Shangventure Disneydate With Mi Bebe


"Di Shanghai bakal ke Disnyeland juga donk?"

Pertanyaan favorit yang ditanyakan semua orang dari teman sampai keluarga saat tahu kita mau ke Shanghai. Sebenernya ini juga pertanyaan favorit yang saya tanyakan ke diri saya sendiri dan Abang! HOHOHO ... Tapi mengingat kita baru aja dari Jepang dan mampir ke DisneySea koq rasanya kayak sayang yaaaa, tapiii ini kan mumpung kita ke Shanghai, dan Disneyland juga baru buka di sana! Tapi denger - denger review koq katanya rame banget terus mengingat itu di sana jadi agak mundur, tapiiiii kan cita - cita banget tuh mengunjungi semua Disneyland yang ada! Ya pokonya rauwis - uwis galaunya!

Akhirnya gimana Gill?!

Diputuskan untuk ga pergi pada saat itu! Cuma ya ketauan banget kan ujungnya pergi atau engga secara udah berkoar - koar di instagram dan kurang jelas apa judul postingan di atas! HAHAHA ... Saya rasa itu keputusan terimpulsif dan terimpromptu dan ternekat saya tahun lalu! Ke Shanghai Disneyland berdua doank sama Gide!!! Berasa bangga bener pas ngetiknya!!! Kalo orang lain bangga akan prestasi apa, buat saya itu sudah pencapaian yang luar biasa! HAHAHA



Seperti yang saya bilang di atas, dari sebelum pergi sampe pas di sana juga masih galau - galau mau pergi apa engga, mana colleague Abang yang orang lokal sana ga merekomendasikan lagi. Pokoknya udah pupus lah! Tapi koq ya masih penasaran!! Setelah ngobrol - ngobrol lagi sama Abang dan itung jatah bulanan saya yang ternyata masih cukup cenderung pas, akhirnya saya nekat mau pergi! Malem itu juga langsung cari tau gimana cara ke sana dan beli tiket di website Disney langsung karena kalo lewat online agent ga bisa langsung dapet tiketnya! All done in less 24 hours!!! Kalo hari itu cek tekanan darah, fix saya dibilang darah tinggi! HAHAHA .. Deg - degan tapi seru sendiri! Gide ya ga tau apa - apa! Cuma dibilangin besok mau ketemu Mickey Mouse!!! Malem itu saya langsung sibuk siapin barang - barang dan mastiin semuanya udah saya screen shot yang penting - penting!

Shanghai Disneyland, wo laileeeeee!!!!




Seperti yang kita tahu pada umumnya, lokasi Disneyland itu biasanya di paling pojok! Perjalanan menggunakan metro hari itu dimulai jam 8 pagi dan memakan waktu sekitar 1.5 jam dengan tiga kali ganti line dan puji Tuhan selama perjalanan si Gide pules bobo lagi dan kita dapet duduk walopun keretanya penuh banget karena memang peak hour dan hari Senin pula. Penuhya ajubile banget! Mereka masih maksa masuk walopun udah padet dan sekali kita gerak dikit, space kita bisa diambil orang. Saya sebagai ibu tangguh tentunya udah pasang badan donk. Saya sudah memposisikan si stroller dengan posisi aman dimana tak tergoyangkan dan tak tergoyahkan!! Sempet ada yang suruh geseran pake bahasa Mandarin cuma ya belaga ga ngerti aja. Pokoknya saya ga geser sedikitpun!!! Sori dori stroberi nih! Duibuqi! 

Akhirnya sampai di jalur kereta terakhir yang membawa kita ke Disneyland! Adrenalin semakin kencang pula!!! Kalo di negara lain ada kereta dengan gerbong yang di-design khusus yang mengarah ke Disneyland, di Shanghai standard aja! Cuma bedanya, di dalem gerbongnya ada orang - orang yang jualan aksesoris dan merchandise Disneyland versi kawe! Beneran!!! Saya sungguh terpana dan terkejut dibuatnya HAHAHA ... Kayak kalo kita naek bis umum di Jakarta terus ada yang naek jualan macem - macem, nah ini sama cuma bedanya mereka masuk ke gerbong kereta dan jualan barang - barang Disney macam bando Minnie Mouse, gantungan kunci gitu - gitu ... Dan ada aja yang beli!!! Warbiyasak!!!

