#MAMAYUKERO dan Waktu

Ada satu idiom yang mengatakan bahwa ada 4 hal yang tidak bisa ditarik kembali; batu seletelah dilempar, kata - kata setelah diucapkan, kesempatan setelah terlewati, dan waktu setelah berlalu. And I coudn't agree more with that, especially about time!


And guess what my baby is already 20 months now!! *insert muka panik tapi terharu* ;)

Hubungan #MAMAYUKERO dan waktu sendiri itu frienemy; friend and enemy! Kalo pake judul lagu lawas, benci tapi rindu. Sebelas dua belas sama Slank bilang, I miss you but I hate you!! Ya begitulah! Saya rasa sesama ibu - ibu dan bapak - bapak tau bener rasanya. Anak kecil disuruh cepet gede, udah gedean dibilang jangan cepet - cepet gede. Labil bener ya kita?! Atau tepatnya, saya! HOHOHO ;)

Melihat dari daftar perkembangan secara umum dan buku panduan kesehatan yang ada, saya bersyukur karena bisa mencentang daftar - daftar yang ada. My baby is growing well and healthy within the milestones development. Ya batuk pilek dikit - dikit mah udah mulai kebal rasanya. Ngikut jajan terus sama emak bapaknya! But rather than that nothing I can complain about ..

Sebagai seorang ibu dengan latar belakang guru, rasanya udah khatam bener kalo yang namanya waktu memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Istilah untuk "membiarkan" anak menikmati dan menjalani proses yang ada itu ibarat lagu yang udah muter bolak balik kayak kaset rusak di kepala saya. Saya inget banget pas kuliah salah satu frase yang sering banget terdengar adalah "allow sufficient time", "enjoying their own time", "embrace the process", "at their own phase" .. dan sejenisnya. Cuma setelah bener - bener jadi ibu, aku rasanya suka mau ngamuk! HAHAHA ...


Kalo liat foto - foto begini rasanya adem bener, nggemesin! Waktu berasa cepet banget kayak anaknya udah makin gede aja. Tapi kalo inget gimana tadi siang dia ngunyah salah satu shaped sponge yang ada, duh lansung migren! Gemesinnya beda level!! But again, seperti yang saya suka bilang ke si Abang, "Lah dia baru 20 bulan, kita udah berapa puluh taon coba!" Itu juga yang harus saya omongin ke diri saya sendiri kalo lagi gemes. Haish! Fyi, itu kuping jerapahnya jadi raib dikunyah si bocah!

Saya tau bener pake banget kalo eksplorasi adalah salah satu cara anak untuk belajar dan tugas kita itu adalah sebagai pendamping yang memberi arahan agar proses pembelajaran itu berjalan dengan lebih maximal. And it's always been easier to said than done! Apalagi kalo yang dieksplor itu menu makan siang! Pada dasarnya Gide doyan makan dan gampang makan, dikasih apa aja mau cuma ya tetep ada hari - hari dimana mami udah masak terus pas udah dihidangkan si bocah bilang, "Ga au!" Yang artinya ga mau! Atau ga, dia udek - udek milihin lauknya doank, hari laen nasinya doank yang dimakan. Ada juga hari dimana dia kekeuh nyuapinin saya!! Giliran disuapinin balik dia ga mau. Haish!! 

Belom lagi kalo sok mau ikut - ikutan emak bapaknya. Udah dibilangin pedes masih aja minta. Saya kasih aja cobain sedikiiitt terus kalo udah dia sibuk hah hah sambil bilang, "Panas panas!" terus minta minum. Gide kalo bilang panas dan pedes pake satu kata yang sama, panas! Terus ini juga pas bapake minum apa dia minta, lah masa anak kecil minum soda! Kasih icip dikit terus buru - buru abisin dan kita ganti sama aer putih. Kesenengan minum dari kaleng pake sedotan! Sok tua bener sih, de! Yup! There are days when I feel tired and can be so emotional, but some other days I have the power to compose myself  ..

Despite all the hecticness, craziness, tiredness, messiness, and all the other ness, I know and aware that time will pass by just like that! In a blink he'll turn two! And with this awareness, time is also the best thing I can give to him. There will be times he will be far away from me .. but for now I want to be the one that he can rely on, the one that he can run to when he feel insecure, the one that he can hug and know that everything is gonna be alright.


