Mojok aja nih, De ;)
As I said earlier, sleep training ini bisa jadi pro dan kontra, semua balik lagi ke orang tuanya. Gw ga bisa bilang "Ih mending anak loe ditrain kayak anak gw aja", lah emang gw yang ngelahirin anaknya situ?! Entah anaknya mau di-sleep training, mau pake metode apa gw rasa setiap orang tua berhak menentukannya sendiri dan gw hargai setiap keputusan orang tua tersebut. Susyeh ya cin jadi orang tua, .. lebih gampang jadi pohon pisang kayaknya! HAHAHAHA ..

Sampai postingan ini diturunkan,  gw belajar beberapa hal .. KESEPAKATAN - Sebagai orang tua kita harus satu suara dan satu visi dulu! Kita tau goalnya apa dan mau gimana cara mencapainya. Ya kali satu mau pake cara A dan satu pake cara B, yang ada yuk dadah bye bye. Seperti pepatah mengatakan, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Dengan adanya kesepakatan inilah kalo yang satu lagi kumat kayak gw, yang satunya ingetin dan nguatin! Team work bener - bener dibutuhkan dan sebagai individu kita harus jadi a good team player juga!! KONSISTENSI - Ga peduli segimana canggih bed time routine yang kita buat tapi kalo ujung - ujungnya ga konsisten ya bubar jalan juga! Sekali lagi di sini daddy dragon nge-skor lagi karena doi yang bener - bener ingetin gw soal ini. Peluk - peluk! TIAP ANAK ITU BEDA - Kalo di guideline itu bilang in 7 days! Namanya juga guideline, cuma sebagai arahan tapi inget kalo tiap anak itu beda - beda jadi jangan ngdrop duluan, .. Our little dragon needs more than 7 days to adapt on his new routine, and my friend shared that it can took one month for some children! Semangat bapak ibunya!!! HOHOHO .. 

Yah begitulah kira - kira gimana kita sleep train si Toothless!! PR selanjutnya adalah share ini ke opa omanya karena kita bakal balik indo in two days time! Yeah!!! Sebenernya ada yang bilang jangan mulai train kalo ada rencana traveling atau apa tapi ya balik lagi ke point kesepakatan, .. kita yakin sama si Toothless kalo dia bisa adapt well! Walopun pasti ada adjustmen sana sini sedikit ya karena di indo kan dia ga punya ranjang sendiri juga .. but I think he already get the idea of sleeping on his own .. Keep up the good work, Toothless!! 

Comments

  1. Yeay toss sama Raka! Gw perhatiin tuh ya emang bayi2 yang tidurnya kebalik-balik pas newborn malah 'bener' jadwalnya pas 4 bulan. Tapi yang awalnya sleep through the night kaya Raka dan Gide, pas 4 bulan malah bikin mak bapaknya GROAR! hahaha. Gw juga sleep training Raka and it was one of our best decision... Hehe. Cuma sih... tetep aja urusan sleep training ga ada kelarnya bahkan sampe sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa gw sempet baca postingan loe juga soal sleep training si raka! Si gide pas malem pertama kan ceritanya gw mau pacify him gitu samperin ke cribnya, .. ditepis aja tangan gw pas usep2 dia! Haish! Sinetron abisss hahahaha..

      Delete
  2. jayden ampe sekarang ga pernah sleep through the night loh... masih suka nyusu tengah malem... dulu sempet pengen gua latih biar bisa sleep through the night, tapi setelah dipikir2, mumpung gua masih bisa nyusuin dia ya udalah... toh dia bangun emang bener buat nyusu, abis itu tidur lagi hehehehe... yang uda gua latih tuh tidur tanpa nyusu... sekarang abis nyusu trus guling2an dan langsung merem hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tiap anak beda - beda yaaa, mel .. yang penting anak sehat mama bahagia papa senang yak hehehehe ..

      Delete
  3. Klo udah tidur nyenyak mommy bisa mimpi indah ntar... Emang perlu banget dilatih gil sebelum 5bulan. Gw dulu mulai nyoba setelah 5bln krn dianya sempet underweight jd ga tega, tapi ga berhasil. Bablas terus akhirnya gw nyerah pas udah setaon kita berenti co sleeping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi seakrang si R gimana nge? udah bobo sendiri atau blom? hehehe ..

      Delete
  4. Hiks hiks,...g gaaakk teeggaaa Gil *jadi curhat*....sama si miss juga masih bangun2 skg (pdhl udah 1 thn aje)....tapi ni anak emang lebih keras kepala daripada mami nya, bapaknya mungkin lebih keras, tp yg setiap hari lebih ngadepin emang gue. Dia bisa loh nangis nangis ampe muntah...hiks hiks....emang susyah jadi orang tua!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. happy belated birthday buat si little miss!!!!! iya sih nan ini tega ga tega yaaaa ... jadi sekarang bangun - bangunnya berapa kali kalo bobo? semoga cepet bisa sleep tru the night ya udah makin gede anak cantik ;)

      Delete

Post a Comment