Raising A Reader


Learn to read and read to learn! Itu penggalan lirik lagu dari salah satu acara anak - anak yang gw liat kemaren di tv dan gw mengiyakan banget tuh lirik ... dan gw termasuk hard core believer kalo membaca itu sebaiknya dimulai dari sedini mungkin, ... Err mungkin bukan literally membaca juga kali ya! Hebat kali kalo si Gide Pardede dikasih buku terus bisa baca sendiri! Langsung berasa supermom paling aduhai sedunia yang ada! HOHOHO ...

Gw dan suami termasuk orang yang lumayan suka baca, mulai dari bacaan yang ga penting .. itu gw sih! sampe yang penting yang mana itu suami! HOHOHO .. Inget banget waktu jaman SD dulu gw itu anggota perpustakaan nasional yang kebetulan letaknya ada di deket sekolahan. Jadilah tiap minggu gw jambangin tuh perpustakaan buat minjem buku segabruk! Bahagia rasanya! Salah satu kegiatan favorit kalo ke mall juga nyamperin toko buku, ... mulai dari liat - liat sampe kadang numpang baca gratis kalo kebetulan bukunya ga disegel hihihihi .. 

Salah satu momen sedih dalam hidup gw adalah ketika pindahan rumah dan buku - buku gw raib! Bagai diiris sembilu rasanya hati ini! Sampe bingung loh! Padahal itu buku udah dijadiin satu kardus, terus dilabelin, .. dan pindahannya itu cuma selang dua rumah! Beneran!! Jadi pas rumah kita lagi direnovasi, kita ngontrak di rumah laen yang kebetulan banget bedanya cuma dua rumah itu, .. eh terus pas balik lagi ke rumah lama .. buku - buku gw raib! Misteri ilahi abis sampe sekarang ..

Pindah ke singapur, entah itu tiap pulang bawa balik buku kalo ga nitipin sama yang mau ke sini, .. ada juga masa  - masa di mana gw ga pegang buku karena kesibukan yang ada! Sok sibuk maksudnya!! HOHOHOHO ... Sampe akhirnya gw baru tau kalo di perpustakaan singapur tuh banyak juga novel - novel indo! Lebih tepatnya si abang yang menemukan fakta itu dan gw dikasih tau hihihihi ... Kalo kata pelem - pelem bule, .. and the rest is history .. Tsaahh!




Gide udah kita kenalin sama buku sejak dia bayi! Lah emang sekarang masih bayi juga sih HOHOHO ..  Bisa dibilang salah satu yang bikin gw seneng tinggal di sini itu ya faktor perpustakaannya. Perpustakaan di deket rumah kita ga sampe yang hedon bin mewah banget gimana tapi cukup lengkap koleksinya. Sistemnya yang ga ribet dan jumlahnya yang tersebar di satu singapur juga jadi nilai plus buat perpustakaan di sini. Misalnya kita pinjem dari perpustakaan di lokasi A, kita bisa balikin ke perpustakaan di lokasi B, .. yang penting dibalikin aja! HOHOHO ..Tempatnya juga nyaman kalo mau bawa anak - anak, karena emang disediain tempat buat baca juga dan adem! Penting! Kadang library suka adain acara juga buat anak - anak, tapi so far belom pernah ikutan sih! Dulu waktu masih ngajar suka ada orang library dateng ke sekolahan buat bacain cerita buat  anak - anak, ... btw kita bisa volunteer juga loh kalo mau.

Buat Gide sendiri, biasanya kita pinjemin dari bagian 'Books for Babies' dimana bukunya itu hard cover yang ga mungkin dirobek sama anaknya, kecuali dia hercules ya! Kadang bapaknya yang ke library pinemin, kadang gw bawa Gide ke sana yang berujung kejar - kejaran sama anaknya karena mau gratakin rak - rak buku yang ada HAHAHA .. Gantian aja antara mamake sama bapake bacain buat dia dan satu buku kadang kita bisa bacain berulang - ulang .. Ya jangan ditanya reaksinya ya, .. bengong aja! Itu awalnya, .. sekarang kalo dibacain udah mulai sok mau ikut baca sendiri, terus tunjuk - tunjuk, terus ngoceh - ngoceh pake bahasa dia juga! And I see that as a good sign! Yeay!! Kadang sekarang kalo ditaro di lantai terus dikasih buku bisa anteng juga, .. seenggaknya emaknya bisa ngelipir buat ngemil biskuit di dapur hehehe ;)