Hal yang sedikit berbeda lagi, kalo di Disneyland lainnya kita boleh bawa masuk makanan, di Shanghai Disneyland ini makanan dari luar ga boleh dibawa masuk dan suruh either dimakan atau dibuang. Hari itu saya bawa dua kotak makan isi ransum kue sama sandwich, yang satu kena inspeksi dan satunya lagi aman HOHOHO ... 




Perlengkapan saya hari itu standard kayak biasanya cuma bedanya single fighter! Stroller pockit gacoan beserta rain cover pinjeman, ransel seperti biasa isi baju ganti Gide, botol minum, payung, dompet, handphone, passport, ditambah kamera digital, dan kotak cemilan yang aman dari inspeksi! Hari itu terus - terusan saya bilang sama Gide dari awal kalo kita perginya cuma berdua jadi dimohon kerjasamanya selama di sana HOHOHO ... 

Anaknya sih yes, yes aja! Saya percaya dia mengerti! Aku padamu, Nak!! HOHOHO 

Strategi saya kalo ke theme park terutama Disneyland selalu sama, saya kejar show - shownya dulu. Naek wahana itu ada di urutan berikutnya karena menurut saya setiap Disneyland itu yang paling berasa signifikan bedanya adalah di show - shownya. Untuk wahana antara Disneyland yang satu dengan yang lain kurang lebih sebelas dua belas, kecuali DisneySea ya karena itu emang beda sendiri. Oh sama saya suka banget foto - foto sama Disney characters, walopun kadang udah pernah cuma tetep aja seneng! Nah strategi yang sama juga saya terapkan pas ke Shanghai Disneyland kemaren ini, udah saya research ada show apa aja, terus catet urutannya, pokoknya asas ogah rugi!

Laksanakan!!!!

Shanghai Disneyland, are you ready for #MAMAYUKERO and Gide?!!!! HAHAHA ;)

Pengunjung hari itu terbilang cukup sepi menurut saya untuk ukuran Disneyland dan saya si hepi - hepi aja! Soalnya tuh udah kebayang  yang rame ga karuan tapi puji Tuhan hari itu crowdnya bearable banget. Terus juga mungkin seasonnya in between abis Halloween dan mau Christmas jadi ga ada dekor apa - apa. Standard aja gitu! Sempet kecewa kenapa polos - polos aja padahal setau saya Disney itu cepet banget ganti - ganti dekornya! Cuma ya udah lah, yang penting udah sampe di siniiiii!! Kyaaaaaa ... Another Disneyland checked!!!


Show pertama kita hari itu adalah Frozen!!! Gide semangat bener pas dibilang mau nonton Let It Go!! "Mau nonton let it go ya, Mami?" begitu terus nanyanya. Frozen sih emang jagoan banget ya, langsung ada show-nya, ada ride-nya juga kalo di EPCOT di Disneyworld. Si Disneyland sih bener - bener untung besar dari sini!! Ya udah kita ngantri, terus duduk dalam ruang teaternya, dan sudah saya duga, show-nya dalam bahasa Mandarin!!! Mulai dari Anna, Elsa, sampe Olaf semuanya fasih berbahasa Mandarin! Sepenglihatan saya si itu live, bukan rekaman jadi itu wong londo semuanya cas cis cus!! Aku mah apa, butiran debu banget lah!! Pesen bakmi aja susah bener!!! HAHAHA ... Serunya lagi, selain dialog dalam bahasa Mandarin, lagu - lagunya juga diterjemahkan ke bahasa Mandarin. Jadi instead let it go, let it go, .. hari itu kita ber-sui ta baaaaaaa, sui ta baaaaaaaaaaaa  ...

Pokoknya hari itu kita babat abis semua shownya! Naek wahana juga yang kids friendly model duduk di honey pot-nya Winnie the Pooh gitu - gitu, terus makan hotdog juga. Oh! FYI, ternyata enci - enci jualan merchandise Disney palsu ga cuma di dalem kereta! Mereka ada juga pas kita lagi ngantri wahana! OHEMJI moment banget pas saya liat ada orang yang jualan. Saya bingung, masa iya dia beli tiket masuk terus buat jualan gitu?! Koq segitu niatnya yaaa!! Tetep ada yang beli juga donk, saudara saudari. Emejing yaaaaa!!! I think it only happens in Shanghai Disneyland!!

