10 Months Later


... and going to be 11 months soon in one week! Seriously?! Gees!! Unbelievable!! 


Ngeliat perkembangan Gide, kita sebagai orang tua suka berasa amazed sendiri! Like wow! Emejing abis!! HOHOHO .. Berujung kalo malem pas anaknya udah tidur suka cekikikan berdua ngebahas kelakukan si Gide! Mulai dari mukanya yang lempeng selempeng - lempengnya pas pertama kali diajak naek sepeda! Poker face! Ga tau antara seneng, excited, bingung, atau takut .. Lurus aja tuh muka!! Belom lagi muka girangnya kalo dicemplungin di ember kamar mandi ... Yang ga kalah gemesinnya tuh gayanya kalo lagi maen gitar!! Iya Gide punya gitar kecil sekarang secara gitar daddy jadi sasaran terus. Pertamanya si gitar ditepok - tepok ga karuan, setelah terus - terusan ngeliatin bapake maen dan diajarin, sekarang Gide udah tau gimana cara pegang gitar yang bener! He really knows how to strum it! Like a pro lah you!!! HOHOHO .. Itu baru gitar, .. belom pas maen gendang kalo ga krecekan! Soneta group mah lewat!! Sori bang Rhoma, posisi anda akan segera tergeser  ...



Physical Development
Tinggi sama berat badannya tidak diketahui secara pasti karena ... belom ke dokter lagi! HOHOHO Kalo pake sistem kira - kira, rasanya ini bocah beratnya antara 11 - 12 kg. Jumlah giginya yang udah fully nongol ada 4 dan sekarang lagi ada 3 lagi yang masih malu - malu keluarnya, dua di atas dan satu di bawah ... Gaya deh kalo diskasih something yang crunchy pake acara digigit dulu grauk! 

Urusan makan masih seputar nasi tim dan menu - menu laennya. Mami memeras otak supaya anaknya ga bosen! Terus juga belakangan udah mulai sama dengan apa yang kita makan. Ada sekali kita makan nasi liwet, bandeng goreng, sama perkedel .. anaknya doyan!! HOHOHO .. Oh ya, kadang sok mau nyuapinin kita juga. Puji Tuhan masih full ASI sampe saat ini dan posisi menyusuinya udah kebanyakan gaya. Dari tiduran biasa, tengkurep nungging, melintang, sampe nemplok di atas badan mami sambil muter - muter. Haish! Udah mulai doyan sama aer putih dan ya itu minumnya mau langsung dari gelas .. dan hari ini akhirnya bisa nyedot pake sedotan walopun masih berecetan! Yeay!!  

Gide udah bisa berdiri sendiri dengan bertumpu pada sesuatu dan mulai belajar rembetan .. Beberapa hari lalu dia bertumpu sama walkernya dan udah jalan satu langkah! Hore!! Seluruh bagian rumah udah dijelajahi sama ini satu. Mami ga boleh meleng dikit, yang ada udah ke rak sepat terus diobrak - abrik atau kotak aksesoris mami yang jadi korban. Pusing pala mami!!

Cognitive Development
Di usianya sekarang ini, Gide udah mulai bisa mengasosiasikan antara kata yang kita ucapkan dengan benda atau tingkah laku. Pas kita bilang hore, dia langsung tepuk tangan! Atau kita tanya "Lampu mana sih? Lampu ..." Anaknya bakal dongak sambil nunjuk - nunjuk ke atas. Sama halnya kalo kita bilang halo kayak lagi telponan, dia lansung tempelin tangannya ke kuping .. Gemes!! Udah diajarin jutaan kali buat nunjuk diri sendiri kalo ditanya "Gide mana ya" .. tapi hasilnya masih nihil. Lebih tertarik sama lampu kayaknya!! HAHAHA .. Kata bapaknya, kata pertama Gide bukan daddy atau mommy tapi lampu nih ..  Ya udah lah ya, nak! 

Kalo mommy atau daddy udah pake carrier, udah tau bakal mau keluar .. Lansung kucuk - kucuk ngerangkak disamperin .. Kalo ga diangkat - angkat bisa ngieng - ngieng!! Dasar nih bocah! Urusan tidur udah ngerti bener mana ranjang dia mana ranjang emak bapakya, dan maunya di ranjang emak bapaknya .. Ampun!! Rumput tetangga memang lebih hijau keliatannya!! Gw pernah share soal sleep training Gide waktu dia 6 bulan .. Sekarang metodenya udah berubah lagi. Jadi biasa Gide nenen dulu di ranjang kita terus udah bobo dipindain ke baby cotnya, .. ya masih bangun - bangun. Kalo bangun diangkat lansung ilang lagi! Kadang cuma itungan detik. Terus biasanya tidur sampe sekitar jam 4 - 5an pagi terus bangun dan gw angkat k ranjang kita sambil disusuin lagi. Terus ya udah tidur aja seenak udel melintang kanan kiri sampe pagi! Saban malem gw masih doain terus biar nih bocah tidur pules through out the night ga usah pake bangun - bangun! Amin!! Eh tidur tuh bagian dari perkembangan kognitiv bukan ya?! HAHAHA ..

