427 Days of Breastfeeding


Yup! Those digits represent number of Gide and #MAMAYUKERO breastfeeding journey. As the month of August is dedicated for National Breastfeeding Awareness Month, I did the contrary thing which is weaning this lil champs. Disapih kalo bahasa endonesa-nya. I'm a pro to breastfeeding and fully aware about the importance of it especially for the first two years as per suggested .. and this was one of the toughest decision I've ever made in my #MAMAYUKERO journey.
WHAT
Yup! Seperti yang saya bilang di atas, Gide udah bukan #anakASI lagi dan saya resmi bukan #busui lagi. Tapi koq masih laper terus ya bawaannya?! Kacau nih!!! HOHOHO

WHY
Alasan kami menyapih Gide karena saya dan Abang ada rencana buat traveling lagi di waktu mendatang tanpa si Gide. Mengingat pengalaman yang lalu dimana dia sama sekali ga mau nyusu pas ditinggal ditambah sekarang udah tambah gede dan udah makan full sehari tiga kali akhirnya kami berani buat nyapih dia. Timeline - nya pun sebenernya jauh lebih cepat dari plan kami semula yaitu bulan September. Kalo ditanya rela atau engga, sejujurnya saya ga rela!! Tapi di pihak lain, saya ngerasa akan lebih kasian lagi kalo si Gide ga disapih di mana dia bakal 'kehilangan' saya dan Abang selama dua minggu ditambah 'kehilangan' waktu menyusui juga yang mana jadi koq kayak dobel - dobel berasanya! Haish!! So yeah basically that's the main reason.

Lah kenapa anaknya ga dibawa sekalian aja kalo gitu?! Maunya sih juga gitu ya! Cuma mempertimbangkan jarak tempuh puluhan jam, endebre endebra sebagainya kami memutuskan ini bakal jadi trip terakhir berdua aja tanpa Gide. Cuti euy!! Ini pun setelah saya minta ijin ke orang rumah dulu apa mereka bersedia dititipin Gide selama kami pergi traveling and they are more than happy buat dititipin .. So far urusan logistik untuk urusan anter jemput Gide udah beres walopun hatiku masih kebat kebit setiap inget bakal kangen sama si Pardede! I know I know! I'm one drama mama!!

WHO
Inisiatif penyapihan dateng dari saya yang lalu diskusi sama Abang dan kita sepakat akan hal ini. Untuk proses penyapihannya sendiri hanya melibatkan Gide dan saya karena saat itu bapake lagi pergi business trip dan saya sengaja ambil waktu itu dengan alesan kalo pas malem anaknya kebangun ga ngebangunin bapaknya. Ya emang sih bapaknya bisa tidur di kamar sebelah cuma instinct keibuan saya bilang waktu itu adalah yang tepat jadi ya saya ikutin aja. Ga bermaksud sok jagoan tapi balik lagi instinct keibuan saya bilang gitu jadi saya coba ikutin aja

WHEN
Proses penyapihannya sendiri bener - bener mulai pas 1 Agustus kemarin dan seperti kata orang kebanyakan, berjalan kurang lebih 3 hari. Ada orang yang pilih bertahap dalam proses penyapihan, kalo saya sendiri pake sistem langsung. Jadi saya langsung sapih Gide nap time sama bobo malem setelah melihat dan mengobservasi anaknya selama ini

HOW
Nah! Ini yang penuh tantangan!!! Ini beberapa tahapan yang saya lewati dan coba saya rangkumin buat kenang - kenangan! HOHOHO

