21 This and That


21, 22, 23, 24 .. Ah! Three months to his second birthday!! Feel surreal that our bundle of joy has been with us for the past 21 months! It seems like only yesterday I need to wake up and breastfeed every two hours! Kalimat klise abis tapi beneran! Buibuk pasti tau betul rasanya! HOHOHO .. Our bed is getting smaller but our life is way much brighter for sure! Thank you for making us smile ear to ear listening to your baby talk, trying to imitate our conversation .. and not to forget all those kisses and hugs you've given to us! Truly a winner!!



21 and Constantly on the move
According to the milestones development, in this age they will able to navigate themselves round the furniture while they're moving or running, or in my case bump will eventually happens! HAHAHA .. Ya begitulah! Belatung nangka mode on! Aktif bener! But again I'm more than grateful to have this running around toddler in my house. I observe that his tiny feet are getting stronger and his confident level is getting higher in exploring the environment. Disuruh belok kanan dia maunya lurus! Ntar maminya pura - pura ngeloyor eh malah sekalian bilang bye - bye. Dasar si bola ubi!! 

Cuma entah kenapa dia masih ga mau loh naek mobil - mobilan yang bisa digerakkin pake remote gitu. Kalopun naek, pasti cuma duduk terus mobilnya ga dinyalain. Sekalinya kita mau nyalain, buru - buru turun terus bilang, "Udah udah!" .. Ya uwis tuh mobil cuma jadi pajangan! Motornya juga!! Untung mobil sama motornya ga kena pajak amnesti, kan rugi ya punya aset tapi dianggurin gitu! HAHAHA .. Sampe tantenya gemes mau dijual lagi di tokopedia kalo pulang kemaren ga dinaekin, .. dan alhasil ya gitu cuma dinyalain dia seneng ada lagu - lagu, dia jalanin pake remote tapi kalo suruh naek dalam keadaan nyala ogah! Haish!

21 and Knows what he want
"Udah!"
"Ke sana!"
"Mau kuay (mau keluar)"
"Ga mau"
"Belom!"
"Abis! Angi (lagi)"

Itu cara Gide kasih tau dia maunya apa! Tau donk anak kecil bisa ngotot kayak gimana kalo udah maunya dan tentu aja emak bapaknya juga ga mau kalah. Ya adu kuat deh! Walopun kadang kita ngalah juga. Inget ya de, kita ngalah bukan kalah! HAHAHA .. 

Knowing what he wants sometimes can lead to tantrum and they said the best thing to do when your child throw tantrum is to keep cool, stay close to your toddler, and wait for his feelings of frustration pass. I know theories always easier to be said than done but thank God so far so good. At times when I can't keep myself cool, I will stay away from him. The rule is till the same, we always tell him to use his words telling what he wants, "Mami/Daddy, Gide mau ..." and it works for us! Iya daripada ngegreyeng - greyeng ga jelas yang mana anaknya kesel terus emak bapaknya bingung kan  ya!!

21 and Learning about feelings and emotion
Saya belom pernah secara spesifik ajarin tentang macam - macam emosi ke Gide, sejauh ini cuma "happy" sama "sad" aja. Oh! "angry" dan "upset" HAHAHA .. Itu yang dua terakhir biasanya kalo anaknya lebih milih ngglesor - glesor pas mau dipakein baju, selebihnya belom ajarin yang laen. 

Pernah suatu hari lagi asik maen tiba - tiba dia lari ke saya yang lagi jemurin baju terus bilang "Ga papa, ga papa" dengan muka yang kayak cemas terus nempel melukin kaki saya. Saat itu sebagai seorang ibu saya cuma peluk dia sambil bilang, "Iya, ga papa koq de! Everything is gonna be alright, ada mami di sini yang temenin Gide" Sejujurnya saya ga tau ada apa yang bikin Gide tiba - tiba begitu cuma dia kekeuh ga mau balik maen lagi. Sekali lagi sebagai seorang ibu saya langsung berdoa biar dikasih kepekaan sama hikmat buat ngapain. Sama halnya kadang kita pernah ngerasa "ga enak", ya mungkin itu juga yang Gide alamin saat itu. Hari itu saya rasa Gide belajar tentang satu emosi lagi yaitu, "takut". Saya bilang ke Gide, "Gide kalo Gide ngerasa ga nyaman atau ga enak, Gide bisa berdoa sama Tuhan Yesus bilang apa yang Gide rasain. Gide juga harus tau ada malaikat yang dikirim Tuhan buat jagain Gide, jagain mami, jagain daddy. Gide ga usah takut ya! Gide juga bisa nyanyi buat bikin Gide ngerasa lebih nyaman. Yuk kita nyanyi!" Abis itu saya ajak Gide nyanyi, saya juga ajak Gide berdoa. Saya yakin doa seorang ibu itu besar kuasanya. Setelah itu saya liat dia balik ngerasa nyaman lagi terus ngeloyor aja pergi maen lagi.

Hari itu bukan cuma Gide aja yang belajar, saya juga belajar hal baru lagi. Being a mom is really something! You have to be prepared in any situation even you have no idea what you're gonna dealing with. Interesting!!! But I like it! 


21 and More to come!
Yes yes yes the best is yet to come! Orang bilang makin gede Gide itu makin bapaknya banget! Kalo menurut bapaknya sendiri, Gide itu campuran emak bapaknya. Kalo saya bilang, Gide itu casingnya bapaknya tapi dalemnya emaknya HAHAHA .. We are more than proud to call you our son, Gideon! Sekarang kalo ditanya, "What is your name?" Dia bakal jawab "Iion" yang mana artinya tentu Gideon lah ya! Masa Suparjo!! HAHAHA .. Then if you ask him his full name he'll say, "Iion Eos Nanana" .. Gemesh!!! Terus juga udah bisa bilang, "Ngupil" sambil masukkin telunjuk ke idung! Kzl!!

Doa mami selalu sama! Biar Gide terus tumbuh jadi anak yang takut Tuhan, sehat, pinter, jadi kebanggaan semua orang, peduli sama lingkungan dan sesama! Biar Gide dikasih hati yang besar dan lapang! Biar Gide dikasih courage and wisdom to explore and enjoy this life! We're hoping nothing but the best for you, son!! Ayaflu!!!

Comments

  1. Bisaan aja Ci, nanti kalo ga ikut tax amnesty dibilang ngemplang pajak ya Ci, padahal kemplang itu enak lho. *ga nyambung, abaikan saja lagi stress* HAHAHAHA

    Iion Eos Nanana yang ngajarin ngupil pasti maminya dehhh.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih aku juga suka kemplang!! pake sambelnya apalagi yak ;)
      hahaha koq tau yang ngajarin maminya, tapi itu kayak bakat alami juga hahahahahaah :D

      Delete

Post a Comment