Salah satu yang ga boleh ketinggalan tentunya Disney Parade! Kali ini kita dapet front row!! Iya udah duduk manis dari 30 menit sebelum paradenya dimulai, udah mulai cape juga maminya! HAHAHA ... Best view lah!! Cumaaaa yaaaa sempet geram loh sama orang sana. Saya tuh udah duduk dan berarti tau donk it's my personal space, tapiiii kenapaaaaaaa sihhhhhh masih usaha nyempiiilll. Jadi dia bilang ke anaknya, "Tuh tuh kamu duduk situ tuh" .. Lagi lagi sori dori dubuqi nih, kalo mau duduk depan ya ngantri donk dari awal, jangan maen selap selip gitu aja! Saya mah ga gerak!! Beneran!!! 

Karena kita duduk paling depan, otomatis para Disney characters-nya tuh ada beberapa kali nyamperin kita buat high five atau dadah - dadah gitu, dan anakku mengkeret! Sempet nangis juga waktu disamperin sama Woody dari Toy Story!!! Ini pengalaman Disney keduanya Gide cuma entah kenapa yang kali ini dia mengkeret saat berdekatan langsung dengan para tokoh Disney. Waktu di Japan juga sempet mengkeret cuma pas dibilangin kayak ya udah, biasa aja and act cool gitu. Nah di Shanghai jebol pertahanannya, nangis donk! Kalo dari jauh sibuk ngoceh - ngoceh kasih tau ini siapa itu siapa, begitu giliran kita bubar ambyar!!! Ini pertanda musti sering - sering ke Disneyland ya! Eh?! HOHOHO *kode - kode aja*






Saya ga terlalu banyak foto - foto di sana soalnya ya udah ribet duluan! Ya iyalah! Siapa suruh pergi sendiri juga?! Terus ada sekali minta difotoin orang di depan Cinderella castle dan pas liat hasil fotonya umh lupakan lah ya, mau ngomongnya juga udah susah jadi ya udah pasrah saja! Kalo kata orang, yang penting ada kenang - kenangannya. Diiyain sambil manyun!!

Selesai parade kita sempet nonton Pirate show yang mana lagi - lagi dalam bahasa Mandarin dan lagi - lagi kita sok asik aja! Di bagian akhir dia tuh kayak ceritanya bagi - bagi harta karun berupa koin emas plastik secara random ke bangku - bangku penonton. Walopun ga ngerti bahasanya tapi saya suruh si Gide siap - siap tangannya gitu siapa tau dapet dan Gide dapet donk! One big gold coin! Senengnya ruarrrr biasa itu bocah! Dipegangin terus!!! 

Perbedaan lainnya yang saya rasain juga yaitu saat ngantri sama Disney characters, kalo di Disney lainnya begitu liat salah satu tokoh pasti langsung muncul antrian, nah di sana tuh ga seantusias itu berasanya. Entah emang seasonnya lagi ga terlalu rame atau mereka ga tertarik, atau apa lah HAHAHA ... Terus staff di sana helpful sama seperti staff Disney lainnya. Dari antara semua Disneyland yang saya cuma pergi rasanya cuma di Jepang doank yang saat kita mau foto sama Disney characters udah dikasih tau dari awal cuma bakal difotoin sekali tok! Cekrek sekali! Kecuali blur! Mereka fotoin ulang atau anaknya ga liat ke kamera tapi sisanya ya itu sekali!! Kalo di tempat lain tinggal kasih aja camera dan mereka bakal cekrak cekrek termasuk candid, kan hepi ya kalo begitu!!! Anyway, just my little observation ;)

Kita memtuskan untuk balik jam 6 dari sana, emang sengaja ga nungguin sampe tutup karena pasti bakal kemaleman banget ntar sampe hotelnya. Begitu ngelangkah keluar Disneyland, ga pake hitungan menit anaknya langsung bobo dan gerimis pun turun. Buru - buru tutupin pake stroller cover dan jalan balik ke metro. Dari sekian hari kami di Shanghai, hari itu doank yang gerimis tapi ambil positifnya aja, Tuhan tetep baik! Gerimisnya baru turun pas kita udah mau pulang jadi seharian bisa enjoy Disneylandnya!! Yeay!! 

