A Twodler's Life


I hope this picture still do the justice since it's taken when he was 23 months old! And soon he will be 25 months in no time! OHEMJI! Iya reaksi maminya selalu sama dan selalu drama setiap mikir kenapa ini anak koq cepet amat gedenya. Ya begitulah! #emakemakdrama HOHOHO ;)

The Look
Berat badan: 14 kilo-an
Tinggi badan: 85cm-an 

Koq pake -an semua sih?! Karena mami ga punya timbangan dan measuring tape! Jadi itu perkiraan dari hasil terakhir nimbang dan ngukur di rumah orang kira - kira dua bulanan yang lalu! Mami cheapo bener yak! Intinya anakku bertambah berat dan dan tinggi lah, dengan kata laen sehat ... Puji Tuhan!! Terus lagi, appointment untuk vaksin juga baru ntar pas umur 3 tahun .. masih lama bener ya bok! Jadi ya sementara ini kita pake asas kira - kira aja, kalo ga ntar numpang nimbang sama ngukur lagi pas maen di Braddell ya HAHAHA :)

Kalo urusan feature muka, ada yang bilang makin kesini Gide makin mirip bapake tapi ada unsur maminya juga! Nah!! Gimana coba tuh?! Alesan nomor satu orang bilang begitu saya yakin gara - gara rambut Gide yang selalu plontos! Aha!! Sejak pertama kali dibotakin waktu Gide umur 3 atau 4 bulanan sampe sekarang rasanya udah sekitar 10 kali-an atau lebih kali ya dia potong rambut. Banyak yang protes kenapa ga coba digondrongin aja! Kalo kata Daddy-nya, Gide lebih cocok dengan clean cut gini sama kayak bapaknya. Auranya lebih keluar!!! HAHAHA .. Terus juga selama dia blom bisa protes ya biarlah kita yang mengatur jenis rambut apa yang cocok buat dia. Saya setuju Gide lebih lucu botak - botak cepak army gini. Waktu dulu sempet tuh potong di salon terus yang harus pake gel rambut kalo pergi yang ada malah bikin ribet jadinya. Kalo begini kan enak, ringkes! Potong rambut juga tinggal suruh bapake aja! Kalo kata Gide, "otong ambut (potong rambut) jit jit jit", sambil meragain potong rambut pake hair clipper .. Emang suka banyak gaya nih bocah! Sok jit jit jit, ntar giliran dipotong beneran langsung bilang, "Udah udah udah"

Gide udah bukan jalan sekarang kerjanya tapi lari! Urusan manjat - manjat, naek turun juga ya udah lah tinggal mami liatin sambil sibuk menerikkan kata hati - hati. Udah mulai bisa lompat, apalagi lompat dari pinggir kolam renang! Hobi bener! Tiap berenang mintanya jump (lompat) sama elem (nyelem) .. Emang si anak aer! Blup blup blup

Gide lagi belajar naek scooter yang mana salah satu hadiah ulang tahunnya. Awal - awal scooternya cuma didorong doank. Pergi ke supermarket pun alhasil cuma didorong, ga mau dinaekkin. Terus kita kasih liat video di youtube, kasih liat orang maen, sampe ikut peragain juga gimana cara naek scooter. Sekarang udah mendingan walopun masih baru ayun pelan - pelan. It's okay, son! Enjoy the learning journey!!! Take your time!! We got your back! :)

The Routine
Menurut saya, penting buat punya rutinitas yang tetap buat seorang toddler, even for us as an adult too! Ya bukankah emang hidup akan terasa lebih baik kalo semuanya teratur?! Beuh! Berasa bijak kali aku ini! HAHAHA .. 

Rutinitas setiap anak tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Ada banyak faktor yang terlibat di dalamnya seperti latar belakang keluarga, kebiasaan, pola hidup, riwayat kesehatan, pola asuh, dan lain sebagainya. Buat Gide sendiri, rutinitas yang saya terapin yang standard aja dan bisa dibilang cukup flexible tergantung situasi dan kondisi yang ada. Satu sisi saya pengen dia belajar tentang keteraturan, patterning, sequencing, .. tapi di sisi lain saya  mau dia juga flexible dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Idealis?! Umh, ga juga sih rasanya! 
  • 9 am: Wake up, eat breakfast
  • 10 am: Playtime or activity with mommy
  • 12 am: Lunch
  • 1 pm: Nap
  • 4 pm: Wake up, snack
  • 5 pm: Playtime 
  • 7 pm: Dinner
  • 8 pm: Playtime with daddy
  • 9 pm: Getting ready to bed
That what happens in general but again life can be a bit here and there. Ada hari dimana kita pergi playdate dan nap time-nya jadi ngedrag. Ada juga hari dimana baterenya ga abis - abis dan baru merem jam 12 malem! Ada beneur!! Ada hari dimana activity with mommy berarti temenin mami belanja ke supermarket. Ada hari dimana playtime with daddy artinya temenin daddy nonton pertandingan badminton. Ya ada aja lah pokoknya HOHOHO ;)