Jumat malam kemaren, saya ajak Gide ke library sekalian beli makan malam karena kebetulan Abang ada acara kantor jadi pulangnya malem banget. Lagi jalan pulang di bis, eh anaknya ketiduran! Padahal saya udah ajak ngobrol sama nyanyi - nyanyi, ya efek cuaca mendung - mendung adem belakangan ini kayaknya. Masalahnya, dia belom makan malam! Cuma ya koq ga tega mau dibangunin jadi saya biarinin aja deh. Kira - kira sejam kemudian, anaknya kebangun sambil bilang, "Amiiii .. Amiii .. Au mamam!" Saya pas denger antara cengengesan liat reaksinya sama kasian karena pasti ini bocah kelaperan! Singkat cerita, nasi setengah porsi abis! Ditambah susu segelas! HOHOHO ... Momen - momen kayak gini yang rasanya bikin hati meleleh. 

Sebagai ibu rasanya pengen sebisa mungkin mengabadikan setiap momen yang ada, entah itu dalam bentuk foto atau video. Tapi kadang ada kalanya momen - momen itu dinikmati dan disimpan dalam hati .. dan ditulis di blog kalo saya! HOHOHO .. 

Saya pernah galau akut karena berasa sejak jadi SAHM koq berasa kurang produktif dan pengen balik kerja lagi tapi di sisi laen saya juga ga mau ketinggalan perkembangan Gide. Ada faktor - faktor laen juga yang ujungnya bikin saya ngerasa down. Again, God knows me the best! Saat saya lagi ngerasa down, ada yang WA saya, ..

"God may lead you to stay at home with your young children, forfeiting a second income. Ordinary. But along with diapers, dishes, and naps, you receive the gift of time - to model discipline, instill values, and speak life into your kids. They could grow up to be Joshua's in their own generation. Extraordinary"

Langsung mewek!

Saya bintangin lansung! Dan sukses masih mewek tiap baca! Yes! I have the gift of time. I'm far from being a super mom or perfect mom, or whatever it is but I know I am and will always be the best mom for Gide!

I time out him, I hug him, I bathe him, I dance with him, I do funny faces with him, I scold him, I kiss him, I sing for him, I force him to finish his lunch, I carry him, I sing lullaby for him, I pray for him, I eat ice cream with him, I jump with him, I tell him that mommy loves you so much! 


I guess I will always be frienemy with time. Waktu akan bikin saja jadi ibu dan istri yang lebih baik. Waktu yang bikin saya buat selalu cherish setiap momen - momen yang ada. After all, life is made of small moments like these and that! Cheers! :)

Comments

  1. Gide lucu...
    hehe iya emang namanya anak2 kadang bikin kesel ya tapi kebanyakan bikin seneng... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om arman ;) ya gitu yaaaa anak - anak, namanya juga anak - anak ;)

      Delete
  2. *langsung catet quote-nya dan ikutan mewek*

    Emang anak itu cepet banget ya gedenya. Aku sampe bilang ke suami boleh nggak Josh yang sekarang ini di-cloning, so I have 6 mos version of him forever tapi yang real-nya boleh tumbuh gede (kok jadi creepy yah HAHA).

    Cheers for our awesome life! (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. acara mewek berjamaah ya! hahaha antara creepy sama kalo bisa boleh juga. apalgi bentar lagi si josh bakal mulai belajar ngerangkak, jalan bla bla terus lebih singset biasanya ... cheers, jane!

      Delete
  3. Gide.. kamu ginuk ginuk gemesin banget pengen cubit.

    Tosss dulu sesama SAHM gil yg kadang galau pengen jadi produktip bisa 'menghasilkan'. Harus berulang kali remind myself yg dilakuin skrg worth billion times more bahkan priceless.

    Semangka kakaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss yang kenceng! iya ya, na .. harus terus ingetin apa yang kita lakukan ini tuh panggilan yang muliaaaaaaaa ;)

      Delete
  4. gua juga labil... dulu bosen banget pas jayden bayi kerjaannya tidur mulu, sekarang malah kangen waktu dia masih bayi yang kerjaannya tidur mulu hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha dasar si mami! iya tau rasanyaaaa hahahaha :)

      Delete
  5. Duh duh bacanya sampe mata berkaca-kaca, sambil nemenin bocah tidur siang jd mellow deh.. Semua yg ditulis sama bgt rasanya. Nice writing ci.. Gide super cute 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello becca! hihihihi puk puk puk! cheers to motherhood! hihihi thank you ya pujiannya buat Gide, ini nurun dari mamanya! HAHAHAHAHAAH ;)

      Delete

Post a Comment