  • AFFIRMATION - Pertama, sebelum mulai menyapih saya harus meyakinkan diri dulu kalo ini adalah keputusan yang tepat dan terbaik. No turning back. No guilty feeling. Umh, ada sih galau - galau gitu cuma saya ingetin diri sendiri lagi kalo ini buat kebaikan Gide juga #dasaremakemak HOHOHO
  • SUPPORT SYSTEM - Support system saya selama menyapih itu dari mami saya dan Janne yang kebetulan waktu itu baru aja nyapih anaknya juga. Cukup dua! Takut riweh sendiri kalo kebanyakan ntar. Mami saya pesen buat mastiin anaknya makan bener dan kenyang sebelom tidur. Sama disuruh nguatin hati dan telinga. Iya banget nih!! Kalo kata Janne, pastikan tidak keluar rumah! Yang mana langsung saya protes HAHAHA .. Intinya pas jam si anak tidur biasain di rumah jadi anaknya ngerti kalo tidur ga perlu nyusu lagi karena untuk kasus si Gide kalo pas lagi di luar tuh dia bisa aja tidur sendiri di stroller tanpa musti nyusu dulu.
  • INFORMATION - Maksudnya tuh saya sounding ke anaknya soal program penyapihan ini. Ya bisa dipastikan 100% kalo si bocah ga ngerti sama sekali tapi tetep saya kasih tau ke Gide soal ini. Kami biasa pake istilah 'nenen' untuk menyusui. Jadi selama beberapa hari sebelom hari H, saya bilangin "Gide, bentar lagi udah ga boleh nenen ya sama mami" Ya gitu aja terus ulang - ulang sampe bosen HOHOHO
  • PRAYER - Iya saya doain Gide biar dia bisa ikutin proses penyapihan ini dengan lancar. Terus saya berdoa juga buat PD saya karena banyak kasus dimana si ibu PD jadi bengkak. Saya sendiri pernah ngerasain pas dulu kelewatan jam menyusui langsung berasa penuh banget dan sempet kayak ada blockage juga, jadi saya bener - bener doa minta dikasih kemurahan sama Tuhan buat go through ini semua.
Baiklah! Saya siap! Eh antara siap ga siap sih! Piye toh iki?! #emakemaklabil HOHOHO.. Saya juga udah membayangkan the worst scenario ever dimana anaknya yang bakal nangis ga karuan gara - gara ga boleh nenen lagi. Sabar ya, nak! Ga cuma kamu yang menderita, .. mami juga!! Btw, saya pake teknik anaknya ditidurin aja langsung gitu, bukan model yang putingnya dikasih merah - merah atau balsem atau apa lah! Balik lagi, modal saya kuping kebal dan hati tebal! Semangat!!!

Hasilnya gimana?! Fix nangis aur - auran di hari pertama mau nap. Duh!! Miris bok!!! But surprisingly pas malem ga segitunya dan hari - hari berikutnya cuma ngerengek - rengek aja. Pinternya anak mami!!!  Saya sampe catet timing-nya buat kenang - kenangan.

Day 1 // 1 Agustus 2016
AM 
12.30 Siap - siap buat nap
12.45 #$%^!!!#%^^*&?!!! - yang mana artinya anaknya nangis heboh
14.15 Akhirnya tidur karena kecapean nangis dan emang udah ngantuk
15.00 Bangun aja nih! terus saya tepok - tepok dan tidur lagi sampe jam 5! Hore!!

PM
20.00 Bed time routine
21.00 Mulai ngerengek - rengek
21.45 Tidur! Yeay!! Sempet kebangun jam 3 pagi. Saya tawarin aer putih, tepok - tepok dan akhirnya tidur lagi sampe pagi

Day 2// 2 Agustus 2016
AM
11.30 Edisi merengek - rengek sambil kasih tatapan memelas ke mami .. HUHUHU
12.10 Akhirnya tidur sampe jam 3 sore! Yeay

PM
20.00 Bed time routine
21.00 Seperti malem sebelumnya cuma lebih kalem
21.20 Udah bobo!! Sampe pagi!! Hore hore hore

Day 3// 3 Agustus 2016
AM
13.20 Naek turun ranjang sambil ngerengek - rengek
14.20 Akhirnya bobo sendiri dan bangun jam 16.30! Yeay!!

PM
21.30 Ritual naek turun ranjang dimulai dan emang agak malem nih hari itu kita tidurnya
21.45 Mendarat di pulau kapuk!! Hore!!!

....