Social Emotional Development
Gide seneng kalo ada anak kecil seumur dia atau yang lebih gede berinteraksi sama dia. Langsung kayak mau diajak ngomong dan mukanya jadi sumringah. Lucu deh! Jadi excited dan mau pegang - pegang, cuma karena belom bisa kontrol jadi kesannya kasar padahal dia mau ajak maen. Minggu lalu perdana kita bawa ke sekolah minggu ... Masuk ke ruangan sekolah minggu ngeliat banyak temen - temen dan maenan, ya udah maminya dilupakan! Sibuk! Sibuk maen, ngerangkak sana sini, menjelajah ruangannya .. Beuh!! Mau sok ikut bikin aktivitas yang berujung kertasnya dimakan .. Hadeuh hadeuh!! Menurut analisa bapaknya lagi, ini anak ga takutan. Lebih cenderung ke arah nekat!! Hajar bleh!! Ya mami doakan kenekatannya dipake terus buat yang hal yang positif ya, nak!

Gide punya satu kebiasaan yang antara lucu dan kadang bikin kita ga enak ati, .. dia suka menatap! Iya terutama ke orang baru pas kita lagi di dalam bis atau kereta .. atau di public places. Kalo ada yang menarik menurut dia, bakal dia liatin terus dengan muka penasaran. Sebenernya itu efek dari rasa penasaran dia which is good tapi kita ga enak ati sama orang yang ditatap .. Bisa lamaaaa terus ga kedip!! Model tatapannya tuh kayak si Puss in the boots gitu deh!! Reaksi orang macem - macem, ada yang senyum balik, malah ada yang ajak maen. On the other hand ada yang lansung jutek, ada yang pernah ngeliatin balik .. terus gw liatin balik tuh orang! HAHAHA ... Emaknya yang sewot!! Biasanya kalo dia "stare" ke orang, gw langsung kayak ngeliat tuh orang sambil senyum dan ngomong ke Gide, "Say hello, Gideon!" ... Cuma ya itu kalo reaksi dari pihak yang di sana kurang menyenangkan, gw suka langsung alihin perhatiannya Gide .. Ajak nyanyi atau apa lah! Ga enak juga kan .. Pardede oh pardede!


Keep amazing us, Gide!! Daddy and mommy loves to the moon and back! To the infinity and beyond!!! Happy 10 months my baby!! Terus setaonan ntar dirayain ga ya?! Haish! World's biggest problem! HAHAHA ..

Comments

  1. Gill, si gide tuh 10 bln 11-12kg? Amazing! Si ethan yg uda 2 taon aja cm 13.5, hahaha, kamu ngegemesin bgt sihhh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. emejing ya onti?! hohohoho .. gide blom jumpalitan kayak ethan, dit ;)

      Delete
  2. kalo anak kecil suka staring mah biasa, Gil. Tp gw kl di liatin anak kecil gitu suka salting sendiri sih, apalagi kalo udah di senyumin tuh anak lempeng aja ngeliatinnya :p
    Ih Gide makin gede makin mirip mommy dehhh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya .. entar bilang mirip daddy, ntar ada yg bilang mirip mommy .. ya aku mah oke oke sajah :)

      ntar kalo ketemuan suruh gide liatin onti mel ya ;)

      Delete
  3. buset gide beratnya, jayden yang cuma 10kg aja uda pegel kalo gendong lama2 hahahaha...

    nyusuin posisi nungging, kalo orang lain denger kayaknya impossible ya, tapi buat gide dan jayden kayaknya tiada yang mustahil hahahaha... bentar lagi gide setaon, cepet banget ya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bayi sehat bayi sehat! :)
      iyaaaa gw suka bingung liatnya ini anak kalo nyusu .. muter sini muter sana melintir sini melintir sana ... emaknya migren!! HAHAHAHA

      Delete
  4. Kamu kkiiyyuuttt deh, gide...sini onti uwel uwel pipi siomay nya! Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo onti kapan kita ketemu nih! ntar aku kasih uwel2 pipi siomay hahaha :)

      Delete
  5. Gil koma aku ingin bertemu dengan Gide titik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. El koma kapan pulang lagi tanda tanya

      Delete

Post a Comment