El Primero, La Premiere, The First ...


There's always first time for everything! Pertamax, Gan! HOHOHO ..
Being a first time mother I experience so many things with this lil one! Rasanya menakjubkan!! Seru! Kaget! Bingung! Panik! Seneng! Pusing! Terharu! Bengong! Amazed! Sutris! Bangga! Oh yeah! It's a one roller coaster ride feeling journey!! 


First Allergic Reaction
Hari itu untuk kedua kalinya gw kasih Gide makan meesua sama telor sama kayak minggu sebelomnya, tapi entah kenapa kelar makan muncul bercak - bercak merah di pinggir mulutnya. I assume it must be some light allergic reaction .. Umh but how could it be?! It was the exactly same food, same utensils ... dan minggu lalu fine - fine aja. I took picture of him, sent it to some people to double confirm. Mereka semua kasih jawaban yang sama it was allergic reaction. I wiped his mouth with water and as predicted it gone by itself after few hours ... Cuma ya tetep aja agak kaget ditambah sebel! Ya wong sebelomnya ga kenapa - napa ini pake muncul merah - merah! Thank God anaknya ga kenapa - napa juga :)

As being suggested, I tried again two weeks later .. but this time around only the meesua and he's totally fine! Yay! Abis ini bakal coba lagi with the egg and let's see how it goes .. Hopefully he'll be just fine and that day was like you know .. ya pas lagi kenapa aja gitu, x factor!

First Tooth
Si ompong sebentar lagi udah ga ompong lagi HOHOHO .. Gide took my hand put it inside his mouth and I was sensing something! Ih ada yang nongol agak keras dari gusi bawah!! Langsung aku paksa mangap anaknya dan eh iyaaa ada putih - putih kecil!! hihihihi .. Few days later, abang liat ada putih - putih laennya di sebelah dan ya betul! Dua gigi bawah lagi mau numbuh!! Seminggu kemudian gw melihat penglihatan putih - putih lagi ... Kali ini di bagian atas!! HAHAHA ... Ada 4 gigi yang nongol sekaligus .. 2 atas dan 2 bawah! Lengkap ya bok! Satu set!! ;)

Puji Tuhan si Gide ga cranky ... umh sempet fever yang kita pikir due to the teething but happen to be it's another story! Maminya udah kena gigit belom?! Udah!! Haish!! I know he didn't do it on purpose .. Tetep aja sakit bok!! Yes ... pas lagi nyusu!! Trus kena sentil sama mami, tapi ya ga keras - keras cuma buat pembelajaran aja ... And I think he learned his lesson fast and well HOHOHO .. Welcome to the teething season, everybody!!! ;D

Efek giginya nongol bapake yang seneng, anaknya pengen dikasih coba makan ini itu, .. termasuk jambu! Haish!! Iya si pardede kemaren ini makan jambu .. tentunya di bawah pengawasan ketat mami karena takut ketelek .. Terus kemaren kita makan pizza, dapet jatah preman juga dia .. Rotinya doank! Dicuilin dikiiiittt .. dan minta lagi donk dengan cara ngglesor - ngglesor sambil pasang muka memelas ... meleleh lah hati bapaknya! Ntar coba ya gw praktekin pas minta beli tas baru! HAHAHAHA ..

First Fever ... turn out false measles
That week was one of the chaotic week we ever had! After couple of days from that allergic thingy, he developed light fever ... Fever and baby are not good! Ketakutan utama dari para orang tua adalah saat bayi panas terlalu tinggi itu bisa seizure; kejang ... dan suhu tubuh mereka to tend to go high very fast rather than us adult. Kita monitor Gide terus dan kasih paracetamol .. That was the same day I found out the small tooth so we assumed it's because of his teething period, ... dan berdasarkan hasil google sana sini biasanya itu akan berlangsung kurang lebih tiga hari dan kita cuma perlu monitor dan kompres ajaaa ...

