Oh My Sleeping Child

Salah satu topik hot sepanjang masa di kalangan buibuk: SLEEP TRAINING!

"Umur berapa ya sebaiknya mulai sleep training?"
"Kasian ga sih anaknya kalo dibiarin nangis - nangis gitu?"
"Ah, biarin aja anaknya tidur sama kita dulu. Ntar ada waktunya mereka bakal tidur sendiri juga"

"Orang bule gitu dari kecil anaknya udah dibiasain loh!"
"Metode yang bener tuh gimana sih?"

... dan conversation di WA grup mencapi 285 messages! Saya yakin di kemudian hari topik ini akan muncul kembali. Oh yes banget lah! #thepowerofemakemak ;)


Sleep training is the process of helping a baby learn to fall asleep and stay asleep through the night. Some babies do this quickly and easily. But many others have trouble settling down to sleep – or getting back to sleep when they've wakened – and they need help along the way - babycenter.com


Topik ini tuh macam ayam sama telor! Ga ada abisnya! Ada yang pro ada yang kontra, ada yang bilang A ada yang bilang B, ada yang pake teori ini ada yang pake teori itu .. dan begitu aja terus! Sampe akhirnya anaknya sweet 17! HAHAHA

Saya sendiri termasuk ke dalem kategori buibuk yang pernah mencoba buat sleep training anaknya. Waktu itu Gide usia 6 bulan dan alesannya karena anaknya bangun - bangun mulu setiap dua jam dan berujung co-sleeping sama kita yang mana setiap coba dipindain langsung kebangun. Waktu itu judulnya serba salah deh! Setelah sukses bikin dia bobo sendiri di ranjangnya, kita pulang indo dan semua bubar jalan!! Bubar sebubar - bubarnya!! Haish!!! Ibarat cerita Roro Jonggrang, itu candi tinggal kurang satu biji lagi aja tuh #sokide ;)

Setelah proses sleep training itu, saya nyerah! Ih koq cemen banget maminya?! Eits, inget menyerah bukan berarti kalah! HAHAHA .. Balik ke singapur, kita coba strategi baru. Goal-nya adalah Gide harus dibiasain tidur di baby cot-nya walopun maminya harus jadi mombie! Waktu itu kondisinya Gide masih menyusu langsung sama saya jadi saya tetep susuin dia dulu sampe tidur terus saya pindahin ke baby cot-nya. Masih bangun - bangun juga tapi udah ga sesering dulu, cuma ya itu saya mencoba untuk konsisten kalo anaknya bangun ya saya susuin abis itu saya balikin lagi ke baby cot-nya. Jangan tanya capenya kayak apa! Jangan tanya malesnya kayak gimana! Ada hari - hari dimana saya kebablasan dan anaknya tidur di ranjang kita sampe pagi. Cuma ya itu sebisa mungkin saya balikin lagi ke ranjang dia.

Gong-nya itu pas dia mulai disapih! Proses penyapihan kelar, anaknya tidur sendiri ga pake bangun - bangun di baby cot-nya! Yeay! Ranjang jadi lega lagi!! HAHAHA 

Terus sekarang gimana, Gill?!

Sekarang usia Gide udah 21 bulan dan masih sukses baby cot dipake! Yeay!! Posisi baby cot masih ada di dalam kamar kita karena emang itu yang kita mau. Biasanya anaknya ditidurin dulu di ranjang kita terus baru dipindahin  pas udah bobo. Oh! Kalo nap time biasanya tetep di ranjang kita, kalo malem yang dipindain soalnya kan sempit yak! HAHAHA :)

Adalah waktu - waktu dia kebangun once in a blue moon gitu. Ya biasa saya angkat, dikelonin bentar sampe anaknya bobo lagi, terus dipindahin lagi ke baby cot. Ya dibiasaain aja untuk dia bobo sendiri di baby cot-nya! 

Untuk bed time routinenya sendiri juga kita make it simple. Belakangan Gide minta bawa buku atau mainan dia buat dibawa masuk ke kamar buat temenin dia bobo. Saya kasih - kasih aja tapi saya batesin jumlahnya, kalo ga segabruk bisa boyongan pindah ke kamar. Biasanya saya biarin dia maen terus kalo udah waktunya tidur saya matiin lampu kamar terus tuker ke lampu kuning yang lebih redup sambil suruh dia beres - beresin. Kebanyakan sih dijawab, "No! No!" .. Kalo udah begitu saya diemin bentar terus ga lama saya matiin lampu kuningnya yang sekali lagi dapet protes, "Lampu! Nyala lampu!" 

Lampu mati mulailah proses anaknya ngoceh - ngoceh, nyanyi - nyanyi, naek turun ranjang yang kadang bisa 619 kali! Terus minta minum juga! Saya selalu bawa botol minum aer putih ke kamar dan sebelom tidur Gide suka minta minum aer putih. Dia udah tau ambil dan balikin botolnya dimana. Ya begitu aja terus dan tiba - tiba hening!! Anaknya udah tepar! HAHAHA .. 

Selama proses itu biasanya saya tiduran aja di sana, kadang saya sautin dia ngomong, kadang saya diemin. Ada sekali dua kali nangis minta keluar tapi ga sampe semenit diem sendiri lagi. Gide sih anak baik! Anak sendiri, muji sendiri! HAHAHA .. Ya emang sih kadang bisa lama mau nidurinnya, bisa mau sejam tapi ga nyusain menurut saya. Ngoceh - ngoceh itu biasa lah ya malah kemaren saya sempet rekam pas udah gelap - gelap. Abis lucu banget!! Gemes! HAHAHA ...

Jadi ceritanya udah sukses nih sleep training?! Ya sukses - sukses aja menurut saya! Yang penting anaknya tidur, emaknya tidur juga! Sukses semua tidur! HOHOHO

Oh my sleeping child the world's so wild
But you've build your own paradise
That's one reason why I'll cover you sleeping child 
-MLTR-

Comments

  1. mau komen cuplikan lagunya aja... 90s sekali... huahahaha :P

    ReplyDelete
  2. Ahh saya lagi galau nii sleep trainingnya bubar jalan.musti coba cara baru lg. Anaknya uda bs berdiri jd skrg kalo kebangun pasti duduk trus berdiri sambil nangis2. Kalo didiemin jg dia bs ketiduran dlm posisi duduk (ga mau tiduran). Saya lelahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya mami! Gide juga gitu bubar sebubar - bubarnya! Akhirnya ya kayak yang gw cerita di atas. ditemenin bobo terus kalo udah baru pindahin ke cotnya :) semangatttttt ... semangattttt inget sekali lagi bunga sakura dan ramen! HAHAHAHA

      Delete

Post a Comment