Udah hampir mau sebulan Gide ga nenen lagi dan maminya kangen nyusuin! Haish!! Minggu lalu sempet narik - narik baju saya, mungkin dia keinget kali ya soal nenen tapi udah sih abis itu. Oh ya, kemaren saya iseng! Ini jangan diikutin ya buibu, saya penasaran sih pengen tau reaksi dia gimana pas saya tawarin nenen. Jadi saya bilang nenen yuk sambil buka baju dan dia cuma cengengesan doank HAHAHAHA .. Lucu banget mukanya!!! Bisa dibilang udah berhasil nyapih jadinya ;)

Jadi Gide sekarang minum apa Gill? Sufor?! Errr, enggak! Gide minum fresh milk dari cup kecil gitu sebelum tidur yang jadi bagian dari bedtime routinenya dia juga. Kita sengaja ga ngenalin botol susu karena emang pada dasarnya dia ga pernah minum dari botol dan ogah pake sippy cup jadi kita lansung kasih pake cangkir kecil aja. Lucu deh ada gambar piyo - piyo! Penting! HAHAHA ..

Puji Tuhan selama proses penyapihan PD saya ga bengkak gimana. Berasa penuh sih tapi saya ga pompa dengan alesan kalo dipompa yang ada malah menstimulasi untuk terus produksi. Saya ya doa aja sama sambil pas mandi saya urut dan hand express sedikit. Terus lagi mami jadi bangun jauh lebih pagi karena otomatis ga ada yang bisa disumpel nenen lagi anaknya bangun HAHAHA .. Dulu kalo kayak jam 6 gitu bangun disusuin suka tidur lagi, nah sekarang segar bugar!! Hayuk lah, Nak! 

Konsistensi. Ini yang jadi kata kunci sekunci - kuncinya pas proses penyapihan menurut pengalaman saya.Ga ada yang bilang gampang sih apalagi model #busui yang biasa menyusui langsung tapi ya balik lagi beda ibu pasti beda metode, beda cerita juga ya! Dan saya menghargai semua perjuangan dan ceritanya! Semangat yang mau menyapih anaknya yak!!! So, this is our weaning story .. How about yours? :)

Comments

  1. Hebat jg gill weaningnya cuma 3 hari, tp emank breastfeed itu ngangenin yah! Tp gw jg kangen toketku yg dulu, hahaha
    Btw lo minum obat gt ga buat ngeringin asi nya? Gw ga minum apa2 dan uda more than a year nih susu masi ada klo dipencet

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya ya kangen! anaknya ga mau sekarang, ditawarin malah cengengesan hahaha .. dulu ethan berapa hari, dit? gw ga minum apa - apa, dan emang ada ya obat buat ngeringin asi? baru tau malah. wah asi loe berlimpah ya!!!

      Delete
    2. Gw ga pernah mengalami masa weaning gill, si ethan nolak toket gw pas dia umur 4 bln, jd gw exclusive pumping since then ampe dia 15-16mo gt, berlimpah sih kagak gill, cukup lah, hoho. Ada gill obat ngeringin asi, gw jg dikasi tau ama ibu tukang urut gt, haha

      Delete
    3. menolak toket ya! lucu ya ada bayi yang bisa ga mau nenen langsung .. cukup itu udha paling bener ya! duh aku kangen ibu tukang urut jadinya! loh?!

      Delete
  2. gua kangen loh pergi berduaan bareng suami doang... selama ini ga pernah ya karena itu, jayden masih nyusu... mana anaknya ga doyan fresh milk pula... ini aja mau nyapih gua bingung gimana nyapihnya... pagi siang sore malem subuh minta nenen mulu hahahaha... uda disounding2 sih biar 2 taon nanti stop hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak kamu ketergantungan nenen ya! hihihihihi .. ya beda - beda sih ya mel, ada anak temen gw yang lansung ga mau sendiri loh pas umur 18 bulan. ada yang mau nempel terus hehehe .. bisa lah ntar pas waktunya! semangat!!

      Delete

Post a Comment