Status: Momacher

... karena ibu adalah guru pertama dan utama!


Ya kalo ada istilah momager; mommy manager, punya saya ini namanya momacher; mommy teacher! Iya saya suka maksa! HAHAHA :)

Bicara soal mengajar itu konteksnya luas menurut saya, ga cuma soal bidang akademis tapi dari soal tata krama dan sopan santun, nilai - nilai agama, s-e-m-u-a-n-y-a .. Nah! di situ tugas pertama dan utama seorang ibu, dalam hal ini saya selaku primary caregiver buat si Pardede! Ada yang bilang kalo saya pasti udah tau betul gimana cara ngajarin anak ini dan itu karena latar belakang saya yang seorang guru. Ehem! Harapan tidak sesuai kenyaataan, kakak! Entah kenapa rasanya koq beda ya ngajarin anak sendiri sama anak orang, .. ya mungkin ini yang namanya ada ikatan emosi dan batin. Duileh!! Kasusnya kurang lebih sama kayak salah satu temen saya yang berprofesi sebagai dokter. Dia curhat kalo dia panik pas liat anaknya nyungsep terus bibirnya berdarah, ... Reaksi ibu - ibu yang laen di WA langsung ga kalah heboh, "Ya kalo ibu dokter aja panik apalagi kita!!" Kedengerannya lucu ya tapi saya tau banget rasanya ... Beda rasanya kalo anak sendiri!

Ada lagi yang komentar kalo saya pasti bakal super rajin bebikinan aktifitas ini itu macam montessori di rumah dan sejenisnya buat si Gide. Ehem lagi! Ga segitunya juga, kakak! Jujur saya agak eneg ngeliat gunting, lem, dan cat setelah bertahun - tahun maenannya itu - itu aja HAHAHA ... Ya tapi sekali demi anak, mami mengalah! Yuk mari rapatkan barisan, kumpulkan kerajinan!


Balik ke soal ajar mengajar, saya baru ngeh kalo dulu murid - murid saya yang kelas toddler itu seumuran Gide. Pas sekarang punya anak sendiri baru berasa betapa piyiknya mereka waktu itu yaaa ... Berasanya koq kayak kesian gitu ya sekecil ini udah disuruh sekolah, ya walopun saya tau tujuan mereka disekolahin itu pasti baik cuma ya gitu deh ngebandingin sekarang si Gide 18 bulanan berasanya ga tega. Telat bener ya ngehnya! *nyengir*

Saya sendiri masih harus banyak belajar ini itu karena kadang udah umur puluhan taon begini aja masih bisa bikin orang jengkel sama gedek, ... sungkem sama Abang! Saya mau belajar jadi manusia yang lebih baik lagi yang nantinya tentu bisa jadi istri dan ibu yang lebih baik yang bisa mengajarkan dan menanamkan hal - hal yang baik bagi orang - orang di sekeliling saya. Amin!!

Oh ya, sedikit cerita dari foto - foto di atas .. Saya lagi mengenalkan warna sama Gide dan warna pertama yang saya ajarin itu "blue". Saya tunjuk setiap benda yang berwarna biru dan kasih tau kalo itu biru. Alhasil semua jadi warna biru! Dikasih tau itu "green" tetep ngotot "blue" .. Ya begitulah! HOHOHO .. Ini salah satu aktifitas sederhana dimana saya suruh dia tempel segala sesuatu yang serba biru. Saya guntingin gambar - gambar yang berwarna biru dan suruh dia tempel di kertas, .. tentunya ada sedikit bala bantuan dari maminya HAHAHA ..

Doa mami biar Gide jadi anak yang takut akan Tuhan, sayang sama orang tua, peduli sama lingkungan sekitar, dan terus tumbuh sehat jadi kebanggaan semua orang. Amin!!

Comments

  1. Eh iya lo, gw pikir mami gide pasti keren banget ni macam homeschooling karena pernah jd guru. Soalnya sodara gw yg dlunya berprofesi sbg guru TK, pas pny anak dia homeschooling anaknya. Btw kalo sm anak sendiri rasanya gimana gitu, gimana kalo ngajarin axel aja bu guru hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya home schooling tapi ga ada sosialisasi, de .. jadi bakal sekolah biasa aja ntaran. sini sini yuk axel sama onti ... gw ngajarin si Gide sih cuma ga sampe intens banget gimana, more to accidental learning.

      Delete

Post a Comment