Tiga hari lewat dan panasnya ga turun! Gw mulai ketar - ketir, .. mau bawa ke dokter tapi takut nyesel karena ya tau donk kalo ujung - ujungnya cuma dibilang ga kenapa - napa terus mana bayarnya mahal lagi! Bukan lebih sayang duit cuma gw sendiri masih ga yakin mau bawa ke dokter apa ga, ... Di sisi laen ga dibawa ke dokter malah takut ternyata ini bukan fever biasa. Perang batin! Abang saranin kita monitor aja karena Gide masih makan, nyusu, dan tidur kayak biasa .. Agak lebih kolokan cuma ga sampe ada perubahan drastis .. Ujung - ujungnya abang suruh gw tenang dan pake instinct keibuan gw, .. walopun kita ke dokter dan kenapa - kenapa juga ya udah ... Akhirnya gw putusin kita monitor aja karena somehow gw percaya ini anaknya fine - fine aja!

Bener aja! Ga lama panasnya turun dan tidak kembali lagiii ... Hore!!! Eh tapi besokannya muncul bercak - bercak merah di sekitar leher, .. gw sempet mikir ini efek dari kemaren panas .. tapi lama - kelamaan bercak merahnya menjalar ke satu badan .. dan gw langsung feeling ini false measles! Pas kirim foto ke nyokap si mami juga bilang ini campak!! Gw keinget pembicaraan ibu - ibu di WA group tentang false measles .. Katanya anak bakal panas sekitar tiga hari dan di hari keempat atau kelima muncul bercak - bercak merah satu badan yang mana ga usah diapa - apain, ga usah dibawa ke dokter karena bakal ilang dengan sendirinya ...

Gw kontek Rita buat nanya - nanya karena kemaren ini anaknya kena dan dia bilang iya suruh diemin aja karena waktu itu dia bawa ke dokter juga dokter sini bilang ga perlu diapa - apain .. Gw google - google juga dan pada bilang gitu juga! Eh bener aja loh! After few days badannya bersih lagi aja gitu! Magic!! HOHOHO .. Gw bersyukur banget tuh ada grup WA ibu - ibu .. bisa saling berbagi info!! Di singapore disebutnya false measles, .. tapi di tempat laen beda lagi istilahnya .. Kalo ga salah di Indo disebutnya campak bayi .. It's common in babies from 6 months to 2 years, .. penyebabnya virus apa lah gitu dan bukan sesuatu yang mengkhawatirkan gimana. Kalo udah kuar merah - merah justru ga bakal nular, lebih bisa nular pas dia fever ..  Gara - gara itu juga kita batal buat meet up sama El .. Jadilah hampir dua minggu itu gw ngedon di rumah sama si botbot ..Ya itu jadi ternyata fevernya Gide bukan karena teething tapi karena false measles walopun symptoms nya mirip - mirip ..



First Bed Diving
Kalo orang skydiving, Gide bed diving alias terjun dari ranjang! HAHAHA ... Biasanya Gide kalo bangun langsung duduk terus mengeluarkan suara entah itu kayak nangis kecil yang cuma oaaa atau kayak manggil - manggil dan gw langsung samperin ke kamar .. Nah! Kemaren itu gw tau dia bangun jadi gw niat samperin kayak biasa tapi belom juga sampe tiba - tiba kedengeran bunyi gedebuk!! diikuti bayi nangissss .. Feeling gw anaknya terjun! Gw buka pintu kamar pelan - pelan karena takut posisinya dia di balik pintu, bener aja! Anaknya udah di lantai!!! Gw angkat terus gw peluk sambil cek apa ada benjol atau engga .. Eh langsung diem terus ngeliatin maminya cengengesan donk!!! Haish!! Dia ga tau apa hati gw udah ikut jatoh juga ..

Puji Tuhan si Gide ga ada benjol dan gw monitor terus juga ga kenapa - napa .. Sejak dia udah mulai bisa guling - guling sebenernya kayak udah tau anaknya bisa gelinding cuma ya selama ini si bocah kayak tau dan selalu duduk nunggu maminya dateng, .. ya cuma hari itu dia memutuskan untuk terjung bebas! Kalo kata orang tua dulu, mau cepet gede! Kalo kata gw, ini emang udah ga bisa pake benteng bantal HOHOHO ..
First Mucus
Mucus?! Iya ingus! Maksudnya bapil gitu, batuk pilek HOHOHO .. Jadi minggu lalu si abang kurang enak badan mau flu gitu .. dan berujung nularin ke Gide .. Tiba - tiba anaknya bersin dan kuar ingus! Heh!? Itu ingus pertama yang gw liat kuar dari si Gide .. Besokannya langsung meler aja si bocah, .. haduh haduh .. dan besokannya lagi maminya ikut meler! Jadilah kita bertigaan meler .. Abang ambil MC karena udah teler berat dan dapet antibiotik dari dokter, gw juga langsung minum obat biar cepet sembuh sementara Gide kita pantau dulu ga langsung bawa ke dokter. Gw disaranin sama Irene buat usapin vicks baby ke dada, punggung, sama telapak kaki to keep him warm dan biar ga ada pghlem .. Terus lagi lebih baik anaknya meler daripada mampet idungnya .. 