The Drama
Saya ngerasa belakangan ini level drama Gide meningkat drastis! I see this as a common thing in toddler's stage as their cognitive development is developing rapidly. Some people say it as the terrible twos syndrome! Some take it positively by saying it terrific twos! For me, they just being normal! They're two yeas old anyway ... 

But ...

Yes, here come the bur part! Aha!

As much as I try to understand and tolerate this phase, I surely draw the line between ignoring and taking action, and I think he understand it well.

Frase "yah namanya juga anak - anak" ini berlaku dua sisi buat Gide! Gide makan berantakan, ga sengaja numpahin susu, maenan dikuarin semua, disuruh mandi ga mau, ngerengek minta digendong, atau ga mau ditaro di stroller, dan sejuta kasus laennya bisa dimaklumin karena namanya juga anak - anak. Di sisi laen "yah namanya juga anak - anak" adalah di saat saya harus bener - bener tanemin nilai yang bener dan ga bisa ngediemin kalo dia bikin sesuatu yang salah. Kalo ga dikasih tau dari kecil, ntar yang ada jadi keterusan. Giliran udah gede baru dikasih tau atau diajarin malah lebih susah. Jadi ya ini adalah fase dimana saya berdoa minta kekuatan, kesabaran, dan hikmat lebih lagi sama Tuhan buat ngadepin si bocah. Sesungguhnya ngadepin anak orang lebih gampang daripada ngadepin anak sendiri HAHAHA ...

Scene Gide numpahin aer
"Ami (mami)! Yaaa umpah (tumpah)"
"Ya koq bisa tumpah?! Gide pegannya miring ya? Laen kali musti lebih ati - ati ya. Hold the cup properly, using both hands and you have to sit down while you're drinking. Terus sekarang jadi musti gimana nih?"  
"Umh, isu (tissue)"
"Nih tissue-nya! Gide lap  yang tumpah ya"
"Udah"
"Tissuenya buang ke tempat sampah. Throw it to dust bin"

Saya maklumin dia numpahin aer tapi saya juga mau dia tanggung jawab atas perbuatannya itu jadinya biasa saya suruh dia lap sendiri,... ya ujungnya saya bantuin tapi saya mau kasih tau kalo itu tuh ada sebab akibat yang mana dia jadi basah, musti ngelap, terus ga bisa minum lagi karena aernya abis. Ya ini pake acara ada sedikit pep talk pas saya lagi ngepel. Kalo lagi sabar, nadanya rendah, tapi kalo stock sabarnya lagi tipis nadanya agak tinggi! HAHAHA

Itu cuma satu dari sekian banyak kasus yang kadang saya suka jadi gemes sendiri! Kalo udah minta sesuatu ga dapet belakangan suka belaga nangis! Iya cuma pura - pura doank pake aer mata buaya. Saya biasa omongin sekali atau dua kali lagi kasih tau alesannya abis itu saya diemin. Biasa ga sampe semenit udah diem sendiri juga sih!! Ga mempan tricknya de sama mami! 

Terus udah bisa nawar! Mau tidur mau bawa maenan ke kamar. Saya bilang ga usah terus dia bakal bilang, "bawa satu donk" .. Jiah! Dikata pasar kali ya pake nawar! Pake donk pula! Kalo udah begitu saya iya-in sambil saya liatin soalnya kadang suka nyelundupin dua! 

Saya termasuk tipe yang maksain Gide buat kasih tau maunya apa pake ngomong! Jadi saya bakal bilang, "Gide mau apa? Mami ga ngerti kalo Gide a-u-a-u begitu. Use your words! Mami, Gide mau" yang mana biasanya dilanjutin sama anaknya. Untuk beberapa kasus, biasanya saya kasih Gide pilihan instead of ditanya mau dia apa. Contohnya, "Gide, mau yang biru atau yang merah?" atau "Mami ga bisa gendong, berat! Gide mau jalan apa duduk di stroller?" .. I let him learn to make decision. 