Kita sebagai orang tua sebisa mungkin mau Gide punya minat baca yang tinggi, entah ujungnya dia mau baca pake buku konvensional yang bisa dibolak balik kertasanya atau pake yang tipe digital, ... walopun gw sendiri lebih suka tipe buku beneran hehe, tapi ya itu mah cuma masalah preference aja lah, yang penting budaya membacanya .. Dan balik lagi itu dimulai dari kita! Monkey see, monkey do! Jadi gimana kita mau anak itu ke depannya ya tergantung kita sebagai orang tua, .. Umh tanggung jawab yang besar ya! And I commit to raise a reader! :)


Beberapa tips gimana bacain buku buat anak yang gw pelajari saat gw sekolah dulu, ..
  • Always start from the cover - Bacain judul di covernya and talk a bit about the cover, .. misalnya ada gambar apa, warnanya apa. Kalo anaknya udah lebih besar biarin mereka yang jelasin, kita cukup "mancing" aja! Ikan kali dipancing!! HOHOHO
  • Acknowledge the author & illustrator - Yup! Jangan lupa kasih tau siapa yang nulis atau bikin ilustrasinya .. Ini ngajarin anak untuk menghargai karya orang laen 
  • Posisi menentukan prestasi - Halah banget! Intinya cari posisi yang nyaman ya, bisa kita pangku anaknya atau duduk saling berhadapan, atau kalau si anak udah dalam stage bisa baca, kita bisa duduk sebelahan ..
  • Use your finger - Bisa pake jari telunjuk untuk menunjuk setiap kata yang kita baca untuk mengenalkan konsep kalo huruf - huruf atau kata - kata yang ada di buku itu mengandung arti dan bisa jadi satu kesatuan kalimat yang bermakna .. Ya kalo masih bayi piyik ga usah juga sih!
  • Suaranya mana yang di sana - Halah lagi! HAHAHA .. Ya saat membaca pastikan kita baca dengan suara yang jernih, dan pelafalan yang benar .. Btw, do you know that kids love to hear different kind of voices! Ya drama mama dikit boleh lah biar tambah seru!!
  • Treat the book right - Last but not least, kita ajarin gimana cara mereka buka buku, simpen buku, .. Ga gampang emang, namanya juga anak - anak ya .. tapi bisa koq! Niscaya anak - anak kita tumbuh jadi generasi yang suka membaca :)

Comments

  1. Hahaha, bukunya Abby, yang hard cover aja ancur! Padahal udah kita sayang2 dan ajarin dia supaya sayang. Kan interactive book gitu ya, banyak yang bisa buka tutup dll, tau2 sobek aja gitu. Tapi biar gimana anaknya tetep suka kok sama buku, sekarang suka yang lebih ada ceritanya, padahal belum bisa baca juga haha. Terus suka niru2 gaya ngomong dari bukunya. Panggil gue..MOTHER.. MOTHER.. Halah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mother leony, how are you? halah! HAHAHA .. udah lebih ngerti ya sekarang jadi harus ada alur ceritanya, mami .. le, share2 library di nz donks :)

      Delete
  2. alooo, kemaren ini gue juga baru aja pinjem buku2 bahasa indo di library orchard gateway.. menyenangkan aja pas liat2 di library,.. eh ada buku2 terbitan gramedia.. i am going to read that next week.. happy reading to you and Gide juga,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seneng ya liat something yang familiar hahaha .. di singapur kayaknya cukup banyak deh terbitan gramedia atau penerbit yang laennya, .. si laskar pelangi aja lengkap, .. terus novel2 macam chicklit juga ada hehehe .. makasih makasih! happy reading to you to, ms summerswing ;) hohoho

      Delete

Post a Comment