Sekitar ampir seminggu si Gide meler tapi abis itu sembuh dengan sendirinya ... Yeay!! Kita bisa celebrate ulang taon daddy tanpa ingusan!! HOHOHO .. Anaknya agak lebih kolokan jadinya tapi ga cranky gimana sih .. Pinter anak mami! Sebisa mungkin kita ga langsung bawa ke dokter dan kasih obat kalo ga sampe parah banget. Ya rasa khawatir pasti ada tapi gw juga ga mau jadi panikan .. Biasa gw sama abang diskusiin baiknya gimana sebelom gerabukan karena sebagai ibu suka panikan dan biasanya kalo kayak gitu bapaknya bisa berpikir lebih jernih .. 

Seru! Gide bikin hidup kita lebih hidup!! Sekarang lagi seru - serunya mau ngerangkak nih si botbot, .. udah mulai beberapa langkah terus balik ke gaya uget - uget ulet bulu .. hihiihi .. Cheers to many more first moments with you, son! :)

Comments

  1. selamat digigit2 gemes gil hahahahaha... dulu waktu jayden gigit2, gua reflek langsung tarik rambut bapaknya... ya minimal, dia harus ikut ngerasain sakit...apapun jenis sakitnya hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gigit - gigit gemes ya? hahahaha .. waduh seno jadi kena imbasnya juga! bapaknya Gide ga bisa ditarik rambutnya hahaha

      Delete
  2. Uda pernah nelen yg aneh2 blom gill? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha deskripsikan lebih lanjut nelen yang aneh2 itu apa?! HAHAHA .. ethan udah nelen apa aja emangnyaaaa? ;)

      Delete
    2. Ethan pernah nelen sendok plastik doank sih gill, tp cukup bikin gw panik dgn ngorek2 pupnya berhari2 dan hasilnya tetep ga ktemu, haha

      Delete
    3. OHEMJI! Ethan lagi debus ya?! ini sendok plastik segede apa?!!! Ya ampun gw ngebayangin koq si ethan macam kayak chris angle gitu yang suka aneh - aneh hahaha .. terus maksud loe sendoknya ilang gitu aja?!!

      Delete
    4. Hahaha, jd si ethan tuh ceritanya lg disuapin cemilan ama pho2nya pake sendok plastik pas dia umur setaon gitu, trus somehow tuh sendok ikutan digigit ama dia, ga gitu gd sih, cm cukup bikin gw panik, krn takutnya kan tajem, takut lambungnya atau apanya lah luka2 *emak2parnoan* haha
      Trus gw wa dokternya si ethan, perlu di xray ga, dia blg ga usah krn xray ga bs detect plastic, jd dia suruh gw tungguin aja either bakal keluar sama pupnya atau bakal hilang sendiri somewhere di dalam perutnya krn kena asam lambung, haha
      Dan apparently ga pernah nongol tuh plastik, dan so far anaknya bae2 aja untungnya, hahaha

      Delete
    5. HAHAHAHAAHA ... sekarang aja ketawa ya kalo pas waktu itu kebayang paniknya gimana ya hehehe .. ethan lagi latian debus yaaaaa ;)

      Delete
  3. ah.. baby gideeeee.. hihihi. lucu amet cii kamyuuu..

    sekarang gua lagi ngerasain clay batuk pilek panas. huhuhuhuhuhu.. sesuatu banget yah kalo anak sakit, ato jatoh. rasa ini nyes banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maminya gimana?! lucu juga ga?!
      koq bisa pi? cuaca atau kenapa? cepet sembuh yaaa clay!!!! hug hug hug .. peluk maminya juga! semangattt!

      Delete
  4. Duhh.. Diri ini gampang panik lagii.. Banyak peer banget sih mo jadi ibu2 ya..hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aja ntar pasti keluar tuh smua naluri keibuannya ;)

      Delete

Post a Comment