Intinya setiap drama yang ada akan saya usahakan diselesaikan dengan cara kekeluargaan secara mufakat dan musyawarah. Satu kali dibilangin ga denger, diemin. Dua kali masih diemin,. Tiga kali mulai melotot! Biasa suasana sedikit tegang tapi ga lama langsung kondusif lagi! HAHAHA ..

And btw, saat yang terbaik untuk ngedisiplin anak menurut observasi saya adalah sebelom sesuatu hal kejadian atau langsung sesudah hal itu kejadian. Kalo kejadian pagi, ngasih taunya sore mah buyar! Kalo anak lagi tantrum atau melt down, mendingan diemin aja. Sama kayak kita lagi patah hati maunya nangis - nangis ga jelas diomongin apa juga ga bakal denger! Ya begitulah kira - kira! 

Susah ya jadi ibu! Eh?! HAHAHA ..

The Golden Rules
Walking feet
Gentle hands
Listening ears
Indoor voice

Ini 4 hal yang saya ga tau udah berapa juga kali ngomong ke Gide! Ini basi rules yang saya dan Abang terapin ke Gide. Kadang sekali bilang langsung tuh eling, kadang ga eling - eling. Ya uwis!

When he is shouting, I will say, "Use your indoor voice please! No shouting!" .. When he throw his toys, I will ask him to pick it up right away and saying, "Gentle hands, Gide! Are you supposed to throw the car?" 

Ya ini versi mami eling ya! HAHAHA ..

Pernah kapan gitu, si Gide ngapain ya saya lupa pokoknya saya marah besar ke dia, "Gideon! You're not supposed to do that! I don't like it! Mami ga suka kalo Gide bla bla bla .. Mami mau Gide bla bla bla .. Bukan begitu caranya bla bla bla .." Pokoknya lumayan panjang dan ditutup dengan, "Do you understand?" .. Terus dia jawab dengan muka bersalah dan polos, "Stand!"

Ya ampun! Buyar semua!! Tapi tetep saya poker face walopun pengen ngakak parah! Singkat cerita kita baekan lah! HAHAHA .. Stand aja donk dijawabnya!!! Gide Gide!


The Golden Heart
Despite all the dramas and everything, he will always be the apple of my eyes! Often I doubt myself as mother, whether I'm doing the right thing in teaching him .. Tapi saat saya denger dia mau lewat terus bilang "iuh me (excuse me)", atau pas dikasih sesuatu langsung bilang "ekyu (thank you)" kadang pake so much juga lagi, or when he reminds me to pray before eating, "ami pray", .. I know I'm doing the right thing :)

Belom lagi kalo dia kekeuh mau bantuin saya bawa kantong belanjaan, atau buru - buru lari ambil magic mop terus kasih ke saya pas saya bilang mau nyapu, meleleh hati ini, nak! Kalo saya masak terus dia bilang, "enak, suka" .. hati ini berbunga - bunga! 

Yes! Again, I thank God everytime I remember you!! I thank God for all the joy you bring into our life. Enjoy your twodler stage, sweetheart! Let's create more memories together! I LOVE YOU! :)

Comments

  1. wah...beratan gide daripada jayden hahahaha... jadwalnya mirip2 jayden, cuma karena jayden bangun jam 7 dan jam 8 sarapan, jadi jam 10 dikasih snack, ya sekalian boost berat badannya juga hahahaha...

    ReplyDelete
  2. Stand Mami Stand! hahahahahaa.. duhhh.. kok yang lu rasain kek gua juga ngerasain yaaaa.. Welcome to nicely two yaa buat kita berdua. hahahahahaa..

    gua setuju banget sama elo, skrg masa2 dimana kita kudu ajarin sebanyak2nya. jangan terlalu excuse karena mereka anak2. hehehe. justru karena mereka anak2 masih polos, harus dikasih tau juga. hehehe. pokoknya akuh padamu mamah gide!!! hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stand mami clement?! HAHAHA ... iya nih piii, si Gide sama Clay kan sepantaran yaaaa ... semangat semangat!!!! aku juga padamu mamah Clay!

      Delete

Post a Comment