Sampe di hotel, Abang udah beliin makanan dan kita makan di kamar hotel! Badan ngerentek, kaki pegel dan lecet karena sempet ditabrak stroller sama orang dan saya melotot parah! HAHAHA .. Kalo soal diserobot jangan tanya berapa kali, udah ikhlas rasanya!! Tapi biarpun gitu, hati ini senang lalalalala ...  Entah kenekatan dari mana yang bisa bikin saya niat mau pergi ke Disneyland berdua sama Gide di tempat yang asing banget! HAHAHA ... 




Shanghai Disneyland checked! Tinggal satu doank yang beloman dan saya udah tau jawaban Abang setiap diajakin ke yang satu itu, "Aku udah pernah, Gee! Aku ga mau ke sana lagi" .. Yaaaaa tapi kan istrinya beloman yak! HAHAHA ... Someday, someday!!! For a time being, mari kita nabung lagi buat acara jalan - jalan selanjutnya ;)

Comments

  1. Sooo, Shang Hai Disneyland recommended nggak? Huahahaha

    Rasanya yang di Hong Kong masih lebih oke ya. Btw, yang soal bawa makanan aku kira semua Disneyland melarang bawa makanan dari luar lho. Di Hong Kong juga nggak boleh soalnya. Pernah dong pas lagi ngantri di sana, ketauan ada yang bawa breakfast Mcd, daripada dibuang sayang orangnya langsung lahap itu sarapan bareng anak-anaknya DI DEPAN si security! Hoahahaha

    Yang penting mamak hepi yaa another Disneyland checked! Semoga bisa lanjuttt ke cabang berikutnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama disneyland aku mah bilang recommended! Bias polll! HAHAHA ;)
      Di US boleh, jepang juga boleh, hongkong aku ga tau soalnya kayaknya tiap kesana ga bawa makanan hehehe .. tapi emang mereka kasih kita kesempatan koq kalo kita mau makan, that's what I know yaaa .. kemaren di Shanghai aku juga begitu, yang kotak pertama isi sandwich aku makan aja daripada sayang dibuang hehehe ...

      Delete
  2. Aduh eda gill kau keren amat deh. Bener banget tuh pencapaian ,pergi ber2 anak ke disneyland di negara orang. Abang gide juga good boy banget ya. Gw si pasti ga bakal mau be2an axel ke disney shanghai. Soalny kaga ngerti bahasanya samsek. Btw itu kok boleh ya jualan merchandise kw di dalem disneyland? Emang ga ketauan? Kl gw sih gw beli loh gill wkwkwk. Ga maslah kw yg penting tematkk disney dan happy. Cm heran aja kok boleh yaa.. emang cuma china yg bs kaya gt haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan keren tapi nekatttt namanya! hahahaha :) gw juga kurang paham mereka bisa jualan di sana .. ekike pun takjub deeee ;)

      Delete
  3. itu foto terakhir gide kenapa nangis? hahahaha... postingan ini jadi menginspirasi gua untuk jalan2 berdua jayden doang... abis kalo nungguin suami bisa entah kapan jalan2nya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pas mau foto sama judy and nick .. pas ngantri ngoceh2 pas udah deket langsung mewek .. hahaha .. cusss pegi sama Jayden

      Delete
  4. Gill, yang belom apa sih? Orlando? Paris? Kepo..... Eh itu orang2 jualan barang KW kok bisa ya? Nggak distop-in sama staff2nya? Gw pengen ke shanghai disney tapi males harus berurusan sama bangsa onoh. *AKUTRAUMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebak tebak buah manggis, ayo mana yang beloman? hahaha .. pariss, din .. gw juga ga paham din, dan ga mau paham juga hahaha .. emejing ajaaa ... bisa lah din, kan cuma maen doank di sana hahaha

      Delete
  5. Seru! Ah petualangan ke Disneyland pasti seru lah ya! Hahahah. Gue baru sekali ke Disneyland, itupun karena outing kantor jadi kayak ga puol gitu pengalamannya, huahaha. Tapi entah memang gue yang ga terlalu tertarik apa gimana ya, gue ga super excited sama parade loh. Lol. Semacam yang "Bagus sih tapi yaaahh mendingan kejer naik rides aja daripada liat parade" Hahahahah payah yaaa cuma kebayang sih kalo bawa anak pasti bela2in antri biar dapet best seat untuk liat parade! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA tapi emang naek ride itu paling sepi pas lagi parade pastiii karena pada numplek nonton parade! Ntar ajakin Reiaaaaa biarrrr langsung nampolllll!!!!

      Delete

Post a Comment